Main Article Content

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran geometri transformasi berbantuan geogebra bertujuan untuk membekali para guru matematika SMA/MA Kota Bengkulu dalam menghadapi pembelajaran abad 21. Kegiatan pengabdian pada masyarakat telah dilaksanakan secara tatap muka di SMA IT IQRA Kota Bengkulu pada tanggal 21 Mei 2023  yang diikuti oleh 30 peserta dan dilanjutkan secara mandiri sampai tuntas. Kegiatan ini melibatkan beberapa mahasiswa yang menguasai program aplikasi geogebra. Peserta diminta menjawab Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang terdapat pada buku penuntun dan mengisi angket respon berupa skala Likert. Angket respon yang dikembalikan peserta berjumlah 30 angket. Setelah data diolah didapat kesimpulan bahwa  ada 72.78% peserta menyatakan sangat setuju dengan pelaksanaan kegiatan PPM tersebut. Hasil uji coba penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dilakukan oleh seorang Guru Matematika SMAN 1 Lebong di kelas XI Jurusan Multimedia diperoleh nilai rata-rata respon siswa  78.26 masuk kategori baik.

Keywords

Alat Peraga E-kuis Geometri LKPD Perangkat Pembelajaran Transformasi

Article Details

Author Biography

Hanifah Hanifah, Universitas Bengkulu

Hanifah

Google Scholar

How to Cite
Hanifah, H., Teddy A Siagian, Hari Sumardi, Rahadi Bimansah, & Ridho Agio Nesta. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Transformasi Berbantuan Geogebra untuk Peningkatan Pembelajaran Matematika Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(2), 329–342. https://doi.org/10.33369/dr.v21i2.29218

References

  1. Adinawan (2011). Mathematics for Junior High School Grade IX. Jakarta: Erlangga.
  2. Buku Matematika SMP/MTS Kelas IX Edisi Revisi (2018) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2018.
  3. Dudeja, Ved & V. Madhavi. (2018). Jelajah Matematika SMP Kelas IX. Jakarta: Yudistira.
  4. Hanifah (2022). Penuntun Pengembangan Bahan Ajar Diferensial Berbasis Model APOS Berbantuan Geogebra. Yogyakarta: Deepublish.
  5. Hanifah, H. (2016). Buku Model Apos Inovasi Pada Pembelajaran Matematika. Bengkulu: Unit Penerbitan Universitas Bengkulu.
  6. Hanifah, H & Istikomar. (2022). Buku Ajar Lembar Aktivitas Mahasiswa (Lam) Barisan Bilangan Riil Berbantuan Geogebra Berbasis Model Apos. Bengkulu: Unit Penerbitan Universitas Bengkulu.
  7. Hanifah & Irsal, N. (2019). The Effectivity of APOS Model Based Worksheets On The Improper Integral. Journal of Physics: Conference. Series. 1317012115.
  8. Istiqomah. (2020). Modul Pembelajaran SMA Kelas XI Matematika Umum – Transformasi Geometri. Jakarta: Kemdikbud
  9. Juita, R.N & Hanifah. (2020). Microteaching Berbasis Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
  10. Junaedi, Iwan. (2019). Pendalaman Materi Matematika – Modul 1 Geometri. Jakarta: Kemdikbud.
  11. Khairani, N. (2016). Pembelajaran Matematika Menggunakan teori APOS di Perguruan Tinggi. Paradigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
  12. Kurikulum Merdeka
  13. Belajarhttps://www.rppmerdeka.com/2022/09/download-modul-ajar-matematika-sma.html
  14. Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu Angkatan 2018 Kelas A dan B. 2021. Kapita Selekta Matematika Jenjang Pendidikan Menengah. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.
  15. Modul 2 Kegiatan Belajar 1. Karakteristik Pembelajaran Abad 21.
  16. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/551893/mod_resource/content/1/P9.%20Modul%208.%20Pembelajaran%20Abad%2021.pdf
  17. Modul 2 Kegiatan Belajar 3. Tugas Pokok Dan Fungsi Guru Abad 21.
  18. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/1101/1/FY_Modul_2_print.pdf
  19. Modul 2 Kegiatan Belajar 4. Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  20. https://drive.google.com/file/d/1LrqA3irpNWTO2AIruqtoxSwiYu-DBHlD/view
  21. Muhtadi, Ali. (2019). Pembelajaran Inovatif. Modul 3 Pedagogik Pendidikan Profesi Guru (PPG).
  22. Nahdi. D. (2019). Keterampilan Matematika di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas Vol 5 No 2 Edisi Juli 2019 | 133.
  23. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
  24. https://repositori.kemdikbud.go.id/4790/2/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf
  25. Pujiriyanto. (2019). Modul 2 Kegiatan Belajar 2. Profil dan Kompetensi Guru Abad 21.
  26. Sari, D. M., Hanifah, H., Muchlis, E. E., & Siagian, T. A. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Pembelajaran Ekspositori di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 452-461.
  27. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.