Main Article Content

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan menentukan akar pangkat tiga bilangan bulat dengan cepat melalui metode DUPAN TITU bagi guru-guru SDN 10 Pondok Kelapa. Hal ini berdasarkan hasil survei awal di sekolah tersebut menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa kelas V masih mengalami kesulitan dalam menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan serta guru-guru belum pernah mengajarkan metode alternatif selain metode biasa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliрuti: Seminar, Demonstrasi, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas terbimbing serta monitoring dan evaluasi. Guru-guru SDN Pondok kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah pada awalnya sebanyak 100% belum memiliki pengetahuan tentang metode DUPAN TITU. Setelah kegiatan workshop ini, semua guru-guru sudah memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang metode DUPAN TITU, secara umum  respon guru terhadap kegiatan ini sangat baik (positif) serta motivasi mereka sangat tinggi. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan.

Keywords

Akar Pangkat Tiga, Bilangan Bulat Metode Alternatif

Article Details

Author Biography

Nurul Astuty Yensy, Universitas Bengkulu

S1 matematika fmipa UNSRI palembang

S2 statistika IPB bogor

How to Cite
Yensy, N. A. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Menentukan Akar Pangkat Tiga Bilangan Bulat dengan Cepat melalui Metode DUPAN TITU bagi Guru SDN 10 Pondok Kelapa. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(1), 68–78. https://doi.org/10.33369/dr.v21i1.25007

References

  1. Azizah, I. M. (2018). Applying PAIKEM Learning Model to Improve Activities and Results of Accounting Learning. The 3rd Progressive and Fun Education. Surabaya: University Muhammadiyah of Sumatera Utara.
  2. Lynn West, Bellevue, NE. (2011). An Introduction to Various Multiplication Strategies. Washington. USA. Merrill Prentice Hall.
  3. Marifah, H. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Bersusun Ke Bawah dengan Media Papan Napier pada Pembelajaran Matematika bagi Siswa Kelas III SD Dapuan Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. PGSD FKIP.
  4. Muhsetyo, Gatot dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  5. Priyono. (2018). The Implementation of PAIKEM (Active, Innovative, Creative, Effective And Exciting Learning) and Conventional Learning Method. Journal of Social Studies Education Research, 124-137.
  6. Shobikhah, K. (2017). The Effect of Paikem Learning Model within Direct. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 173. 159-162. Surabaya: Atlantis Press.
  7. Suherman (2016). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jica Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
  8. Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  9. Wijaya, A.D., (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia. Prosiding pada Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. Universitas Padjadjaran Bandung.Sabtu 21 November.
  10. Wiyono. (2018). Dunia Matematika 5. Solo: Tiga Serangkai.
  11. Yensy, N A, (2019). Metode Alternatif Mengkuadratkan Bilangan Bulat yang Mudah dan Menyenangkan. Prosiding Seminar Nasional. Bengkulu: Pendidikan Kimia FKIP Universitas Bengkulu.
  12. Yensy, N.A. (2020a). Metode Alternatif Menentukan KPK dan FPB Suatu Bilangan Bulat dengan Menggunakan Alat Peraga. PENDIPA Journal of Science Education, 2020: 4(2), 107-114.
  13. Yensy, N. A. (2020b), The Alternative Multiplication Method Training for Teachers of SD N 10 Pondok Kelapa, Scientific Journal of Development and Application of Science and Technology: Dharma Raflesia, 18th Edition 35-46.
  14. Yul Alfian Hadi, N. D. (2017). Pengaruh Strategi Paikem Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 6. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha , Program Studi Pendidikan Dasar.