Pengenalan Pembuatan Paper Bag Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa-siswi SMA

Penulis

  • Zuliantoni Universitas Bengkulu
  • Nurul Iman Supardi Universitas Bengkulu
  • Dedi Suryadi Universitas Bengkulu

Kata Kunci:

Paper Bag, kreativitas, siswa

Abstrak

Berpikir kreatif dapat ditumbuhkan melalui hal-hal sederhana, misalnya kerajinan tangan. Berpikir kreatif dapat ditumbuhkan melalui hal-hal sederhana, misalnya kerajinan tangan. Kerajinan dapat diartikan sebagai hasil suatu keterampilan atau kerajinan yang memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Salah satu kerajinan tangan termudah yang bisa dilakukan adalah membuat tas dari kertas. Kantong kertas saat ini sedang menjadi tren di Indonesia khususnya di Bengkulu sebagai respon terhadap pemanasan global. Permasalahan yang teridentifikasi di kalangan mitra antara lain ketidaktahuan dalam pembuatan kantong kertas, kurangnya inovasi kemasan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pemanfaatan dan pengelolaan usaha kantong kertas. Langkah-langkah aksi yang akan dilaksanakan adalah: 1) persiapan aksi, 2) pelatihan produksi kantong kertas, dan 3) monitoring dan evaluasi. Pelatihan dilakukan dengan metode sampling dan pelatihan langsung kepada mitra. Hasil evaluasi menunjukkan pemahaman dan keterampilan mitra meningkat rata-rata sebesar 46%. Para mitra telah memiliki pemahaman dan keterampilan dalam produksi dan pengelolaan bisnis kantong kertas biodegradable dari alga. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa para mitra sudah mulai memproduksi kantong kertas biodegradable dan dapat menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke desa Labuhan Kertasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Zuliantoni, Supardi, N. I., & Suryadi, D. (2024). Pengenalan Pembuatan Paper Bag Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa-siswi SMA. Dharmakayana, 1(1), 1–5. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/dharmakayana/article/view/36099