Main Article Content

Abstract

Kompetensi menulis bagi guru dan kepala sekolah menjadi tuntutan profesinya. Hal ini berkaitan dengan jenjang karir, bahwa guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan artikel atau karya ilmiah. Syarat ini kerap  menjadi masalah kenaikan   jenjang   pangkat bagi guru  mengingat rendahnya kemampuan dan minat menulis. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah guru di wilayah Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran tentang penulisan artikel ilmiah hasil dari PTK dan PTS serta kaidah menulis  karya  ilmiah,  dan  menulis  artikel  secara  profesional dan sesuai dengan ketentuan. Metode kegiatan yang dilaksanakan dengan active tutor learning untuk menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan kemampuan menulis artikel ilmiah. Hasil  dan  simpulan  kegiatan  pendampingan  ini  mencakup beberapa komponen, yaitu: (1) luaran kegiatan berupa artikel ilmiah yang terpublikasi; (2) pemahaman peserta terhadap menulis artikel; dan (3) minat peserta untuk menulis cukup baik.

Keywords

Active Tutor Learning Karya Tulis Guru PTK

Article Details

How to Cite
Sururi, Zaini Hafidh, Nurdin, Iik Nurulpaik, Kurnia Diandari, & Dewi Purnamasari. (2022). Active Tutor Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Menggunakan Metode Action Research bagi Guru dan Kepala Sekolah di Kabupaten Pangandaran. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(2), 432–443. https://doi.org/10.33369/dr.v20i2.24109

References

  1. Fitriyanti, P. D. (2018). Keefektifan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
  2. Hasanah, U. (2017). Strategi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di Sekolah Dasar ‘Aisyiyah Kamila Dinoyo Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
  3. Jumroh, S. F. A., & Haryati, H. (2020). Penulisan Jurnal Ilmiah Pada Guru Di Kabupaten Sorong Melalui Workshop Terpadu. Jurnal Abdimas Pengabdian Masyarakat, 3(1), 13-20
  4. Kaleka, M. B. U., Nasar, A., Daud, M. H., Ika, Y. E., & Harso, A. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Smp Rayon Kecamatan Nangapanda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), 47-54
  5. Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212.
  6. Rahmawati, L. E., & Thalia, N. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS Dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(2), 178-189.
  7. Rijal, F. (2018). Guru profesional dalam konsep kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328-346.
  8. Setiawan, Y. E. (2021). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta di IAIN Kediri. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 265-274.
  9. Suwarso, P. N., Emaliana, I., Rahmiati, I. I., & Lintangsari, A. (2022). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Artikel Jurnal bagi Guru Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 138-144.
  10. Tambak, S., & Sukenti, D. (2020). Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 41-66.