Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Posttest Only Control Group. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil pengujian hipotesis menggunakan t?-test diperoleh t?hit = 2,764 > ttabel= 1,999 dan t?hit =2,764 > -ttabel = -1,999, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Model Pembelajaran Examples non Examples, Hasil Belajar.Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Anggraeni, Sintya Siti. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. JP2MS. 1 (1): 94-100
- Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT Bumi Aksara.
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia..
- Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
- Kemendikbud.2013. Permendikbud Nomor 81 A Tentang Implementasi Kurikulim. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, M.R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
- Rizky, Lidya Dita, dkk. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Antara Menggunakan Media Manipulatif Dengan Pembrlajaran Konvensional. JP2MS. 1 (1): 47-53
- Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Referensi
Anggraeni, Sintya Siti. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. JP2MS. 1 (1): 94-100
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT Bumi Aksara.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia..
Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Kemendikbud.2013. Permendikbud Nomor 81 A Tentang Implementasi Kurikulim. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, M.R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Rizky, Lidya Dita, dkk. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Antara Menggunakan Media Manipulatif Dengan Pembrlajaran Konvensional. JP2MS. 1 (1): 47-53
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.