Main Article Content

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan berdasarkan diskusi dengan mitra terkait dengan kendala yang dialami oleh guru dalam memfasilitasi anak untuk melakukan aktivitas gerak salah satunya untuk meningkatkan kemampuan motorik dengan pendekatan bermaian, secara tidak langsung rasa senang tersebut merupakan media anak untuk belajar meningkatkan kemampuan motorik anak. Mencermati situasi seperti ini peneliti memberikan solusi berupa alternatif melalui pelatihan olahraga renang untuk meningkatkan kemampuan motoric dengan pendekatan bermain. Karena olahraga renang tidak hanya berbicara tentang kegiatan pengembangan kebugaran fisik terkait peningkatan kemampuan motorik saja, tetapi juga berkaitan dengan penguatan jati diri bangsa di era globalisasi ini. Fungsi pengenalan olahraga renang pada anak usia dini salah satunya untuk meningkatkan kemampuan motorik. Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orangtua, guru, dan anak usia dini olahraga renang. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan kemampuan motoric anak usia dini

Article Details

How to Cite
Jariono, G., Subekti, N., Sistiasih, V. S., Fatoni, M., Sudarmanto, E., Indarto, P., Nurhidayat, N., Yudha Pradana, M. D., Sundoro, A. S., Bayu Kristiyadi, D. A., Mei Minawati, D. E., Destiana, A. A., Wulandari, W., Muhammad, R., Putra, G. B., Nyatara, S. D., & Marganingrum, T. (2022). PKM Pelatihan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Melalui Olahraga Renang. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 190–198. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.21963

References

  1. Anggraeni, A. D. (2019). Studi Fenomenologi: Pola Asuh Orangtua Pada Pembelajaran Motorik Halus Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i2.89.
  2. Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75.
  3. Erfan, M. (2017). Peran Guru Penjas Terhadap Kebugaran (Kesegaran) Jasmani Siswa. (Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.
  4. Ethasari, R. K., & Nuryanto, N. (2014). Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Dengan Kesegaran Jasmani Dan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri Padangsari 02 Banyumanik. Journal of Nutrition College. https://doi.org/10.14710/jnc.v3i3.6587.
  5. Fitri, D. H. A., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1011–1017.
  6. Hardiansyah, S. (2017). Pengaruh Metode Interval Training Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga. Jurnal PENJAKORA, 4(September), 83–92. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PENJAKORA/article/viewFile/13369/8401.
  7. Jariono, G., Sudarmanto, E., Kurniawan, A. T., Triadi, C., & Anisa, M. N. (2021). Pendampingan Pelatihan Kemampuan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Latihan High Intensity Interval Training. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1(2), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.53067/ijecsed.
  8. Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12.
  9. Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13.
  10. Sulaksono, G., Doktor, U., & Magetan, N. (2021). Analisis Kemampuan Motorik Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Pojok I Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi Tahun 2019 / 2020. UNWAHAS SPORT AND EDUCATIONS, 2(1), 1–8. http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/JESS/.
  11. Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347