Digital Transformation of Population Services through the Implementation of a Web Based Information System
(Sawah Lebar Baru Subdistrict, Bengkulu City, Bengkulu Province)
DOI:
https://doi.org/10.33369/dk.v2i1.41929Kata Kunci:
Sistem Informasi, Manajemen Data Kependudukan, Pelayanan Publik, WebsiteAbstrak
Sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia (INPRES RI) Nomor 6 Tahun 2001 tentang Telematika (Telekomunikasi, Media dan Informatika) dan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 perihal Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government menjelaskan bahwa agar tercipta kondisi good governance, setiap proses yang terjadi di pemerintahan haruslah memanfaatkan teknologi dan telematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kantor kelurahan Sawah Lebar Baru, tata kelola informasi masih dilakukan secara manual dengan dicatat pada buku induk besar yang masih mengandalkan pembukuan konvensional. Pendekatan kinerja seperti ini dirasa kurang efektif dan efisien. Hal ini berdampak pada pelayanan kepada masyarakat membutuhkan waktu yang lama dan sering terjadinya kesalahan saat mendata dan melaporkan informasi mengenai keadaan masyarakat. Berdasarkan dari masalah tersebut maka pada pengabdian ini dibangun sistem informasi manajemen data kependudukan di kantor kelurahan berbasis website. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah identifikasi kebutuhan, persiapan dan pengembangan sistem, pelatihan teknis dan pendampingan serta implementasi dan monitoring. Melalui kegiatan ini pengelolaan data kependudukan menjadi lebih efektif dan efisien serta pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih optimal.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurul Renaningtias, Arie Vatresia, Tiara Eka Putri, Kurnia Anggriani, Teguh Nata Kusuma

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.