Main Article Content

Abstract

Banyaknya produksi pertanian di Kelurahan Beringin Raya tidak seimbang dengan sarana perdagangan yang ada. Jumlah tempat petani memasarkan produknya masih sedikit yakni 1 minimarket, 10 toko kelontong dan satu restoran. Permasalahan ini hendaknya bisa ditangani dengan cepat melalui strategi pemasaran yang mencapai target pasar. Namun, menurut data BPS Kota Bengkulu bahwa tingkat pendidikan Kelurahan Beringin Raya masih rendah. Sehingga masyarakat tidak memahami bagaimana strategi pemasaran yang baik. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui penyuluhan yang mana bertujuan mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dari keadaan semula. Masyarakat diberikan materi mengenai strategi-strategi pemasaran dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Tahap selanjutnya masyarakat menyampaikan permasalahan dan berdiskusi mengenai strategi pemasaran yang dapat diterapkan. Terakhir, penambahan wawasan mengenai strategi pemasaran diharapkan dapat memberikan banyak manfaat terutama pada anggota Tunas Harapan.

 

Article Details

Author Biographies

Afrima Widanti, Universitas Bengkulu

Department of Management

Trisna Murni, Universitas Bengkulu

Department of Management

Willy Abdillah, Universitas Bengkulu

Department of Management
How to Cite
Widanti, A., Murni, T., & Abdillah, W. (2022). Penyuluhan Strategi Pemasaran Produk Pertanian Bagi Anggota Kelompok Tunas Harapan di Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 82–87. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.19793

References

  1. Badan Pusat Statistik Bengkulu
  2. Boer, F. 2000. Diktat Penyuluhan Pertanian Padang Mangatas. Payakumbuh. Sekolah Pertanian Pembangunan.
  3. Departeman Pertanian 2006. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan. Jakarta. Departemen Pertanian.
  4. Departemen Pertanian. 2007. Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 273/kpts/OT.160/2007 tentang Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompoktani dan Gabungan Kelompoktani. Jakarta. Departemen Pertanian.
  5. Kusumawati, N., dan Zahra, S. 2021. Peningkatan Keunggulan Produk Melalui Penyuluhan Strategi Pemasaran Produk UMKM Desa Kadubereum Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No. 1
  6. Mardikanto, T. 1999. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta:Universitas Sebelas Maret
  7. Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumberdaya Manusia. Erlangga: Jakarta
  8. Noe, A. Raymond dkk. 2010. Manajemen Sumberdaya Manusia, Mencapai Keunggulan Bersaing,Salemba Empat:Jakarta
  9. Sriyanto, S., Harimurti, F., Kasidin, K., Sutianingsih, S. 2020. Penyuluhan Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Makanan Ringan Di Desa Ngijo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, Vol 1, No. 1
  10. Van den Ban & Hawkins. 2009. Penyuluhan Pertanian, Penerbit Kanisius:Yogyakarta
  11. Vernia, D.M., Widiyarto, S., Narsih, D., Mubasyira, M., Tiwinyanti, L. 2019. Sosialisasi dan Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Pada Siswa Pondok. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol. 3, No. 2