Main Article Content

Abstract

Pembinaan Olahraga Bagi Siswa peserta pelatihan dan pembinaan  sangat penting untuk mengarahkan bakat serta minat para siswa peserta pelatihan dan pembinaan tepatnya di kegiatan Olahraga terutama cabang olahraga renang, sehingga para peserta pelatihan dan pembinaan  dapat memanfaatkan waktu kosong setelah sekolah dengan kegiatan  keolahragaan  yang  baik  dan  sebagai  tempat  untuk  lebih  mengembangkan keahlian renang, kebugaran, dan kesehatan. Adapun pelatihan dan pembinaan keterampilan renang juga dapat mempersiapkan siswa peserta pelatihan dan pembinaan, masyarakat khususnya generasi muda merancang keterampilan dan kebugaran jasmani secara umum dan menyeluruh dan kekhususan, yang berarti menyertakan siswa untuk dapat ikut berkompetisi dan bersaing dalam prestasi olahraga, serta mengembangkan keahlian renang terbaiknya untuk berupaya mencapainya, serta olahraga renang dapat timbul dan digemari oleh masyarakat dengan siswa peserta pelatihan dan pembinaan   untuk mengembangkan keahlian renang, kebugaran, dan kesehatan. Dalam pelaksanaan pelatihan dan pembinaan PKM  ini kami berkeinginan untuk upaya menyampaikan untuk para siswa SD, SMP,dan SMA yang sudah dikoordinir menjadi Binaan PRSI Kota Solok untuk lebih   memahami sistematis latihan dan tahapan mulai dari gaya dalam renang serta teknik lanjutan untuk mereka para siswa dapat mengenal terjadinya insan yang dipersiapkan menjadi pelapis dan pesaing klub olahraga renang diluar sana. Selanjutnya agar terus memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap perkembangan dan kemajuan olahraga pada khususnya cabang olahraga renang.

Keywords

Keterampilan Renang Pelatihan Pembinaan Stretching

Article Details

How to Cite
Berto Apriyano, Argantos, A., & Khairoh, J. (2023). Pelatihan dan Pembinaan Keterampilan Renang Melalui Pengenalan Stretching (Statis dan Dinamis) pada Binaan Siswa PRSI Kota Solok. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(2), 240–250. https://doi.org/10.33369/dr.v21i2.30170

References

  1. Apriyano, B., Zainuddin, Z. A., & Hashim, A. H. M. (2020). Physical Fitness of Students at the Junior High School. 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019), 105–110.
  2. Apriyano, B., Zainuddin, Z. A., & Hashim, A. H. M. (2022). Physical Activity Module in Health Sports Physical Education Learning on Physical Fitness and Health. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(4). https://doi.org/10.13189/saj.2022.100412
  3. Chatzopoulos, D., Galazoulas, C., Patikas, D., & Kotzamanidis, C. (2014). Acute effects of static and dynamic stretching on balance, agility, reaction time and movement time. Journal of Sports Science & Medicine, 13(2), 403.
  4. Cheatham, S. W., Kolber, M. J., Cain, M., & Lee, M. (2015). The effects of self‐myofascial release using a foam roll or roller massager on joint range of motion, muscle recovery, and performance: a systematic review. International Journal of Sports Physical Therapy, 10(6), 827.
  5. Couzin, I. D., & Li, L. (2023). The benefits of swimming together. Elife, 12, e86807.
  6. Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jip.v7i2.1700
  7. Kesehatan, K. (2015). Rencana strategis kementerian kesehatan. Jakarta. Kementerian Kesehatan.
  8. Konrad, A., Reiner, M. M., Thaller, S., & Tilp, M. (2019). The time course of muscle-tendon properties and function responses of a five-minute static stretching exercise. European Journal of Sport Science, 19(9), 1195–1203.
  9. Martinus, S. P., Rahayu, T., Rumini, M. P., & Rustiadi, T. (2021). Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Renang (Vol. 1). Zahira Media Publisher.
  10. Marwan, I., Wahidah, I., Listyasari, E., & Malik, A. A. (2021). Penerapan statis dan dinamis stretching serta senam low impact di masa pandemi covid–19. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 54–66.
  11. Muhajir, M. (2017). Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan: buku guru SMP/MTs kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Nugraha, B. (2015). Pendidikan jasmani olahraga usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
  12. Opplert, J., & Babault, N. (2018). Acute effects of dynamic stretching on muscle flexibility and performance: an analysis of the current literature. Sports Medicine, 48, 299–325.
  13. Pane, B. S. (2015). Peranan olahraga dalam meningkatkan kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4.
  14. Paradisis, G. P., Pappas, P. T., Theodorou, A. S., Zacharogiannis, E. G., Skordilis, E. K., & Smirniotou, A. S. (2014). Effects of static and dynamic stretching on sprint and jump performance in boys and girls. The Journal of Strength & Conditioning Research, 28(1), 154–160.
  15. Pharr, J., Irwin, C., Layne, T., & Irwin, R. (2018). Predictors of swimming ability among children and adolescents in the United States. Sports, 6(1), 17.
  16. Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300–308.
  17. Setyawan, F. O. (2022). Buku Ajar Renang. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
  18. Soan, U. F. (2017). Kebijakan Dan Strategi Pembinaan Olahraga Prestasi Daerah. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 2(1), 20.
  19. Turdaliyevich, A. F., & Pulatovna, A. B. (2020). Organization of Swimming Lessons in Preschool Institutions. The American Journal of Social Science and Education Innovations, 2(07), 322–330.