Main Article Content

Abstract

Kondisi area wisata kemumu masih menjadi perhatian wisatawan saat menuju ke air terjun. Hal ini dipengaruhi oleh anak tangga dengan jumlah 1000 dan tangga yang licin diserta jurang pada sisi kanan tangga.  Permasalahan yang kerap terjadi di area wisata Kemumu adalah cedera kepala, cedera tulang belakang, perdarahan, tenggelam, fraktur, sesak napas, henti napas dan jantung sampai kondisi kegawatdaruratan. Pemecahan masalahnya adalah melakukan pemberdayaan remaja dengan pelatihan penanganan kegawatdaruratan. Sasaran kegiatan adalah 10 orang.  Tujuan kegiatan adalah untuk mengetahui pengetahuan gemu gadar tentang penanganan kegawatdaruratan di area wisata Kemumu.  Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan adalah pemberdayaan remaja dengan pelatihan penanganan kegawatdaruratan. Kegiatan tanggal 14-15 Juli  tahun 2021, dilaksanakan di balai desa Kemumu dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan pre dan post test pelatihan sebesar 18.40 poin dengan p: 0.00 peningkatan keterampilan  sebesar 8.70 poin dengan p : 0.00 dan sebagian besar remaja menyatakan semakin memiliki rasa percaya diri untuk melaksanakan penanganan kegawatdaruratan di area wisata Kemumu. Direkomendasikan agar pelaksanaan penanganan kegawatdaruratan pasca kegiatan PPM dapat dilakukan pendampingan dan dimonitoring oleh kelurahan, PMI dan Puskesmas Kemumu.

Article Details

How to Cite
Madang, K., Arifin, Z., Santoso, L. M., Nazip, K., Destiansari, E., & Anggraini, N. (2022). Pelatihan Teknik Pembelajaran Flip Classroom Instruction Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning Bagi Guru-Guru IPA Kota Palembang. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 24–37. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.19259

References

  1. Bergmann, J., & Aaron, S. (2014). Flipped Learning: Gateway To Student Engagement.Learning & Leading With Technology.
  2. Berrett, D. (2012). How “Flipping” the Classroom Can Improve the Traditional Lecture - T... http://chronicle.com/article/How-Flipping-the-Classroom/130857/. The Chronicle of Higher Education, 1–6.
  3. Christian, W., & Esquembre, F. (2007). Modeling Physics with Easy Java Simulations. The Physics Teacher, 45(8), 475–480. https://doi.org/10.1119/1.2798358
  4. Halili, S. H., & Zainuddin, Z. (2015). Flipping the Classroom: What We Know and What We Don’T. 3(1), 15–22.
  5. Rahmah, L. H., Nurlaela, L., Maspiyah, M., & Rijanto, T. (2021). Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19: Implementasi Flipped Classroom Berbantuan Youtube Di Lembaga Pendidikan dan Keterampilan. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 286-292.
  6. Schwichow, M., Anna Hellmann, K., & Mikelskis-Seifert, S. (2021). Pre-service Teachers’ Perception of Competence, Social Relatedness, and Autonomy in a Flipped Classroom: Effects on Learning to Notice Student Preconceptions. Journal of Science Teacher Education, 33(3), 282–302. https://doi.org/10.1080/1046560X.2021.1913332.
  7. Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). Analisis Kebutuhan Guru SMP Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 236-242.
  8. Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242.
  9. Tjandrawinata, R. (2016). Industri 4.0: revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. February. https://doi.org/10.5281/zenodo.49404.
  10. Zainuddin, Z., & Perera, C. J. (2018). Supporting students’ self-directed learning in the flipped classroom through the LMS TES BlendSpace. On the Horizon, 26(4), 281–290. https://doi.org/10.1108/OTH-04-2017-0016.