Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Sebanyak 25 siswa kelas VII F dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan siswa sebanyak 92% siswa melakukan kesalahan operasi hitung penjumlahan bentuk aljabar dan 100% siswa melakukan kesalahan operasi hitung pengurangan bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar yaitu: a) kesalahan menyalin data, b) kesalahan operasi suku tak sejenis, c) kesalahan operasi suku sejenis, d) kesalahan mengabaikan data penting yang diberikan, e) kesalahan perhitungan.
Kata Kunci: Analisis, Deskriptif, Jenis Kesalahan, Operasi Hitung Aljabar
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Danim, Sudarwan. 2013.Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
- Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
- Dimyati, & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang.
- Kurniawan, H. 2006. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soalOperasi Bentuk Aljabar di Kelas IX SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.Bengkulu: Universitas Bengkulu (tidak diterbitkan).
- Sahriah. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan SoalMatematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri2 Malang.Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
- Sarmawati, Y. 2003. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas 1 SLTPN 3 Puti HijauBengkulu Utara dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan LinierDengan Satu Peubah. Bengkulu: Universitas Bengkulu (tidakditerbitkan).
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
- Suherman,Erman.1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
- Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT RemajaRosdakarya.
References
Danim, Sudarwan. 2013.Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati, & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang.
Kurniawan, H. 2006. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soalOperasi Bentuk Aljabar di Kelas IX SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.Bengkulu: Universitas Bengkulu (tidak diterbitkan).
Sahriah. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan SoalMatematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri2 Malang.Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
Sarmawati, Y. 2003. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas 1 SLTPN 3 Puti HijauBengkulu Utara dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan LinierDengan Satu Peubah. Bengkulu: Universitas Bengkulu (tidakditerbitkan).
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suherman,Erman.1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT RemajaRosdakarya.