Main Article Content

Abstract

Kondisi saat ini menunjukkan masih banyak tulisan anak berbentuk tulisan coretan dan posisi tangan anak memegang pensil yang masih kaku. Permasalahan ini didasari dari cara memegang pensil dengan postur yang salah, maka akan berdampak pada salah postur jari jemari, bahkan membuat anak tidak nyaman dalam menulis sehingga menyebabkan anak tidak mau belajar menulis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini fokus menstimulasi kemampuan menulis menggunakan holder writing tool edutainment di PAUD Al-Ikhlas Kota Bengkulu dengan sasaran para guru-guru dan anak usia dini. Tujuan pengabdian menstimulasi perkembangan menulis permulaan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah technical assistance dalam bentuk edukasi berupa penyuluhan dan pendampingan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya: 1) Perencanaan diawali dengan pembentukkan dan pembekalan tim, 2) Persiapan menentukan jadwal, pembelian peralatan, bahan penunjang dan pembinaan, 3) Pelaksanaan dengan memberikan edukasi pembinaan, pendampingan (diskusi dan praktek), penguatan (praktek), 4) Implementasi penerapan holder writing tool edutainment kepada anak usia dini. Hasil pengabdian berupa penerapan beberapa aktivitas holder writing tool edutainment yang dilakukan melalui tiga tahapan diantaranya 1) Menstimulasi holder writing tool edutainment melalui pengungkapan  pikiran dan perasaan dalam bentuk gambar, 2) Menstimulasi holder writing tool edutainment melalui pengungkapan pikiran dan perasaan dalam bentuk lambang, 3) Menstimulasi holder writing tool edutainment melalui pengungkapan  pikiran dan perasaan dalam bentuk kata. Kegiatan ini diupload di youtube dan diliput media online https://www.muaranews.com.

Keywords

Holder Writing Tool Menulis Permulaan Anak Usia Dini

Article Details

How to Cite
Daryati, M. E., Yulidesni, & Suryadi, D. (2022). Aktivitas Holder Writing Tool Edutainment dalam Menstimulasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(2), 373–386. https://doi.org/10.33369/dr.v20i2.21978

References

  1. Abdian Pranata, S. (2011). Pengaruh Abjad 8 (Alphabet 8s) dalam Mengatasi Kesulitan Menulis (Dysgraphia) dan Membaca (Dyslexia) Anak. UNS.
  2. Arif, Yudabbirul, Michael J. H. Louk, Siahaan, Jurdan Martin, Neolaka, Erwin S, Aisyiah, Intan Kamala. Pelatihan Penggunaan Alat Hurdle drillsdan Ladder DrillsBagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Penjas di Kota KupangProvinsi Nusa Tenggara Timur. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 19(2), 346.
  3. Brewer, J. A. (2007). Introduction To Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades. Pearson Education.
  4. Jalongo, M. R. (2007). Early Childhood Language Arts Fourth Edition. Pearson Education.
  5. Nurliana, Steffanie, Wiryono, Haryanto, Herry, Syarifuddin. (2021). Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 19(2), 270.
  6. Rehabmart. (2020). Pen/Pencil and Utensil Grips.
  7. Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology Third Edition. Mc Graw Hill.
  8. Selin. (2003). Educational Psychology (Grage, p. 67).
  9. Wati, G. M. (2012). Outbound Management Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. Educational Psychology Journal. Universitas Negeri Semarang
  10. Yarmani, Y. (2020). Petanque Sports Training And Socialization For Pjok Teachers In Mgmp Sukaraja, Kab. Seluma. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 18(1), 12-14.