Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran cycle learning 5E dalam meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar matematika serta mengukur respons peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan alur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas VIII C SMP Negeri 02 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 34 orang. Pengumpulan data diambil berdasarkan lembar observasi aktivitas, lembar tes hasil belajar, lembar respons peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan aktivitas belajar, hasil belajar, dan respons peserta didik meningkat. Aktivitas peserta didik meningkatkan siklus I sampai siklus III dengan skor: 23,12; 28,37; 36,62. Hasil belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara: (1) tahap engagement, mengingat materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari; (2) tahap exploration, mengonstruksikan konsep; (3) tahap explanation, aktif dalam menyampaikan pendapat dan bertanya pada sesi diskusi; (4) tahap elaboration menerapkan konsep bersama kelompok; (5) tahap evaluation mengerjakan soal secara individu. Ini terlihat dari hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III meningkat dengan skor: 60,69; 73,49; 82,07 dengan ketuntasan klasikal: 29,9; 30,29; 30,50. Respons peserta didik dari siklus I sampai siklus III meningkat dengan skor: 29,9; 30,29; 30,5.
Kata kunci : Cycle Learning 5E, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Respons Peserta Didik
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 Geza Dwi Putri, Effie Efrida Muchlis, Nurul Astuty Yensy, Ringki Agustinsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
- As’ari, R.A & Tohir, M. & Valentino, E & Imron, Z & Taufik, I.2017. Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester II. Jakarta:Kemendikbud
- Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja :Rosdakarya
- Aqib, Z. & Dimyanti, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K.2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya
- Lestari, E.K & Yudhanegara, R. M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Komara, Endang. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesional Guru. Bandung: PT Refika Aditama
- Kurniawati, Yuni. 2018. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Kota Bengkulu Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai). Bengkulu: Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP UNIB
- Helmi, Tedi. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh DLLAJ. Kabupaten Bogor
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
- Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Menagajar. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.
- Yusuf, Rahman Ramadhan. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Resource Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP UNIB
References
Abidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
As’ari, R.A & Tohir, M. & Valentino, E & Imron, Z & Taufik, I.2017. Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester II. Jakarta:Kemendikbud
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja :Rosdakarya
Aqib, Z. & Dimyanti, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K.2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya
Lestari, E.K & Yudhanegara, R. M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Komara, Endang. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesional Guru. Bandung: PT Refika Aditama
Kurniawati, Yuni. 2018. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Kota Bengkulu Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai). Bengkulu: Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP UNIB
Helmi, Tedi. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh DLLAJ. Kabupaten Bogor
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Menagajar. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.
Yusuf, Rahman Ramadhan. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Resource Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP UNIB