Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dengan bantuan alat peraga berbasis lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 15 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara pembagian kelompok yang heterogen berdasarkan nilai tes, memberikan LKPD, memberikan alat peraga berbasis lingkungan, presentasi jawaban dari soal pada LKPD sesuai nomor kepala masing-masing, memberikan perhatian khusus kepada siswa berkemampuan rendah, menegur siswa yang tidak mengikuti langkah pembelajaran dengan baik, serta memberikan motivasi. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 24 (kriteria cukup aktif); 27,625(kriteria cukup aktif); 29.25(kriteria aktif). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD dengan langkah-langkah yang sesuai model pembelajaran NHT dan pendekatan saintifik dengan bantuan alat peraga berbasis lingkungan, membuat soal latihan tambahan untuk siswa bernomor kepala 5 pada setiap LKPD, menambah gambar bangun ruang dengan garis putus-putus pada LKPD serta menjelaskan kembali materi prasyarat. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 58,96; 69,59; 77,20 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 36%; 64%; 80%.
Kata Kunci: model pembelajaran Numbered Head Together, LKPD, alat peraga berbasis lingkungan, aktivitas belajar, hasil belajar siswa.
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Anggraeni, Sintya Siti. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, (Online), Vol.1 No.1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/2398/1508, diakses 25 Juli 2019.
- Arikunto,Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Dimyati, & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Kurniasih & Sani. 2014. Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.
- Lestari, E.K., & Yudhanegara, R.M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Preliana, Eliska. 2015. Pengembangan Alat Peraga Sains Fisika Berbasis Lingkungan untuk Materi Listrik Statis pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Pleret, (Online), Vol.2 No.1, (http://journal.uad.ac.id/index.php/JRKPF/article/view/3128, diakses 7 Desember 2018.
- Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
- Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
- Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Trianto. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Wulandari , Hayatri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Bengkulu Tengah, (Online), Vol.2 No.1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/6955/3481, diakses 25 Juli 2019
Referensi
Anggraeni, Sintya Siti. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, (Online), Vol.1 No.1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/2398/1508, diakses 25 Juli 2019.
Arikunto,Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dimyati, & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kurniasih & Sani. 2014. Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.
Lestari, E.K., & Yudhanegara, R.M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Preliana, Eliska. 2015. Pengembangan Alat Peraga Sains Fisika Berbasis Lingkungan untuk Materi Listrik Statis pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Pleret, (Online), Vol.2 No.1, (http://journal.uad.ac.id/index.php/JRKPF/article/view/3128, diakses 7 Desember 2018.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wulandari , Hayatri. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Bengkulu Tengah, (Online), Vol.2 No.1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/6955/3481, diakses 25 Juli 2019