Main Article Content
Abstract
Kegiatan ini berjudul Pelatihan Penggunaan Aplikasi Padlet Untuk Penunjang Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif Era Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak SDN 149 Seluma. Tujuan pengabdian ini untuk untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mengajar pada tenaga pengajar di Sekolah Penggerak SDN 149 Seluma tentang Peningkatan Kompetensi dan Literasi Teknologi dalam pembelajaran dengan Metode yang kami gunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dengan cara ceramah dan tanya jawab serta mengadakan praktek langsung dilanjutkan simulasi bagi para peserta pelatihan. Kegiatan Pelatihan Penggunaan Ipteks berupa Aplikasi Padlet Untuk Untuk Penunjang Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif Era Merdeka Belajar Pada Sekolah Penggerak yaitu SDN 149 Seluma. Peserta kegiatan ini adalah Tenaga Pendidik Pada Sekolah Penggerak yaitu SDN 149 Seluma berjumlah 14 orang. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan bisa menjawab permasalahan yang ada, dimana manfaat yang diharapkan setelah mengikuti pelatihan adalah; (1) Terampil menggunakan Aplikasi Padlet yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar mengajar, (2) Meningkatkan pengetahuan guru mengenai pemanfaatan teknologi untuk menunjang pembelajaran yang interaktif dan komunikatif, (3) Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam hal mempersiapkan perangkat pembelajaran yang inovatif, dan (4) Membantu guru untuk menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas melalui Aplikasi Padlet.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Bogy Restu Ilahi, Adif Jawadi Saputra, Andes Permadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.
- Ambarita, J., Jarwati, S. P. K., & Restanti, D. K. (2021). Pembelajaran Luring. Penerbit Adab.
- Andriani, R., & Suratman, A. (2021). Media pembelajaran berbasis andrioid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 56–65. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.10654
- Daryono, D., Fuat, F., Firmansyah, M. B., Ahsana, A., Rokhmawan, T., Nuraisah, R., & Hadi, S. (2020). Panduan Pembelajaran Via Simulasi Digital (SIMDIG). Lembaga Academic & Research Institute.
- Enayati, F., & Gilakjani, A. P. (2020). The impact of computer assisted language learning (CALL) on improving intermediate EFL learners’ vocabulary learning. International Journal of Language Education, 4(1), 96–112. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.10560
- Halimah, H., Salsabila, V. A., & Kurniawati, N. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Era Milenial. Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 161-173.
- Haris, M., Yunus, M., & Badusah., J. (2017). the Effectiveness of Using Padlet in Esl Classroom. International Journal of Advanced Research, 5(2), 783–788. https://doi.org/10.21474/ijar01/3214
- Ismail SM,. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis (Semarang : Rasail Media Group)
- Khosiyono, B. H. C., Fajarudin, M., Jayanti, E. D., Sari, R. V., Srikonita, R., Isnaini, L., ... & Astuti, D. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Deepublish.
- Madura, I. A. I. N. (2021). Bersinergi Dalam Menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19. Resiliensi, Inovasi dan motivasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas, 63.
- Mahendrayana, G., Juniarta, P. A. K., Dewi, K. S., & Armawan, I. K. (2022). Pemanfaatan padlet sebagai media pembelajaran online dalam konteks hybrid learning. Proceeding senadimas undiksha, 855.
- Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN. (A. Daulay (ed.)). PERDANA PUBLISHING.
- Nofrion, N. (2021). Padlet sebagai platform pembelajaran daring pada masa pandemi (sebuah panduan sederhana).
- Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.
- Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
- Pramesti, P. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Politeknik LP3I Kampus Utama Bandung (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Mata Kuliah Archive Management). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 169-181.
- Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
- Shihab, N. (2021). Teknologi Untuk Masa Depan Hadir Di Pembelajaran Masa Kini. Lentera Hati.
- Susanto, F., Rahayu, E. M., Hidayat, R., Hertiki, & Nungki, A. (2021). Pemanfaatan Moda Aplikasi Padlet untuk Keterampilan Membaca dan Menulis bagi Guru-Guru SMA / K Se-Kabupaten Sidoarjo. Kanigara: Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat, I(2), 84–95.
- Sutadi, B., & Vidya, A. (2020). Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Ananta Vidya.
References
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Ambarita, J., Jarwati, S. P. K., & Restanti, D. K. (2021). Pembelajaran Luring. Penerbit Adab.
Andriani, R., & Suratman, A. (2021). Media pembelajaran berbasis andrioid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 56–65. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.10654
Daryono, D., Fuat, F., Firmansyah, M. B., Ahsana, A., Rokhmawan, T., Nuraisah, R., & Hadi, S. (2020). Panduan Pembelajaran Via Simulasi Digital (SIMDIG). Lembaga Academic & Research Institute.
Enayati, F., & Gilakjani, A. P. (2020). The impact of computer assisted language learning (CALL) on improving intermediate EFL learners’ vocabulary learning. International Journal of Language Education, 4(1), 96–112. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.10560
Halimah, H., Salsabila, V. A., & Kurniawati, N. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Era Milenial. Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 161-173.
Haris, M., Yunus, M., & Badusah., J. (2017). the Effectiveness of Using Padlet in Esl Classroom. International Journal of Advanced Research, 5(2), 783–788. https://doi.org/10.21474/ijar01/3214
Ismail SM,. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis (Semarang : Rasail Media Group)
Khosiyono, B. H. C., Fajarudin, M., Jayanti, E. D., Sari, R. V., Srikonita, R., Isnaini, L., ... & Astuti, D. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Deepublish.
Madura, I. A. I. N. (2021). Bersinergi Dalam Menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19. Resiliensi, Inovasi dan motivasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas, 63.
Mahendrayana, G., Juniarta, P. A. K., Dewi, K. S., & Armawan, I. K. (2022). Pemanfaatan padlet sebagai media pembelajaran online dalam konteks hybrid learning. Proceeding senadimas undiksha, 855.
Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN. (A. Daulay (ed.)). PERDANA PUBLISHING.
Nofrion, N. (2021). Padlet sebagai platform pembelajaran daring pada masa pandemi (sebuah panduan sederhana).
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pramesti, P. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Politeknik LP3I Kampus Utama Bandung (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Mata Kuliah Archive Management). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(2), 169-181.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Shihab, N. (2021). Teknologi Untuk Masa Depan Hadir Di Pembelajaran Masa Kini. Lentera Hati.
Susanto, F., Rahayu, E. M., Hidayat, R., Hertiki, & Nungki, A. (2021). Pemanfaatan Moda Aplikasi Padlet untuk Keterampilan Membaca dan Menulis bagi Guru-Guru SMA / K Se-Kabupaten Sidoarjo. Kanigara: Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat, I(2), 84–95.
Sutadi, B., & Vidya, A. (2020). Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Ananta Vidya.