Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini berjudul Pemberdayaan Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara Sadar Potensi Wisata Melalui Penerapan IPTEKS Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing  Destination Publication Sport Tourism Tujuan pengabdian ini untuk untuk menambah pengetahuan Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara tentang Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing  Destination Publication Sport Tourism. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dengan cara ceramah dan tanya jawab serta mengadakan praktek langsung bagi para peserta pelatihan. Kegiatan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Filmora Untuk Meningkatkan Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing  Destination Publication Sport Tourism. dan  dilaksanakan 2 hari  pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Dan minggu pada pukul 08.00 sampai dengan  pukul 11.00 WIB Peserta kegiatan ini adalah Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara berjumlah 20 orang Pelatihan ini menghasilkan peningkatan pengetahuan pemuda Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara tentang penggunaan Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing  Destination Publication Sport Tourism yaitu sebagai berikut: pengetahuan awal sebelum pelatihan Penggunaan Aplikasi filmora Untuk Meningkatkan Keterampilan pembuatan video marketing sebesar 43%, pengetahuan setelah Penggunaan Aplikasi filmora Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dan Publikasi Pada Guru-Guru sebesar 86.50%.

Keywords

Destination Publication Sport Tourism Filmora Ipteks Karang Taruna

Article Details

How to Cite
Ilahi, B. R., Septian Raibowo, & Fina Hiasa. (2023). Pemberdayaan Karang Taruna Desa Kemumu Sadar Potensi Wisata Melalui Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing Destination Publication Sport Tourism. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(1), 36–46. https://doi.org/10.33369/dr.v21i1.25288

References

  1. Al-Jauhari, A. (2021). Panduan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Sosial Melalui Dekonsentrasi Dan Tugas Pembantuan. Dialog, 44(1), I–Vi. Https://Doi.Org/10.47655/Dialog.V44i1.470
  2. Andriyani, A. A. I., Martono, E., & Muhamad. (2014). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata dan Implikasinya terhadap Ketahanan Sosial Budaya. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 16. http://jurnal.ugm.ac.id/JKN%0AVOLUME
  3. Angelevska, N, K., & Rakicevik, G. (2012). Planning of Sustainable Tourism Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 44, 210–220. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.022
  4. Astutik, S. (2020). Science , Engineering , Education , and Development Studies ( SEEDS ): Conference Series. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS), 4(2), 80–86.
  5. Christens, B. D. (2012). Targeting empowerment in community development: A community psychology approach to enhancing local power and well-being. Community Development Journal, 47(4), 538–554. https://doi.org/10.1093/cdj/bss031
  6. Daniawati, N., Suryana, & Supriatna, U. (2021). Pengembangan Potensi Desa Wisata Lembur Awi Di Desa Jatisari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Geoarea, 04(02), 1–14.
  7. Kamil, M. (2017). Model-Model Pelatihan. Academia, 191–199.
  8. Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Principles of Marketing. Academia.Edu.
  9. Kusmana, E., & Garis, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL ) Wilayah Binaan Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Jurnal Moderat, 5(4), 460–473.
  10. Murdiastuti, A., Rohman, H., & Suji. (2014). Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berbasis Democratic Governance. In Buku Pustaka Radja.
  11. Nordin, A. O. S., Tuan Lonik, K. A., & Jaafar, M. (2014). Empowering Local Communities through Tourism Entrepreneurship: The Case of Micro Tourism Entrepreneurs in Langkawi Island. SHS Web of Conferences, 12, 01101. https://doi.org/10.1051/shsconf/20141201101
  12. Nurbaeti, N., Damanik, J., Baiquni, M., & Nopirin, N. (2015). Daya Saing Teknologi Destinasi Pariwisata Dki Jakarta Berdasarkan Persepsi Wisatawan. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 9(03), 31–42. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v9i03.137
  13. Oman, S. (2010). Pengembangan Komunitas Berbasis Potensi Lokal ( Studi Di Desa Wisata Bunga Sidomulyo , Kota Batu-Jawa Timur ). Humanity, 6, 59–64.
  14. Saputri, M. S. (2020). Pengembangan Media Animasi 2 Dimensi Dengan Bantuan Aplikasi Wondershare Filmora Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Kelas. Repository.Radenintan.Ac.Id, 3, 1–9.
  15. Syaripuddin. (2020). Peningkatan Perekonomian Masyarakat ( Kabupaten Aceh Tengah ) Disertasi Syaripuddin Program Studi S-3 Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Repository.Uinsu.Ac.Id, 3(2), 23–29.
  16. Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). E-Journal “Acta Diurna,” V(2), 1–13.
  17. Wanti, E. S., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Animasi 2 Dimensi Berbantuan Aplikasi Wondershare Filmora Pada Materi Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Animasi 2 Dimensi Berbantuan. Repository.Radenintan.Ac.Id.