Main Article Content

Abstract

Energi terbarukan memanfaatkan sinar cahaya matahari menjadi sumber energi alternatif di masa yang akan datang. Potensi Indonesia yang besar terhadap energi terbarukan menjadi tantangan tim pengabdi untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang sadar terhadap perkembangan saat ini. Permasalahan yang dihadapi sekolah yaitu materi energi terbarukan yang diajarkan oleh guru masih bersifat abstrak sehingga siswa belum mengalami secara langsung manfaat energi terbarukan yang banyak tersedia di alam. Selain itu, media/ prototype tentang energi terbarukan yang tidak tersedia di sekolah menjadi alasan untuk sulit mengajarkan materi tersebut. Berdasarkan permasalahan ini, tim pengabdi melakukan inisiasi untuk pelatihan menggunakan alat sederhana dengan mengajak siswa untuk merakit mobil mainan berenergi surya. Kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah dasar negeri (SDN) 72 Rejang Lebong akan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, pelatihan dan diskusi dengan rincian kegiatan tahapan persiapan, Pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini, terlihat siswa sangat antusias untuk merakit mobil dan dapat memainkan mobil mainan tanpa baterai di bawah sinar matahari langsung.

Keywords

Energi surya Mobil mainan SDN 72 Rejang Lebong

Article Details

How to Cite
Rahman, R., Heriansyah, H., & Febri Ariffiando, N. (2024). Edukasi Energi terbarukan melalui Perakitan Mobil Mainan Berenergi Surya di SDN 72 Rejang Lebong. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 22(1), 40–51. https://doi.org/10.33369/dr.v22i1.29651

References

  1. Abrori, M., Sugiyanto., & Niyartama, T, F. (2017). Pemanfaatan Solar Cell Sebagai Sumber Energi Alternatif dan Media Pembelajaran Praktikum Siswa Di Pondok Pesantren “Nurul Iman” Sorogenen Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta Menuju Pondok Mandiri Energi. Jurnal Bakti Saintek. 1(1), 17-26.
  2. Afifah, N., Kurniawan, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan. 1(1), 33-42.
  3. Anggaraini, O., Wibowo, I, S., Hasan, N., & Andriyani. (2022). Belajar Sambil Bermain untuk Melatih Kemampuan Motorik pada Anak di PAUD Habibatur Rahman Kampung Jengkol Leba, Desa Mekarjaya, Kec. Rumpin, Kab. Bogor. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ. E-ISSN: 27114-6286, 1-4
  4. Asfani, K., Sias, Q, A., & Hidayat, W, N. (2022). Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Kelompok Peternak Muda Desa Unggul Farm, Desa Pandak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2022. ISSN 2985-3648, 182-190
  5. Astro, R, B., Ngapa, Y, D., Toda, S, G., & Nggong, A. (2020). Potensi Energi Air sebagai Sumber Listrik Ramah Lingkungan di Pulau Flores. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika. 4(2), 125-133.
  6. Bachtiar, M. (2006). Prosedur Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Perumahan (Solar Home System). Jurnal SMARTek, 4(3), 176-182.
  7. Ghifari, H., Prasetyawan, I, B., &Atmodjo, W. (2017). Kajian Potensi Energi Pasang Surut di Pantai Waru Doyong Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Oseanografi. 6(3), 456-466.
  8. Herdiyanto, D, M., Sulton., & Praherdhiono, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Tema Tanah Bagi Siswa Tunagrahita. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 3(1), 88-96.
  9. Ishak, A, P., Afifah, R, N., & Kamelia, S, Q. (2021). Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 1 (87), 138-145.
  10. Khalily, J., Prasetyono, S., & Kaloko, B, S. (). Pemanfaatan Potensi Sumber Air Panas di Blawan Bondowoso sebagai Pembangkit Listrik Alternatif Berbasis TEC. Jurnal Arus Elektro Indonesia. 2(1), 15-20.
  11. Miroah., Budi, E., & Serevina, V. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Terbarukan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Vol IV, 11-16.
  12. Parinduri, L., & Parinduri, T. (2020). Konversi Biomassa sebagai Sumber Energi Terbarukan. Journal of Electrical Technology. 5(20), 88-92.
  13. Prihutama, F, A., Firmansyah, D, N., Siahaan, K, S, H., &Fahmi, B. (2017). Pemanfaatan Biogas sebagai Energi Alternatif Ramah Lingkungan Daerah Desa Monggol, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan. ISBN: 978-602-511450-0-1, hal 87-95.
  14. Purwati, A., Pambudi, P, E., &Handajadi, W. (2015). Ampas Tebu Sebagai Bahan Bakar Alternatif pada Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU). Jurnal Elektrikal. 2(1), 1-13.
  15. Rahman, R., Heriansyah., Syarkowi, S., Novanda, R, R., Salamah, U., Saputra, H, E. (2021). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat dalam Merancang Pembangkit Listrik Tenaga Surya Skala Rumah Sederhana. Jurnal Masyarakat Mandiri. 5(6), 3656-3663.
  16. Randis., Mahmud., Isram, M., Damayanti., & Setiarini, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Solar Cell sebagai Sumber Energi Alternatif di Panti Asuhan Al-Hasanah. Jurnal Abdi Masyarakat Universitas Kadiri. 3(3), 37-45.
  17. Rumiati., Handayani, R, D., & Mahardika. (2021). Analisis Konsep Fisika Energi Mekanik pada Permainan Tradisional Egrang sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro, 9(2), 131-146.
  18. Sukmajati, S & Hafidz, M. (2015). Perancangan dan Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 10 MW On Grid di Yogyakarta. Jurnal Energi & Kelistrikan, 7(1), 49-63.
  19. Widayana, G. (2012). Pemanfaatan Energi Surya. JPTK UNDIKSHA. 9(1), 37-46.
  20. Yuwono, S., Diharto., & Pratama, N, W. (2021). Manfaat Pengadaan Panel Surya dengan Menggunakan Metode on Grid. Energi dan Kelistrikan: Jurnal Ilmiah. 13(2), 161-171.