Isi Artikel Utama
Abstrak
Banyaknya produksi pertanian di Kelurahan Beringin Raya tidak seimbang dengan sarana perdagangan yang ada. Jumlah tempat petani memasarkan produknya masih sedikit yakni 1 minimarket, 10 toko kelontong dan satu restoran. Permasalahan ini hendaknya bisa ditangani dengan cepat melalui strategi pemasaran yang mencapai target pasar. Namun, menurut data BPS Kota Bengkulu bahwa tingkat pendidikan Kelurahan Beringin Raya masih rendah. Sehingga masyarakat tidak memahami bagaimana strategi pemasaran yang baik. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui penyuluhan yang mana bertujuan mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dari keadaan semula. Masyarakat diberikan materi mengenai strategi-strategi pemasaran dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Tahap selanjutnya masyarakat menyampaikan permasalahan dan berdiskusi mengenai strategi pemasaran yang dapat diterapkan. Terakhir, penambahan wawasan mengenai strategi pemasaran diharapkan dapat memberikan banyak manfaat terutama pada anggota Tunas Harapan.
Kata Kunci
Rincian Artikel
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Badan Pusat Statistik Bengkulu
- Boer, F. 2000. Diktat Penyuluhan Pertanian Padang Mangatas. Payakumbuh. Sekolah Pertanian Pembangunan.
- Departeman Pertanian 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan. Jakarta. Departemen Pertanian.
- Departemen Pertanian. 2007. Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 273/kpts/OT.160/2007 tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompoktani dan Gabungan Kelompoktani. Jakarta. Departemen Pertanian.
- Kusumawati, N., dan Zahra, S. 2021. Peningkatan Keunggulan Produk Melalui Penyuluhan Strategi Pemasaran Produk UMKM Desa Kadubereum Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 1
- Mardikanto, T. 1999. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta:Universitas Sebelas Maret
- Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumberdaya Manusia. Erlangga: Jakarta
- Noe, A. Raymond dkk. 2010. Manajemen Sumberdaya Manusia, Mencapai Keunggulan Bersaing,Salemba Empat:Jakarta
- Sriyanto, S., Harimurti, F., Kasidin, K., Sutianingsih, S. 2020. Penyuluhan Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan Di Desa Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, Vol 1, No. 1
- Van den Ban & Hawkins. 2009. Penyuluhan Pertanian, Penerbit Kanisius:Yogyakarta
- Vernia, D.M., Widiyarto, S., Narsih, D., Mubasyira, M., Tiwinyanti, L. 2019. Sosialisasi dan Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol. 3, No. 2
Referensi
Badan Pusat Statistik Bengkulu
Boer, F. 2000. Diktat Penyuluhan Pertanian Padang Mangatas. Payakumbuh. Sekolah Pertanian Pembangunan.
Departeman Pertanian 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan. Jakarta. Departemen Pertanian.
Departemen Pertanian. 2007. Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 273/kpts/OT.160/2007 tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompoktani dan Gabungan Kelompoktani. Jakarta. Departemen Pertanian.
Kusumawati, N., dan Zahra, S. 2021. Peningkatan Keunggulan Produk Melalui Penyuluhan Strategi Pemasaran Produk UMKM Desa Kadubereum Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 1
Mardikanto, T. 1999. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta:Universitas Sebelas Maret
Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumberdaya Manusia. Erlangga: Jakarta
Noe, A. Raymond dkk. 2010. Manajemen Sumberdaya Manusia, Mencapai Keunggulan Bersaing,Salemba Empat:Jakarta
Sriyanto, S., Harimurti, F., Kasidin, K., Sutianingsih, S. 2020. Penyuluhan Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan Di Desa Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, Vol 1, No. 1
Van den Ban & Hawkins. 2009. Penyuluhan Pertanian, Penerbit Kanisius:Yogyakarta
Vernia, D.M., Widiyarto, S., Narsih, D., Mubasyira, M., Tiwinyanti, L. 2019. Sosialisasi dan Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol. 3, No. 2