Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu IQRA’Kota Bengkulu dalam melaksanakan pendidikan karakter siswa berbasis keunggulan kearifan budaya lokal. Pelaksanaan PPM dilakukan melalui kombinasi antara metode ceramah, diskusi, workshop dalam bentuk FGD, simulasi/praktik, bermain peran dan panel group discussion.  Pelaksanaan PPM diterapkan pendekatan kombinasi metode-metode tersebut telah mampu meningkatkan kemampuan para guru SMPIT IQRA’ dalam (1) mendalami konsep-konsep dan  teori-teori pendekatan character education yaitu pendekatan penanaman  nilai, pengembangan moral kognitif, analisis nilai, klarifikasi nilai, pembelajaran berbuat, dan pendekatan integrasi nilai; (2) mengidentifikasi nilai dan norma budi pekerti atau karakter keunggulan kearifan budaya lokal yang sejalan dengan nilai dan norma budi pekerti  yang ada pada bahan ajar yang akan dibelajarkan kepada siswa yang serasi dengan (KI), (KD) dan indikator; (3) menganalisis mata pelajaran, KI, KD, nilai dan indikator per jenjang kelas; (4) melakukan analisis berdasarkan KI, KD, indikator dan nilai dan norma keunggulan budaya lokal yang akan dididikkan kepada siswa; dan (5) menyusun RPP berdasarkan KI, KD, indikator dan nilai dan norma keunggulan budaya lokal yang akan dididikkan kepada siswa berdasarkan tema, (6) menyusun RPP pendidikan karakter berbasis keunggulan budaya lokal dengan menggunakan integrated value approach. Demi terbentuk karakter siswa, disarankan para guru dalam menyusun, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran karakter untuk mengarahkan pada terbentuknya karakter berbasis kearifan lokal masyarakatnya.

Keywords

Kearifan Budaya Lokal Nilai Budi Pekerti Pendidikan Karakter

Article Details

How to Cite
Badeni, B., & Saparahayuningsih, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMPIT IQRA’ dalam Mendidik Karakter Siswa berbasis Keunggulan Budaya Lokal. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(2), 248–261. https://doi.org/10.33369/dr.v20i2.21044

References

  1. Abdul Azis Wahab dan Sapriya, (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan, Bandung: Alfabeta.
  2. Abdul Majid dan Dian Andayani, (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja SMPIT IQRA’akarya.
  3. Badeni, Sri Saparahayungsih, Agus Makmurtomo, (2012). Pengembangan Model Pendidikan Nilai Budi Pekerti Berbasis Keunggulan Budaya Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Daerah Provinsi Bengkulu (Laporan Penelitian), Lembaga Penelitian Universitas Bengkulu/
  4. Bohlin, Karen E., (2016). Teaching Character Education through Literature: Awakening the moral imagination in secondary classrooms. London And New York: RoutledgeFalmer.
  5. Dharma Kesuma dkk., (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja SMPIT IQRA’akarya.
  6. Dolph, Katie and Lycan, Angela, (2008). Moral Reasoning: A necessary Standard of Learning in Today’s Classroom. Journal of Cross Disciplinary Perspectives in Education, Vpl. 1, No 1 (May 2008)
  7. Heriansyah, Hendra, (2018). The Importance of Character Education: the English Teacher’s Efforts and Challenges in Students’ Character Building. Proceedings of the International Conference on the Roles of Parents in Shaping Children’s Characters (ICECED), December 3-4, 2.
  8. Krech, David Et al, (1982). Individual in Society, London: McGraw Hill International Book Company.
  9. Lipe, David (2010). A Critical Analysis of Values Clarification. Montgomery (USA): Apologetic Press, Inc.
  10. Mohamad Arwani, (2008). Memaknai Tradisi Berkat Mauludan di Krajen Purwarejo, dalam Irwan Abdullah, Ibnu Mujib, M. Iqbal Ahnaf (Ed)., 2008. Agama dan Keunggulan budaya lokal dalam tantangan Global.Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana UGM.
  11. Muji Sutrisno dan Hendar Putranto (Ed.), (2005). Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  12. Pala, Aynur, (2011). The Need for Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies Vol 3, No 2, 2011 ISSN: 1309-8063 (Online)
  13. Rindrayani, Sulastri Rini, (2020). The Implementation of Character Education in Indonesia High School Curriculum Program. Universal Journal of Educational Research 8(1): 304-312
  14. Singh, Balraj, (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS) Vol. 15. No. 1, pp.1-12.
  15. Superka, et all.,(1976). Values education sourcebook. Colorado: Social Science Education Consortium, Inc.
  16. White, Robert, (2010). Building Schools of Character: The Development, Implementation, and Evaluation of School-Based Character Education Programme Designed to Promote Cooperative Learning and Reduce Antisocial Behavior, Durham theses, Durham University. Available at Durham E-Theses Online: http://etheses.dur.ac.uk/180
  17. Budidaya Jamur Tiram Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Bukit Kijang. IKRA-ITH ABDIMAS, 3(2), 83-91.