Main Article Content

Abstract

Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Karawang belum memiliki aplikasi penilaian yang dapat mendukung kinerja guru pada kondisi pandemic. Penilaian kebutuhan cepat (Rapid Need Assessment) yang dilakukan peneliti pada bulan September 2020 kepada guru-guru PAUD di Kabupaten Karawang, menunjukkan bahwa 70% guru belum menggunakan program database penilaian siswa, artinya guru masih melakukan pelaporan penilaian siswa secara manual, 80% guru mengalami kesulitan dalam melakukan database dan pelaporan kegiatan siswa selama pandemi, 40% guru belum memahami bagaimana pelaporan seharusnya dilakukan. Berdasarkan masalah tersebut mengadakan pelatihan sangat tepat untuk memberikan pelatihan dalam melakukan pelaporan online menggunakan aplikasi iPENA kepada guru PAUD di Kabupaten Karawang. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan baru mengenai penggunaan teknologi informasi pada dunia pendidikan. Manfaatnya  meningkatkan kinerja guru selama pandemic dan hasil perkembangan siswa dapat dilaporkan secara berkelanjutan. Hasil pelatihan aplikasi penilaian siswa ini telah memenuhi kebutuhan guru akan pelaporan penilaian berbasis online. Respon pengguna terhadap penggunaan aplikasi penilaian siswa menunjukkan rata-rata sebesar 90.2% dari segi aspek fungsional, fitur yang ada dalam aplikasi penilaian siswa sudah sesuai dengan form penilaian PAUD. 91.8% responden menyatakan web aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja.

Article Details

Author Biographies

Feronica Eka Putri, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Nancy Riana Nancy, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Taufik Mustofa Taufik, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Nur Rahmansyah Nur, Politeknik Negeri Media Kreatif

program studi animasi
How to Cite
Putri, F. E., Nancy, N. R., Taufik, T. M., & Nur, N. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Penilaian Siswa (iPENA) Untuk Guru Sebagai Media Pelaporan Perkembangan Siswa Paud di Kabupaten Karawang. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 212–222. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.19291

References

  1. Ardhani D.K, Faizatul A dan Bayu P. (2018). Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran PAUD. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol.2 No.3, 1027-1035. j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/1037/395
  2. Dwi Arumsari, Andini dan Mayangsari Putri, Vina. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Motoric Vol. 4 No. 1.
  3. Hendini, Ade. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Barang. Jurnal Khatulistiwa InformatikaVol. IV, No.2 . Desember, 2016. Hal 107-116.
  4. Ine Nirmala dan Feronica Eka Putri. (2017). Instrumen Pengetahuan Seksualitas Untuk Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education Vol.2, No.2
  5. M. Churiyah, S. Sholikhan, F. Filianti, and D. A. Sakdiyyah. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. Int. J. Multicult. Multireligious Underst. doi: 10.18415/ijmmu.v7i6.1833.
  6. N. Kurniah, D. Andreswari, and R. G. T. Kusumah. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard, 2019, doi: 10.2991/icetep-18.2019.82.
  7. Noviandhiny, Putri. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan dan Pembelian Web pada Apotek Neofarma Sanggau. Pontianak, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) Vol.6, No.3.
  8. Sutabri,Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta:Andi offset.
  9. Talango, Sitti R. (2018). Asesmen Perkembangan Anak. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 6 No. 2. Hal 49-60.
  10. Warni, Ponco dan Rizky W, Soetam. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik pada PAUD Omah Bocah Annaafi. Jurnal Smatika Vol. 06 No. 01, Hal 45-50.