Main Article Content

Abstract

Kurangnya minat guru dalam menulis sastra berdampak pada rendahnya kemampuan menulis siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan menumbuhkan minat dan kemampuan guru bahasa Indonesia dalam menulis puisi dengan tema “Pesona Bengkulu” melalui kegiatan pelatihan secara luring dan daring berbasis teknologi Xmind dan Whitboard.Fi. Adapun metode pengabdian, yaitu deskriptif kualitatif dengan Model APTE (Analisis kebutuhan, Pelatihan, Tindakan, dan Evaluasi). Pengabdian kepada masyarakat mampu meningkatkan kemampuan, kreatifitas, dan produktivitas cipta puisi bagi guru bahasa Indonesia di Provinsi Bengkulu. Peningkatan tersebut terlihat dari kemampuan pemahaman menulis puisi guru menjadi sangat baik (rata-rata 82) dan kemampuan menulis puisi menjadi baik (rata-rata 73.15). Kegiatan berdampak kepada budaya literasi baca dan tulis karya sastra di sekolah.

Keywords

menulis puisi xmind whithboard.fi

Article Details

How to Cite
Arono, A., Suryadi, S., Nugroho, S., Istislami, Y., & Adesi, P. (2022). Pelatihan Menulis Puisi “Pesona Bengkulu” dengan Metode Respons dan Analisis Berbasis Teknologi Xmind dan Whitboard.Fi. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(2), 271–288. https://doi.org/10.33369/dr.v20i2.21149

References

  1. Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Arianti, R. (2020). Pelatihan Menulis Kreatif Puisi pada Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(1), 1-5.
  3. Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Arodhiskara, Y., Patahuddin, P., Suherman, S., Buhaerah, B., & Jadda, A. A. (2020). Pelatihan Literasi Menulis Esai Bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Parepare. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 69-74.
  5. Arono, A., Syahriman, S., & Nadrah, N. (2021). Model E-Genre Based Learning dalam Pembimbingan Penulisan Proposal Skripsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 184-196.
  6. Arono, A., & Arsyad, S. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagian Abstrak dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif pada Guru SMA/SMK/MA dan Dosen Bahasa di Lubuk Linggau dalam Peningkatan Profesionalitas. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167-184.
  7. Bahri, A., Sultan, S., Saputra, Y., Hardianto, H., & Arifuddin, M. (2019). PKM Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Guru di Kabupaten Enrekang. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019 (11).
  8. Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (1), 31-43.
  9. Ekasari, A. D., Nuryatin, A., & Suwito, W. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus Dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1)
  10. Emha, R. J., Abdullah, V. A., Pujiati, T., & Iskandari, Y. (2020). Pelatihan Virtual Menulis Puisi di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Budaya Literasi di SMP Negeri 1 Karangampel Kab. Indramayu. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 331-335.
  11. Faizah, D. U. et al. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  12. Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 128-135.
  13. Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan Hots. Jurnal Solma, 8(1), 14-23.
  14. Handini, B.P., et al. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah sebagai Upaya Membentuk Habituasi Literasi Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. Solidarity, 6 (2), 167-179.
  15. Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2018). Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135-140.
  16. Idawati, I., Hasibuan, N. S., & Nurkholija, A. (2021). Pembinaan Minat Sastra Anak Melalui Pelatihan Menulis Puisi Bebas dengan Aksara Arab Melayu di MDTA Muhammadiyah Sigiring Giring dan MDTA Muhammadiyah Sadabuan. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).
  17. Irwansyah, I., Mario, M., & Tamrin, S. (2019). Pelatihan Literasi Digital pada Komunitas Mata Literasi bagi Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Gowa. Humanis, 18(2), 6-10.
  18. Kamil, M. (2003). “Model-model Pelatihan”. Bandung: UPI.
  19. Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.
  20. Maryova, F., Anggraini, T. R., & Hastuti, H. (2019). Pelatihan Menulis Puisi dengan Deret Kata di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 11-14.
  21. Mubarok, H. (2018). Kontribusi Usaid Prioritas dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi di Sekolah SD/MI Di Kabupaten Langkat. ANALYTICA ISLAMICA: Vol. 7 No. 1 Hal. 47-59. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/1372
  22. Najri, P. (2020). MGMP dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 130-144.
  23. Nalenan, J. S. (2020). Pelatihan Menulis Puisi Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Kota Baru Kefamenanu. Bakti Cendana, 3(2), 92-98.
  24. Nasrul, N., Sugiyo, S., Suyatno, S., & Djihadah, N. (2021, January). Pelatihan Penulisan Puisi di Era Covid-19 di SDK Mater Dei. In Prosiding Senantias: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 785-792).
  25. Nazriani, N. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas VI SDN 1 Baubau. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 3(1), 64-71.
  26. Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212
  27. Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2017). Pelatihan Literasi Media Digital bagi Murid-murid Armidale English College (AEC) di Soreang Kabupaten Bandung Selatan. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 157-165.
  28. Rahmawan, D. (2018). Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoaks Bagi Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1021-1024.
  29. Retti, S., Atmazaki, dan Julita, N. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Prinsip-Prinsip Sugestologi Sugestologi Siswa Kelas VII. 1 SMP N 4 VII Koto Sungai Sarik. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 1(2).
  30. Rosenberg, Marc J. (2001). e-Learning; Strategies for Delivering Knowledge in the Digital. New York: McGraw Hill.
  31. Somantri, O., & Al Farizi, M. (2020). Pelatihan Literasi Digital dan Similarity Check Untuk Pembuatan Karya Ilmiah Hasil Penelitian Guru Sekolah Kejuruan. Madaniya, 1(2), 63-70.
  32. Sudjana, D. (1993). Metoda dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Nusantara Press.
  33. Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
  34. Suyono. (2011). Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Malang: Penerbit Cakrawala Indonesia.
  35. Suyono, T. H. & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 26 (2), 116-123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050.
  36. Turofingah, L., Suhartono, & Susiani, T. S. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas V SDN Keleng 01. Kebumen: Fakultas Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Sebelas Maret.
  37. Yanti, N., Hiasa, F., & Arono, A. (2018). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia di SMA/SMK Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 16(1).