Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang mampu dalam manajemen waktu belajar. Hal ini terlihat dari adanya beberapa siswa yang sering terlambat mengirim tugas, kurang maksimalnya dalam menyetorkan hafalan pada mata pelajaran tertentu, serta mengerjakan PR di dalam kelas. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan konseling berbasis religi dengan menggunakan layanan informasi terhadap manajemen waktu belajar siswa di MTs Jaa alHaq Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktik melalui tahapan-tahapan dalam layanan informasi. Hasil dari kegiatan ini terlihat adanya perbedaan pemahaman memanajemen waktu belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan layanan konseling serta siswa memperoleh informasi tips dan trik dalam manajemen waktu belajar diberikan layanan bimbingan konseling berbasis religi melalui layanan informasi. Siswa juga terlihat antusias dalam kegiatan yang dilaksanakan tersebut. Layanan informasi berbasis religi mampu meningkatkan pemahaman siswa karena layanan ini dapat memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan mengenai manajemen waktu belajar dari materi yang  disampaikan, juga sebagai tempat untuk siswa menyampaikan pikiran dan pendapat serta berdiskusi untuk mendapatkan pengalaman dan informasi baru dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Keywords

Bimbingan Konseling Manajemen Waktu Religi Siswa

Article Details

Author Biography

Arsyadani Dani Mishbahuddin, Universitas Bengkulu

Dosen

How to Cite
Arsyadani Dani, Herawati, A. A., & Hadiwinarto, H. (2023). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Berbasis Religi untuk Manajemen Waktu Belajar pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Ja-alHaq Kota Bengkulu . Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(2), 187–200. https://doi.org/10.33369/dr.v21i2.24566

References

  1. Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189.
  2. Ardi, A. (2019). Peran Bimbingan Konseling Islam Mengatasi Kecanduan Game Online. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 802-810.
  3. Britton, B. K., & Tesser, A. (1991). Effects of Time-Management Practices on College Grades. Journal of Educational Psychology, 83(3), 405–410.
  4. Fajhriani. N, D. (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(3), 298–309.
  5. Faroh, W. N., Yuliati, D. M., & Pamungkas, I. B. (2019). Meraih Masa Depan Dengan Meningkatkan Motivasi Dalam Hal Manajemen Waktu Di Rumah Amalia. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 222–227.
  6. Fitri, E., Ifdil, I., & S., N. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84–92.
  7. Fitriah, N. (2016). Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Melaksanakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  8. Hidayah Quraisy, Suardi. (2016). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Writing Revolution.
  9. Jaya, T. P., & Suharso. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30–35.
  10. Kumalasari, R., & Susanto, B. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Bimbingan Konseling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Empati Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 20–27.
  11. Lubis, P. M. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Manajemen Waktu Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Swasta Bandung Bandar Setia T.A 2017/2018. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
  12. Musfah, J. (2021). Analisis kebijakan pendidikan: Pendidikan di era revolusi industri 4.0. Prenada Med
  13. Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 85-104.
  14. Saragih, S. R. (2017). Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Kontrak Perilaku Pada Siswa Kelas Viii-2 Smp N 5 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(344–352).
  15. Sona, D., & Yanti, U. D. (2020). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Sma IT Granada Samarinda. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 2(2), 1–11.
  16. Susanto, Ahmad. (2020). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep,Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada media Group.
  17. Sutoyo, A. (2017). Model bimbingan dan konseling sufistik untuk mengembangkan pribadi yang ‘alim dan saleh. Konseling religi: jurnal bimbingan konseling islam, 8(1), 1-22.
  18. Syahid, A., Tulung, J. M., Janis, Y., & Kalampung, Y. O. (2019). Generasi milenial: diskursus teologi, pendidikan, dinamika psikologis dan kelekatan pada agama di era banjir informasi.
  19. Tarmizi. (2018). Profesionalisasi Profesi Konselor Berwawasan Islami.Medan : Perdana Publishing.
  20. Yusran, M. (2020). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMP Negeri 1 Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).