Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas self checklist dan tes hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan LKPD yang berisikan masalah kontekstual, memahami masalah kontekstual, membentuk kelompok diskusi siswa yang heterogen berdasarkan kemampuan akademis siswa dan kedekatan antar siswa, siswa dilibatkan langsung mengkontruksi sendiri ide matematika dari konsep materi yang sedang dipelajari menggunakan alat peraga, siswa diarahkan untuk bekerja sama dengan teman kelompok dalam menemukan penyelesaian dari permasalahan kontekstual, siswa diarahkan untuk mengambil andil tugas dalam kegiatan kelompok dengan membagi tanggung jawab anggota kelompok masing-masing, siswa disetiap kelompoknya diajak untuk menyampaikan pertanyaan atau tanggapan kepada kelompok penyaji saat kegiatan diskusi kelas berlangsung dengan diberikan nilai tambah bagi siswa yang aktif dan apresiasi bagi kelompok yang paling aktif. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi self checklist aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 20,5 (kreteria cukup); 25 (kreteria baik); 30,5 (kreteria baik). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi melalui masalah kontekstual, mengkaitkan manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan soal latihan, memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar dan latihan siswa siklus I sampai siklus III yaitu 59,24; 70,41; 80,76 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 36%; 56%; 80%.
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Aqib, Z. & Diniati, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K. 2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
- Arikonto, Suharsimi & Suhardjono & Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Rajawali Pers
- Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
- Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
- Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Referensi
Aqib, Z. & Diniati, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K. 2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arikonto, Suharsimi & Suhardjono & Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Rajawali Pers
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu