Main Article Content
Abstract
Panti Asuhan Dharma Jati merupakan salah satu panti asuhan yang terletak di Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar merupakan salah satu panti asuhan yang terkena guncangan gempa bumi tahun 2019. Setelah kejadian gempa terakhir itu belum ada sosialisasi tentang gempa bumi dan langkah-langkah yang harus dilakukan apabila terjadi gempa bumi. Metoda yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metoda ceramah yang dilengkapi dengan sesi tanya jawab dan game atau tes kecil. Game berisi pertanyaan-pertanyaan acak yang diberikan langsung dan oleh nara sumber dan dijawab secara langsung oleh para peserta. Game sebelum dan sesudah kegiatan pengabdian menunjukan hasil bahwa ada peningkatan pengetahuan dan pemahaman gempa dan mitigasi nya dari 25 % yang menjawab benar menjadi 75 %.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arisona, R. D. (2020). SOSIALISASI DAN SIMULASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN SISWA SDN 2 WATES PONOROGO. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 1-7.
- Rahma, A. (2018). Implementasi program pengurangan risiko bencana (PRB) melalui pendidikan formal. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 1-11.
- BNPB (2017.)Tanggap Tangkas Menghadapi Bencana 13. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana
- Khrisna.S, Pribadi.v (2008). Pendidikan Siaga Bencana ITB. Program Kesiapan Sekolah Terhadap Bahaya Gempa Bumi,Bandung : Institut Teknologi Bandung
- Maharani, N., Khaerismawati, N. P. E., & Sari, N. L. P. W. (2020). SOSIALISASI DAN SIMULASI GEMPA BUMI DI SMPN 3 KUTA SELATAN BADUNG BALI. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 9(1), 31-37.
- Maharani, N. (2020). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Provinsi Bali. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 32-38.
- Farida, M., Alimuddin, I., Maulana, A., Irfan, U. R., & Jaya, A. (2019). Sosialisasi Bencana Geologi dan Mitigasinya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah Makassar. JURNAL TEPAT: Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 2(2), 66-73.
- Nurjanah, Sugiharto R., Kuswanda Dede, BP Siswanto, Adikoesoemo (2012). Manajemen Bencana, Bandung : ALFABETA,
- Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(1), 68-79.
- Utomo, L. P., Saputra, I. A., Rahmawati, R., & Nisa, Z. SOSIALISASI KESIAPSIAGAAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI SMA AL-AZHAR MANDIRI PALU. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 43-51.
References
Arisona, R. D. (2020). SOSIALISASI DAN SIMULASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN SISWA SDN 2 WATES PONOROGO. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 1-7.
Rahma, A. (2018). Implementasi program pengurangan risiko bencana (PRB) melalui pendidikan formal. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 1-11.
BNPB (2017.)Tanggap Tangkas Menghadapi Bencana 13. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Khrisna.S, Pribadi.v (2008). Pendidikan Siaga Bencana ITB. Program Kesiapan Sekolah Terhadap Bahaya Gempa Bumi,Bandung : Institut Teknologi Bandung
Maharani, N., Khaerismawati, N. P. E., & Sari, N. L. P. W. (2020). SOSIALISASI DAN SIMULASI GEMPA BUMI DI SMPN 3 KUTA SELATAN BADUNG BALI. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 9(1), 31-37.
Maharani, N. (2020). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Provinsi Bali. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 32-38.
Farida, M., Alimuddin, I., Maulana, A., Irfan, U. R., & Jaya, A. (2019). Sosialisasi Bencana Geologi dan Mitigasinya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah Makassar. JURNAL TEPAT: Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 2(2), 66-73.
Nurjanah, Sugiharto R., Kuswanda Dede, BP Siswanto, Adikoesoemo (2012). Manajemen Bencana, Bandung : ALFABETA,
Nuraeni, N., Mujiburrahman, M., & Hariawan, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Pengurangan Risiko bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(1), 68-79.
Utomo, L. P., Saputra, I. A., Rahmawati, R., & Nisa, Z. SOSIALISASI KESIAPSIAGAAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI SMA AL-AZHAR MANDIRI PALU. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 43-51.