Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Lazada Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Lazada Indonesia pada tahun 2021 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Lazada Indonesia. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Lazada Indonesia. Pada variabel promosi, perlu adanya penambahan karyawan pada bagian customer service yang masih menjadi keluhan konsumen dalam menanggapi keluhan. Memberikan inovasi baru dalam program promosi yang lebih menarik seperti bekerja sama dengan bank-bank untuk memberikan potongan harga kepada konsumen jika melakukan pembayaran dengan menggunakan bank tertentu. Program gratis ongkos kirim yang diklaim semua untuk pengiriman seluruh Indonesia dengan menggunakan beberapa ekspedisi pengiriman. Pada variabel harga, sebaiknya pihak Lazada perlu adanya peninjauan kepada seller-seller yang berjualan pada e-commerce Lazada dalam penentuan harga. Untuk seller, jangan dibebankan biaya admin yang membuat harga produk menjadi lebih mahal. Selain itu perlu adanya peningkatan promosi untuk memberikan potongan harga yang lebih menarik untuk menjadikan daya tarik konsumen untuk melakukan pembelian.
Article Details
References
- Cao, Z., Chu, J., Hui, K.-L., & Xu, H. (2021). The Relationship Between Online Referral Marketing and Price Promotion: Evidence from a Large E-Commerce Platform. Forthcoming, Journal of Management Information Systems.
- Erdmann, A., & Ponzoa, J. M. (2021). Digital Inbound Marketing: Measuring The Economic Performance of Grocery E-Commerce in Europe and The USA. Technological Forecasting and Social Change, Vol 162(ISSN: 120373).
- Ernawati, R., Dwi, A. B., & Gunaedi, J. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce Zalora di Jakarta. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, Vol. 4 (2).
- Febrianti, R. A. M., Gofur, A., & Aulia, F. (2021). The Influence of Social Media Promotion Strategies on Price-Mediated Purchase Decisions (Case Study at PT. Lazada Bandung). Psychology and Education Journal, Vol. 58. https://doi.org/https://doi.org/10.17762/pae.v58i3.2763
- Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee di Bandung. E-Proceeding of Management, Vol. 8 (4)(ISSN: 2355-9357).
- Gyenge, B., Mate, Z., Vida, I., Bilan, Y., & Vasa, L. (2021). A New Strategic Marketing Management Model for Specificities of E-Commerce in The Supply Chain. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research.
- Imam, W., & Rodhiyah. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 5 (4).
- Istanti, F. (2020). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis.
- Iswandari, L., & Srihandayani, C. M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya). Journal of Sustainability Business Research, Vol. 2 (1)(ISSN: 2746 –8607).
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.
- Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Nasution, D. A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Jurnal Ecobisma, Vol 7 (1).
- Permana, A. (2020). Perkembangan Bisnis Onlie di Indonesia. Retrieved from www.seoanaksholeh.com
- Priandewi, N. M. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di E-commerce Lazada. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah, Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan.
- Saputra, M. W., Zakaria, W., Muchsin, S. S., & Marlina, W. (2020). Pengaruh Atribut Produk, Citra Merek dan Harga Jual Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Berbasis IOS dan Android. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 18.
- Sutriyanto, E. (2021). Persaingan Makin Sengit di 2021, Siapa Jawara E-Commerce Nomor 1 Indonesia?
- Tyas, S. A., & Hartelina. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak. Yume: Journal of Management, Vol. 4 (1)(ISSN: 2614-851X), 187–196.
- Ullal, M. S., Spulbar, C., Hawaidar, I. T., Popescu, V., & Birau, R. (2021). The Impact of Online Reviews on E-Commerce Sales in India: A Case Study. Economic Research Ekomska Journal.
- Wang, C., Wang, Y., Wang, J. X., Xiao, J., & Liu, J. (2021). Factors Influencing Consumers Purchase Decision-Making in O2O Business Model: Evidence From Consumers Overall Evaluation. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 61.
- Wang, Y., Yu, Z., Shen, L., Fan, R., & Tang, R. (2021). Decisions and Coordination in E-Commerce Supply Chain Under Logistics Outsourching and Altruistic Preference. Mathematical Methods and Analysis for The Industrial Management and Bussiness Journal.
- Wu, J., Zhao, H., & Chen, H. A. (2021). Coupons or Free Shipping? Effects of Price Promotion Strategies on Online Review Ratings. Information System Research Journal, Vol. 32. https://doi.org/https://doi.org/10.1287/isre.2020.0987
- Wu, Y., Xin, L., Li, D., Yu, J., & Guo, J. (2021). How Does Scarcity Promotion Lead to Impluse Purchase in The Online Market? A Field Experiment. Information and Management, Vol. 58(ISSN: 103283).
- Zhang, Y. (2021). Sales Forecasting of Promotion Activities Based on the Cross-Industry Standard Process for Data Mining of E-commerce Promotional Information and Support Vector Regression. Journal of Computers, Vol. 32, 212–225.
References
Cao, Z., Chu, J., Hui, K.-L., & Xu, H. (2021). The Relationship Between Online Referral Marketing and Price Promotion: Evidence from a Large E-Commerce Platform. Forthcoming, Journal of Management Information Systems.
Erdmann, A., & Ponzoa, J. M. (2021). Digital Inbound Marketing: Measuring The Economic Performance of Grocery E-Commerce in Europe and The USA. Technological Forecasting and Social Change, Vol 162(ISSN: 120373).
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Gunaedi, J. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce Zalora di Jakarta. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, Vol. 4 (2).
Febrianti, R. A. M., Gofur, A., & Aulia, F. (2021). The Influence of Social Media Promotion Strategies on Price-Mediated Purchase Decisions (Case Study at PT. Lazada Bandung). Psychology and Education Journal, Vol. 58. https://doi.org/https://doi.org/10.17762/pae.v58i3.2763
Fransiska, I., & Madiawati, P. N. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee di Bandung. E-Proceeding of Management, Vol. 8 (4)(ISSN: 2355-9357).
Gyenge, B., Mate, Z., Vida, I., Bilan, Y., & Vasa, L. (2021). A New Strategic Marketing Management Model for Specificities of E-Commerce in The Supply Chain. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research.
Imam, W., & Rodhiyah. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 5 (4).
Istanti, F. (2020). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis.
Iswandari, L., & Srihandayani, C. M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas PGRI Adi Buana Surabaya). Journal of Sustainability Business Research, Vol. 2 (1)(ISSN: 2746 –8607).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Nasution, D. A. R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Jurnal Ecobisma, Vol 7 (1).
Permana, A. (2020). Perkembangan Bisnis Onlie di Indonesia. Retrieved from www.seoanaksholeh.com
Priandewi, N. M. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di E-commerce Lazada. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah, Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan.
Saputra, M. W., Zakaria, W., Muchsin, S. S., & Marlina, W. (2020). Pengaruh Atribut Produk, Citra Merek dan Harga Jual Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Berbasis IOS dan Android. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, Vol. 18.
Sutriyanto, E. (2021). Persaingan Makin Sengit di 2021, Siapa Jawara E-Commerce Nomor 1 Indonesia?
Tyas, S. A., & Hartelina. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak. Yume: Journal of Management, Vol. 4 (1)(ISSN: 2614-851X), 187–196.
Ullal, M. S., Spulbar, C., Hawaidar, I. T., Popescu, V., & Birau, R. (2021). The Impact of Online Reviews on E-Commerce Sales in India: A Case Study. Economic Research Ekomska Journal.
Wang, C., Wang, Y., Wang, J. X., Xiao, J., & Liu, J. (2021). Factors Influencing Consumers Purchase Decision-Making in O2O Business Model: Evidence From Consumers Overall Evaluation. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 61.
Wang, Y., Yu, Z., Shen, L., Fan, R., & Tang, R. (2021). Decisions and Coordination in E-Commerce Supply Chain Under Logistics Outsourching and Altruistic Preference. Mathematical Methods and Analysis for The Industrial Management and Bussiness Journal.
Wu, J., Zhao, H., & Chen, H. A. (2021). Coupons or Free Shipping? Effects of Price Promotion Strategies on Online Review Ratings. Information System Research Journal, Vol. 32. https://doi.org/https://doi.org/10.1287/isre.2020.0987
Wu, Y., Xin, L., Li, D., Yu, J., & Guo, J. (2021). How Does Scarcity Promotion Lead to Impluse Purchase in The Online Market? A Field Experiment. Information and Management, Vol. 58(ISSN: 103283).
Zhang, Y. (2021). Sales Forecasting of Promotion Activities Based on the Cross-Industry Standard Process for Data Mining of E-commerce Promotional Information and Support Vector Regression. Journal of Computers, Vol. 32, 212–225.