Main Article Content

Abstract

Kegiatan ini berjudul Pelatihan Penggunaan Aplikasi Padlet Untuk Penunjang Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif Era Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak SDN 149 Seluma. Tujuan pengabdian ini untuk untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mengajar pada  tenaga pengajar di Sekolah Penggerak SDN 149 Seluma tentang Peningkatan Kompetensi dan Literasi Teknologi dalam pembelajaran dengan Metode yang kami gunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dengan cara ceramah dan tanya jawab serta mengadakan praktek langsung dilanjutkan simulasi bagi para peserta pelatihan. Kegiatan Pelatihan Penggunaan Ipteks berupa Aplikasi Padlet Untuk Untuk Penunjang Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif Era Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak yaitu SDN 149 Seluma. Peserta kegiatan ini adalah Tenaga Pendidik Pada Sekolah Penggerak yaitu SDN 149 Seluma berjumlah 14 orang. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan bisa menjawab permasalahan yang ada, dimana manfaat yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan adalah; (1) Terampil menggunakan Aplikasi Padlet yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar mengajar, (2) Meningkatkan pengetahuan guru mengenai pemanfaatan teknologi untuk menunjang pembelajaran yang interaktif dan komunikatif, (3) Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam hal mempersiapkan perangkat pembelajaran yang inovatif, dan (4) Membantu guru untuk menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas melalui Aplikasi Padlet.

Keywords

Aplikasi Padlet Era Merdeka Belajar Interaktif Komunikatif

Article Details

How to Cite
Bogy Restu Ilahi, Adif Jawadi Saputra, & Andes Permadi. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Padlet untuk Penunjang Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif Era Merdeka Belajar pada Sekolah Penggerak SDN 149 Seluma. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(2), 280–290. https://doi.org/10.33369/dr.v21i2.28354

References

  1. Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.
  2. Ambarita, J., Jarwati, S. P. K., & Restanti, D. K. (2021). Pembelajaran Luring. Penerbit Adab.
  3. Andriani, R., & Suratman, A. (2021). Media pembelajaran berbasis andrioid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 56–65. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.10654
  4. Daryono, D., Fuat, F., Firmansyah, M. B., Ahsana, A., Rokhmawan, T., Nuraisah, R., & Hadi, S. (2020). Panduan Pembelajaran Via Simulasi Digital (SIMDIG). Lembaga Academic & Research Institute.
  5. Enayati, F., & Gilakjani, A. P. (2020). The impact of computer assisted language learning (CALL) on improving intermediate EFL learners’ vocabulary learning. International Journal of Language Education, 4(1), 96–112. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.10560
  6. Halimah, H., Salsabila, V. A., & Kurniawati, N. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Era Milenial. Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 161-173.
  7. Haris, M., Yunus, M., & Badusah., J. (2017). the Effectiveness of Using Padlet in Esl Classroom. International Journal of Advanced Research, 5(2), 783–788. https://doi.org/10.21474/ijar01/3214
  8. Ismail SM,. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis (Semarang : Rasail Media Group)
  9. Khosiyono, B. H. C., Fajarudin, M., Jayanti, E. D., Sari, R. V., Srikonita, R., Isnaini, L., ... & Astuti, D. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Deepublish.
  10. Madura, I. A. I. N. (2021). Bersinergi Dalam Menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19. Resiliensi, Inovasi dan motivasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas, 63.
  11. Mahendrayana, G., Juniarta, P. A. K., Dewi, K. S., & Armawan, I. K. (2022). Pemanfaatan padlet sebagai media pembelajaran online dalam konteks hybrid learning. Proceeding senadimas undiksha, 855.
  12. Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN. (A. Daulay (ed.)). PERDANA PUBLISHING.
  13. Nofrion, N. (2021). Padlet sebagai platform pembelajaran daring pada masa pandemi (sebuah panduan sederhana).
  14. Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.
  15. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
  16. Pramesti, P. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Politeknik LP3I Kampus Utama Bandung (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Mata Kuliah Archive Management). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 169-181.
  17. Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
  18. Shihab, N. (2021). Teknologi Untuk Masa Depan Hadir Di Pembelajaran Masa Kini. Lentera Hati.
  19. Susanto, F., Rahayu, E. M., Hidayat, R., Hertiki, & Nungki, A. (2021). Pemanfaatan Moda Aplikasi Padlet untuk Keterampilan Membaca dan Menulis bagi Guru-Guru SMA / K Se-Kabupaten Sidoarjo. Kanigara: Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat, I(2), 84–95.
  20. Sutadi, B., & Vidya, A. (2020). Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Ananta Vidya.