Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran cycle learning 5E dalam meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar matematika serta mengukur respons peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan alur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas VIII C SMP Negeri 02 Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 34 orang. Pengumpulan data diambil berdasarkan lembar observasi aktivitas, lembar tes hasil belajar, lembar respons peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan aktivitas belajar, hasil belajar, dan respons peserta didik meningkat. Aktivitas peserta didik meningkatkan siklus I sampai siklus III dengan skor: 23,12; 28,37; 36,62.  Hasil belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara: (1) tahap engagement, mengingat materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari; (2) tahap exploration,  mengonstruksikan konsep; (3) tahap explanation, aktif dalam menyampaikan pendapat dan bertanya pada sesi diskusi; (4) tahap elaboration menerapkan konsep bersama kelompok; (5) tahap evaluation mengerjakan soal secara individu. Ini terlihat dari hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III meningkat dengan skor: 60,69; 73,49; 82,07 dengan ketuntasan klasikal: 29,9; 30,29; 30,50. Respons peserta didik dari siklus I sampai siklus III meningkat dengan skor:  29,9; 30,29; 30,5.

Kata kunci : Cycle Learning 5E, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Respons Peserta Didik

Keywords

Cycle Learning 5E Aktivitas Belajar Hasil Belajar Respons Peserta Didik

Article Details

How to Cite
Putri, G. D., Muchlis, E. E., Yensy, N. A., & Agustinsa, R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cycle Learning 5E Kelas VIII Di SMP Negeri 02 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 437–444. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.437-444

References

  1. Abidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
  2. As’ari, R.A & Tohir, M. & Valentino, E & Imron, Z & Taufik, I.2017. Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester II. Jakarta:Kemendikbud
  3. Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja :Rosdakarya
  4. Aqib, Z. & Dimyanti, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K.2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya
  5. Lestari, E.K & Yudhanegara, R. M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
  6. Komara, Endang. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesional Guru. Bandung: PT Refika Aditama
  7. Kurniawati, Yuni. 2018. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Kota Bengkulu Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai). Bengkulu: Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP UNIB
  8. Helmi, Tedi. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh DLLAJ. Kabupaten Bogor
  9. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
  10. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  11. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Menagajar. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.
  12. Yusuf, Rahman Ramadhan. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Resource Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP UNIB