Main Article Content
Abstract
Kondisi saat ini menunjukkan masih banyak tulisan anak berbentuk tulisan coretan dan posisi tangan anak memegang pensil yang masih kaku. Permasalahan ini didasari dari cara memegang pensil dengan postur yang salah, maka akan berdampak pada salah postur jari jemari, bahkan membuat anak tidak nyaman dalam menulis sehingga menyebabkan anak tidak mau belajar menulis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini fokus menstimulasi kemampuan menulis menggunakan holder writing tool edutainment di PAUD Al-Ikhlas Kota Bengkulu dengan sasaran para guru-guru dan anak usia dini. Tujuan pengabdian menstimulasi perkembangan menulis permulaan anak usia dini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah technical assistance dalam bentuk edukasi berupa penyuluhan dan pendampingan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya: 1) Perencanaan diawali dengan pembentukkan dan pembekalan tim, 2) Persiapan menentukan jadwal, pembelian peralatan, bahan penunjang dan pembinaan, 3) Pelaksanaan dengan memberikan edukasi pembinaan, pendampingan (diskusi dan praktek), penguatan (praktek), 4) Implementasi penerapan holder writing tool edutainment kepada anak usia dini. Hasil pengabdian berupa penerapan beberapa aktivitas holder writing tool edutainment yang dilakukan melalui tiga tahapan diantaranya 1) Menstimulasi holder writing tool edutainment melalui pengungkapan pikiran dan perasaan dalam bentuk gambar, 2) Menstimulasi holder writing tool edutainment melalui pengungkapan pikiran dan perasaan dalam bentuk lambang, 3) Menstimulasi holder writing tool edutainment melalui pengungkapan pikiran dan perasaan dalam bentuk kata. Kegiatan ini diupload di youtube dan diliput media online https://www.muaranews.com.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Melia Eka Daryati, Yulidesni, Didik Suryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdian Pranata, S. (2011). Pengaruh Abjad 8 (Alphabet 8s) dalam Mengatasi Kesulitan Menulis (Dysgraphia) dan Membaca (Dyslexia) Anak. UNS.
- Arif, Yudabbirul, Michael J. H. Louk, Siahaan, Jurdan Martin, Neolaka, Erwin S, Aisyiah, Intan Kamala. Pelatihan Penggunaan Alat Hurdle drillsdan Ladder DrillsBagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Penjas di Kota KupangProvinsi Nusa Tenggara Timur. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 19(2), 346.
- Brewer, J. A. (2007). Introduction To Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades. Pearson Education.
- Jalongo, M. R. (2007). Early Childhood Language Arts Fourth Edition. Pearson Education.
- Nurliana, Steffanie, Wiryono, Haryanto, Herry, Syarifuddin. (2021). Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 19(2), 270.
- Rehabmart. (2020). Pen/Pencil and Utensil Grips.
- Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology Third Edition. Mc Graw Hill.
- Selin. (2003). Educational Psychology (Grage, p. 67).
- Wati, G. M. (2012). Outbound Management Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. Educational Psychology Journal. Universitas Negeri Semarang
- Yarmani, Y. (2020). Petanque Sports Training And Socialization For Pjok Teachers In Mgmp Sukaraja, Kab. Seluma. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 18(1), 12-14.
References
Abdian Pranata, S. (2011). Pengaruh Abjad 8 (Alphabet 8s) dalam Mengatasi Kesulitan Menulis (Dysgraphia) dan Membaca (Dyslexia) Anak. UNS.
Arif, Yudabbirul, Michael J. H. Louk, Siahaan, Jurdan Martin, Neolaka, Erwin S, Aisyiah, Intan Kamala. Pelatihan Penggunaan Alat Hurdle drillsdan Ladder DrillsBagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Penjas di Kota KupangProvinsi Nusa Tenggara Timur. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 19(2), 346.
Brewer, J. A. (2007). Introduction To Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades. Pearson Education.
Jalongo, M. R. (2007). Early Childhood Language Arts Fourth Edition. Pearson Education.
Nurliana, Steffanie, Wiryono, Haryanto, Herry, Syarifuddin. (2021). Pelatihan Ecoprint Teknik Pounding Bagi Guru-Guru PAUD Haqiqi di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 19(2), 270.
Rehabmart. (2020). Pen/Pencil and Utensil Grips.
Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology Third Edition. Mc Graw Hill.
Selin. (2003). Educational Psychology (Grage, p. 67).
Wati, G. M. (2012). Outbound Management Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Tunagrahita. Educational Psychology Journal. Universitas Negeri Semarang
Yarmani, Y. (2020). Petanque Sports Training And Socialization For Pjok Teachers In Mgmp Sukaraja, Kab. Seluma. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 18(1), 12-14.