Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang mampu dalam manajemen waktu belajar. Hal ini terlihat dari adanya beberapa siswa yang sering terlambat mengirim tugas, kurang maksimalnya dalam menyetorkan hafalan pada mata pelajaran tertentu, serta mengerjakan PR di dalam kelas. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan konseling berbasis religi dengan menggunakan layanan informasi terhadap manajemen waktu belajar siswa di MTs Jaa alHaq Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktik melalui tahapan-tahapan dalam layanan informasi. Hasil dari kegiatan ini terlihat adanya perbedaan pemahaman memanajemen waktu belajar siswa sebelum dan sesudah dilakukan layanan konseling serta siswa memperoleh informasi tips dan trik dalam manajemen waktu belajar diberikan layanan bimbingan konseling berbasis religi melalui layanan informasi. Siswa juga terlihat antusias dalam kegiatan yang dilaksanakan tersebut. Layanan informasi berbasis religi mampu meningkatkan pemahaman siswa karena layanan ini dapat memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan mengenai manajemen waktu belajar dari materi yang disampaikan, juga sebagai tempat untuk siswa menyampaikan pikiran dan pendapat serta berdiskusi untuk mendapatkan pengalaman dan informasi baru dengan lebih mudah dan menyenangkan.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Arsyadani dani Mishbahuddin, Anna Ayu Herawati, Hadiwinarto Hadiwinarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189.
- Ardi, A. (2019). Peran Bimbingan Konseling Islam Mengatasi Kecanduan Game Online. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 802-810.
- Britton, B. K., & Tesser, A. (1991). Effects of Time-Management Practices on College Grades. Journal of Educational Psychology, 83(3), 405–410.
- Fajhriani. N, D. (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(3), 298–309.
- Faroh, W. N., Yuliati, D. M., & Pamungkas, I. B. (2019). Meraih Masa Depan Dengan Meningkatkan Motivasi Dalam Hal Manajemen Waktu Di Rumah Amalia. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 222–227.
- Fitri, E., Ifdil, I., & S., N. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84–92.
- Fitriah, N. (2016). Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Melaksanakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
- Hidayah Quraisy, Suardi. (2016). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Writing Revolution.
- Jaya, T. P., & Suharso. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30–35.
- Kumalasari, R., & Susanto, B. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Bimbingan Konseling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Empati Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 20–27.
- Lubis, P. M. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Manajemen Waktu Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Swasta Bandung Bandar Setia T.A 2017/2018. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
- Musfah, J. (2021). Analisis kebijakan pendidikan: Pendidikan di era revolusi industri 4.0. Prenada Med
- Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 85-104.
- Saragih, S. R. (2017). Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Kontrak Perilaku Pada Siswa Kelas Viii-2 Smp N 5 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(344–352).
- Sona, D., & Yanti, U. D. (2020). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Sma IT Granada Samarinda. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 2(2), 1–11.
- Susanto, Ahmad. (2020). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep,Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada media Group.
- Sutoyo, A. (2017). Model bimbingan dan konseling sufistik untuk mengembangkan pribadi yang ‘alim dan saleh. Konseling religi: jurnal bimbingan konseling islam, 8(1), 1-22.
- Syahid, A., Tulung, J. M., Janis, Y., & Kalampung, Y. O. (2019). Generasi milenial: diskursus teologi, pendidikan, dinamika psikologis dan kelekatan pada agama di era banjir informasi.
- Tarmizi. (2018). Profesionalisasi Profesi Konselor Berwawasan Islami.Medan : Perdana Publishing.
- Yusran, M. (2020). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMP Negeri 1 Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
References
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189.
Ardi, A. (2019). Peran Bimbingan Konseling Islam Mengatasi Kecanduan Game Online. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 802-810.
Britton, B. K., & Tesser, A. (1991). Effects of Time-Management Practices on College Grades. Journal of Educational Psychology, 83(3), 405–410.
Fajhriani. N, D. (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(3), 298–309.
Faroh, W. N., Yuliati, D. M., & Pamungkas, I. B. (2019). Meraih Masa Depan Dengan Meningkatkan Motivasi Dalam Hal Manajemen Waktu Di Rumah Amalia. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 222–227.
Fitri, E., Ifdil, I., & S., N. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84–92.
Fitriah, N. (2016). Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Melaksanakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hidayah Quraisy, Suardi. (2016). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Writing Revolution.
Jaya, T. P., & Suharso. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30–35.
Kumalasari, R., & Susanto, B. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Bimbingan Konseling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Empati Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 20–27.
Lubis, P. M. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Manajemen Waktu Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Swasta Bandung Bandar Setia T.A 2017/2018. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Musfah, J. (2021). Analisis kebijakan pendidikan: Pendidikan di era revolusi industri 4.0. Prenada Med
Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(1), 85-104.
Saragih, S. R. (2017). Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Kontrak Perilaku Pada Siswa Kelas Viii-2 Smp N 5 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(344–352).
Sona, D., & Yanti, U. D. (2020). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Belajar Siswa Sma IT Granada Samarinda. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 2(2), 1–11.
Susanto, Ahmad. (2020). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep,Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada media Group.
Sutoyo, A. (2017). Model bimbingan dan konseling sufistik untuk mengembangkan pribadi yang ‘alim dan saleh. Konseling religi: jurnal bimbingan konseling islam, 8(1), 1-22.
Syahid, A., Tulung, J. M., Janis, Y., & Kalampung, Y. O. (2019). Generasi milenial: diskursus teologi, pendidikan, dinamika psikologis dan kelekatan pada agama di era banjir informasi.
Tarmizi. (2018). Profesionalisasi Profesi Konselor Berwawasan Islami.Medan : Perdana Publishing.
Yusran, M. (2020). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMP Negeri 1 Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).