Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Posttest Only Control Group. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil pengujian hipotesis menggunakan t?-test diperoleh t?hit = 2,764 > ttabel= 1,999 dan t?hit =2,764 > -ttabel = -1,999, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.

Kata kunci : Model Pembelajaran Examples non Examples, Hasil Belajar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yulisa, I., Muchlis, E. E., Yensy, N. A., & Utari, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. JP2MS, 5(3), 382–391. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.382-391

Referensi

  1. Anggraeni, Sintya Siti. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. JP2MS. 1 (1): 94-100
  2. Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT Bumi Aksara.
  3. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia..
  4. Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
  5. Kemendikbud.2013. Permendikbud Nomor 81 A Tentang Implementasi Kurikulim. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, M.R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
  7. Rizky, Lidya Dita, dkk. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Antara Menggunakan Media Manipulatif Dengan Pembrlajaran Konvensional. JP2MS. 1 (1): 47-53
  8. Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
  9. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  10. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.