Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Sebanyak 25 siswa kelas VII F dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Analisis data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan siswa sebanyak 92% siswa melakukan kesalahan operasi hitung penjumlahan bentuk aljabar dan 100% siswa melakukan kesalahan operasi hitung pengurangan bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar yaitu: a) kesalahan menyalin data, b) kesalahan operasi suku tak sejenis, c) kesalahan operasi suku sejenis, d) kesalahan mengabaikan data penting yang diberikan, e) kesalahan perhitungan.

Kata Kunci: Analisis, Deskriptif, Jenis Kesalahan, Operasi Hitung Aljabar

Article Details

How to Cite
Hapid, C. G., Muchlis, E. E., Maizora, S., & Agustinsa, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Hitung Aljabar Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 445–451. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.445-451

References

  1. Danim, Sudarwan. 2013.Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
  2. Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
  3. Dimyati, & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang.
  5. Kurniawan, H. 2006. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soalOperasi Bentuk Aljabar di Kelas IX SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.Bengkulu: Universitas Bengkulu (tidak diterbitkan).
  6. Sahriah. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan SoalMatematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri2 Malang.Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
  7. Sarmawati, Y. 2003. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas 1 SLTPN 3 Puti HijauBengkulu Utara dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan LinierDengan Satu Peubah. Bengkulu: Universitas Bengkulu (tidakditerbitkan).
  8. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Suherman,Erman.1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT RemajaRosdakarya.