Main Article Content

Abstract

Di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar terdapat Desa Wonosari. Mayoritas masyarakat yang tinggal di Desa Wonosari bermata pencaharian di bidang pertanian sebagai petani, buruh tani, buruh harian lepas, dan dalam beberapa hal sebagai wiraswasta. Namun demikian banyak orang tua yang tetap menyekolahkan anaknya ke sekolah menengah atas meskipun sebagian besar dari mereka yang bekerja di industri dan berpendidikan SLTA atau SLTP. Anak-anak memang ditakdirkan untuk belajar, namun kenyataannya banyak orang tua yang terlalu disibukkan dengan bekerja, baik di ladang sendiri maupun sebagai buruh tani. Hasil pendampingan Bidang Pendidikan, yaitu (a) bimbingan belajar bagi siswa SD dan TK; (b) pembelajaran menggambar untuk siswa SD kelas 1, 2, dan TK; (c) pembelajaran membaca pidato untuk siswa SD kelas 4 dan 5; (d) pembelajaran membaca puisi untuk siswa SD kelas 3; (e) menggambar, Menggambar, Berpidato dan Membaca Puisi; dan (f) Mengajar TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an).

Keywords

Pendampingan Pendidikan Sdgs

Article Details

How to Cite
Jariono, G., Nurhidayat, Pungki Indarto, Eko Sudarmanto, Muhad Fatoni, Qonita Binti Zuraida, Rinda Ristiyani, Rudfiando Ikhsan Putra, Nur Ikhlasul Amal, Novia Wahyu Ningsih, Nur Hasanah Al Imama, Putri Lestari, Rachma Regita Sukamto, Rehan Husnah Novizilia, & Risa Atika Nugraheni. (2023). Pendampingan Pelaksanaan Pendidikan Sebagai Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) Masyarakat Desa Wonosari Kecamatan Gondangrejo. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(1), 25–35. https://doi.org/10.33369/dr.v21i1.27487

References

  1. Allen, C., Metternicht, G., & Wiedmann, T. (2016). National pathways to the Sustainable Development Goals (SDGs): A comparative review of scenario modeling tools. Environmental Science and Policy, 66, 199–207. https://doi.org/10.1016/j.envsci.2016.09.008
  2. Ariani, D., & Juraida, I. (2019). Eksistensi perempuan Suku Sasak dalam pembangunan berkelanjutan di bidang ekowisata Desa Sembalun Lawang. Community: Pengawas Dinamika Sosial, 5(2), 106–115.
  3. Budy S, T. I. (2022). Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Guna Mencapai Tujuan SDGs Melalui Penyuluhan Pengelolaan Air Bersih pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kalimas Kabupaten Situbondo. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 3(1), 125–133. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.4938
  4. Husain, N., Rohandi, M., Latief, M., Mulyanto, A., & Kadim, A. A. (2022). Pendampingan Masyarakat Desa Lakeya Dalam Pencapaian SDGs Desa. DEVOTION: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 31–37.
  5. Kroll, C., Warchold, A., & Pradhan, P. (2019). Sustainable Development Goals (SDGs): Are we successful in turning trade-offs into synergies? Palgrave Communications, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.1057/s41599-019-0335-5
  6. Linggarwati, T., Haryanto, A., Miryanti, R., & Darmawan, A. B. (2021). Implementasi SDGs di Desa Pandak, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers "Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan XI”, 361–368. https://kemendesa.go.id/berita/view/detil/3415/mendes-pdtt-jadikan-sdgs-desa-sebagai-langkah-
  7. Rosati, F., & Faria, L. G. D. (2019). Addressing the SDGs in sustainability reports: The relationship with institutional factors. Journal of Cleaner Production, 215, 1312–1326. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.12.107
  8. Surya, R. Z. (2019). Analisa Keselarasan Sdgs Dengan Program Pembangunan Desa Seresam Di Desa Seresam Di Kabupaten Indragiri Hulu. Selodang Mayang, 5(2), 79–84.
  9. Sutrisna, I. W. (2021). Implementasi Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Jurnal Ilmiah Cakrawarti, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47532/jic.v4i1.239