Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar Matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik yang dilakukan dengan cara pembagian kelompok yang tepat, memberikan perhatian khusus kepada peserta didik berkemampuan rendah, menegur peserta didik yang tidak mengikuti langkah pembelajaran dengan baik, serta memberikan motivasi dan apresiasi berupa nilaiplus dan pujian. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari rata-rata skor padalembar observasi aktivitas belajar peserta didik siklus I sampai siklus III secara berturut-turut: 25,25 (kriteria cukup); 30,5 (kriteria cukup); 36 (kriteria baik). Hasil belajar peserta didik juga menunjukkan terjadi peningkatan dengan cara membuat LKPD dengan langkah-langkah think pair share, membimbing peserta didik meneyelesaikan LKPD sesuai dengan langkah-langkah think pair share, serta memberikan bimbingan khusus kepada peserta didik yang mengalami kesulitan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata Tes Hasil Belajar (THB) peserta didik siklus I sampai siklus III yaitu 58,80, 69,09, dan 78,74 persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 35,48 %, 61,29 %, dan 87,09%.

 

Keywords

Aktivitas Belajar Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Article Details

Author Biography

Evita Sri Yulani, Universitas Bengkulu

libatkan allah dalam segala urusanmu
How to Cite
Yulani, E. S., Rusdi, R. R., & Yensy B, N. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII 2 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 294–301. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.294-301

References

  1. Arikunto,Suharsimindkk.2015.PenelitianTindakanKelas.Jakarta:PTBumi Aksara.
  2. Aqib, dkk .2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  3. Isrok’atun & Rosmala, A . 2018. Model- model Pembelajaran Matemtika. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  4. Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.Bandung : PT Rafika Aditama.
  5. Hamalik,O.2016.Proses Belajar Mengajar .Jakarta:Bumi Aksara
  6. Hamzah, Ali, & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  7. Novelia, Rika, dkk. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII. 3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal JPPMS (online), Vol.1,No.1,(https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 5 juli 2019.
  8. Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  9. Shoimin, aris . 2014. 68 Model pembelajaran Inovaatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA.
  10. Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya