Main Article Content
Abstract
Kompetensi menulis bagi guru dan kepala sekolah menjadi tuntutan profesinya. Hal ini berkaitan dengan jenjang karir, bahwa guru wajib memenuhi syarat berupa penulisan artikel atau karya ilmiah. Syarat ini kerap menjadi masalah kenaikan jenjang pangkat bagi guru mengingat rendahnya kemampuan dan minat menulis. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah guru di wilayah Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran tentang penulisan artikel ilmiah hasil dari PTK dan PTS serta kaidah menulis karya ilmiah, dan menulis artikel secara profesional dan sesuai dengan ketentuan. Metode kegiatan yang dilaksanakan dengan active tutor learning untuk menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan kemampuan menulis artikel ilmiah. Hasil dan simpulan kegiatan pendampingan ini mencakup beberapa komponen, yaitu: (1) luaran kegiatan berupa artikel ilmiah yang terpublikasi; (2) pemahaman peserta terhadap menulis artikel; dan (3) minat peserta untuk menulis cukup baik.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 sururi, Zaini Hafidh, Nurdin, Iik Nurulpaik, Kurnia Diandari, Dewi Purnamasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Fitriyanti, P. D. (2018). Keefektifan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
- Hasanah, U. (2017). Strategi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di Sekolah Dasar ‘Aisyiyah Kamila Dinoyo Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
- Jumroh, S. F. A., & Haryati, H. (2020). Penulisan Jurnal Ilmiah Pada Guru Di Kabupaten Sorong Melalui Workshop Terpadu. Jurnal Abdimas Pengabdian Masyarakat, 3(1), 13-20
- Kaleka, M. B. U., Nasar, A., Daud, M. H., Ika, Y. E., & Harso, A. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Smp Rayon Kecamatan Nangapanda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), 47-54
- Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212.
- Rahmawati, L. E., & Thalia, N. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS Dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(2), 178-189.
- Rijal, F. (2018). Guru profesional dalam konsep kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328-346.
- Setiawan, Y. E. (2021). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta di IAIN Kediri. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 265-274.
- Suwarso, P. N., Emaliana, I., Rahmiati, I. I., & Lintangsari, A. (2022). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Artikel Jurnal bagi Guru Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 138-144.
- Tambak, S., & Sukenti, D. (2020). Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 41-66.
References
Fitriyanti, P. D. (2018). Keefektifan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Hasanah, U. (2017). Strategi guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di Sekolah Dasar ‘Aisyiyah Kamila Dinoyo Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Jumroh, S. F. A., & Haryati, H. (2020). Penulisan Jurnal Ilmiah Pada Guru Di Kabupaten Sorong Melalui Workshop Terpadu. Jurnal Abdimas Pengabdian Masyarakat, 3(1), 13-20
Kaleka, M. B. U., Nasar, A., Daud, M. H., Ika, Y. E., & Harso, A. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru Smp Rayon Kecamatan Nangapanda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG), 5(2), 47-54
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212.
Rahmawati, L. E., & Thalia, N. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS Dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Penelitian Humaniora, 13(2), 178-189.
Rijal, F. (2018). Guru profesional dalam konsep kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328-346.
Setiawan, Y. E. (2021). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta di IAIN Kediri. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 265-274.
Suwarso, P. N., Emaliana, I., Rahmiati, I. I., & Lintangsari, A. (2022). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Artikel Jurnal bagi Guru Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 138-144.
Tambak, S., & Sukenti, D. (2020). Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4(1), 41-66.