Main Article Content
Abstract
Kegiatan ini berjudul Pemberdayaan Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara Sadar Potensi Wisata Melalui Penerapan IPTEKS Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing Destination Publication Sport Tourism Tujuan pengabdian ini untuk untuk menambah pengetahuan Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara tentang Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing Destination Publication Sport Tourism. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dengan cara ceramah dan tanya jawab serta mengadakan praktek langsung bagi para peserta pelatihan. Kegiatan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Filmora Untuk Meningkatkan Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing Destination Publication Sport Tourism. dan dilaksanakan 2 hari pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Dan minggu pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB Peserta kegiatan ini adalah Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara berjumlah 20 orang Pelatihan ini menghasilkan peningkatan pengetahuan pemuda Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara tentang penggunaan Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing Destination Publication Sport Tourism yaitu sebagai berikut: pengetahuan awal sebelum pelatihan Penggunaan Aplikasi filmora Untuk Meningkatkan Keterampilan pembuatan video marketing sebesar 43%, pengetahuan setelah Penggunaan Aplikasi filmora Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dan Publikasi Pada Guru-Guru sebesar 86.50%.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Bogy Restu Ilahi, Septian Raibowo, Fina Hiasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Al-Jauhari, A. (2021). Panduan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Sosial Melalui Dekonsentrasi Dan Tugas Pembantuan. Dialog, 44(1), I–Vi. Https://Doi.Org/10.47655/Dialog.V44i1.470
- Andriyani, A. A. I., Martono, E., & Muhamad. (2014). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata dan Implikasinya terhadap Ketahanan Sosial Budaya. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 16. http://jurnal.ugm.ac.id/JKN%0AVOLUME
- Angelevska, N, K., & Rakicevik, G. (2012). Planning of Sustainable Tourism Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 44, 210–220. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.022
- Astutik, S. (2020). Science , Engineering , Education , and Development Studies ( SEEDS ): Conference Series. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS), 4(2), 80–86.
- Christens, B. D. (2012). Targeting empowerment in community development: A community psychology approach to enhancing local power and well-being. Community Development Journal, 47(4), 538–554. https://doi.org/10.1093/cdj/bss031
- Daniawati, N., Suryana, & Supriatna, U. (2021). Pengembangan Potensi Desa Wisata Lembur Awi Di Desa Jatisari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Geoarea, 04(02), 1–14.
- Kamil, M. (2017). Model-Model Pelatihan. Academia, 191–199.
- Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Principles of Marketing. Academia.Edu.
- Kusmana, E., & Garis, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL ) Wilayah Binaan Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Jurnal Moderat, 5(4), 460–473.
- Murdiastuti, A., Rohman, H., & Suji. (2014). Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berbasis Democratic Governance. In Buku Pustaka Radja.
- Nordin, A. O. S., Tuan Lonik, K. A., & Jaafar, M. (2014). Empowering Local Communities through Tourism Entrepreneurship: The Case of Micro Tourism Entrepreneurs in Langkawi Island. SHS Web of Conferences, 12, 01101. https://doi.org/10.1051/shsconf/20141201101
- Nurbaeti, N., Damanik, J., Baiquni, M., & Nopirin, N. (2015). Daya Saing Teknologi Destinasi Pariwisata Dki Jakarta Berdasarkan Persepsi Wisatawan. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 9(03), 31–42. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v9i03.137
- Oman, S. (2010). Pengembangan Komunitas Berbasis Potensi Lokal ( Studi Di Desa Wisata Bunga Sidomulyo , Kota Batu-Jawa Timur ). Humanity, 6, 59–64.
- Saputri, M. S. (2020). Pengembangan Media Animasi 2 Dimensi Dengan Bantuan Aplikasi Wondershare Filmora Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Kelas. Repository.Radenintan.Ac.Id, 3, 1–9.
- Syaripuddin. (2020). Peningkatan Perekonomian Masyarakat ( Kabupaten Aceh Tengah ) Disertasi Syaripuddin Program Studi S-3 Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Repository.Uinsu.Ac.Id, 3(2), 23–29.
- Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). E-Journal “Acta Diurna,” V(2), 1–13.
- Wanti, E. S., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Animasi 2 Dimensi Berbantuan Aplikasi Wondershare Filmora Pada Materi Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Animasi 2 Dimensi Berbantuan. Repository.Radenintan.Ac.Id.
References
Al-Jauhari, A. (2021). Panduan Pelaksanaan Program Pemberdayaan Sosial Melalui Dekonsentrasi Dan Tugas Pembantuan. Dialog, 44(1), I–Vi. Https://Doi.Org/10.47655/Dialog.V44i1.470
Andriyani, A. A. I., Martono, E., & Muhamad. (2014). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Desa Wisata dan Implikasinya terhadap Ketahanan Sosial Budaya. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 16. http://jurnal.ugm.ac.id/JKN%0AVOLUME
Angelevska, N, K., & Rakicevik, G. (2012). Planning of Sustainable Tourism Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 44, 210–220. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.022
Astutik, S. (2020). Science , Engineering , Education , and Development Studies ( SEEDS ): Conference Series. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS), 4(2), 80–86.
Christens, B. D. (2012). Targeting empowerment in community development: A community psychology approach to enhancing local power and well-being. Community Development Journal, 47(4), 538–554. https://doi.org/10.1093/cdj/bss031
Daniawati, N., Suryana, & Supriatna, U. (2021). Pengembangan Potensi Desa Wisata Lembur Awi Di Desa Jatisari Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Geoarea, 04(02), 1–14.
Kamil, M. (2017). Model-Model Pelatihan. Academia, 191–199.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Principles of Marketing. Academia.Edu.
Kusmana, E., & Garis, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL ) Wilayah Binaan Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Jurnal Moderat, 5(4), 460–473.
Murdiastuti, A., Rohman, H., & Suji. (2014). Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berbasis Democratic Governance. In Buku Pustaka Radja.
Nordin, A. O. S., Tuan Lonik, K. A., & Jaafar, M. (2014). Empowering Local Communities through Tourism Entrepreneurship: The Case of Micro Tourism Entrepreneurs in Langkawi Island. SHS Web of Conferences, 12, 01101. https://doi.org/10.1051/shsconf/20141201101
Nurbaeti, N., Damanik, J., Baiquni, M., & Nopirin, N. (2015). Daya Saing Teknologi Destinasi Pariwisata Dki Jakarta Berdasarkan Persepsi Wisatawan. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 9(03), 31–42. https://doi.org/10.47256/kepariwisataan.v9i03.137
Oman, S. (2010). Pengembangan Komunitas Berbasis Potensi Lokal ( Studi Di Desa Wisata Bunga Sidomulyo , Kota Batu-Jawa Timur ). Humanity, 6, 59–64.
Saputri, M. S. (2020). Pengembangan Media Animasi 2 Dimensi Dengan Bantuan Aplikasi Wondershare Filmora Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Kelas. Repository.Radenintan.Ac.Id, 3, 1–9.
Syaripuddin. (2020). Peningkatan Perekonomian Masyarakat ( Kabupaten Aceh Tengah ) Disertasi Syaripuddin Program Studi S-3 Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Repository.Uinsu.Ac.Id, 3(2), 23–29.
Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). E-Journal “Acta Diurna,” V(2), 1–13.
Wanti, E. S., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Animasi 2 Dimensi Berbantuan Aplikasi Wondershare Filmora Pada Materi Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Animasi 2 Dimensi Berbantuan. Repository.Radenintan.Ac.Id.