Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan ini berjudul Pelatihan Pembuatan E-Katalog 5.0 Objek Wisata Olahraga dan Rekreasi Sebagai Strategi Digital Marketing Desa Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara Tujuan pengabdian ini untuk untuk menambah pengetahuan Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara tentang E-Katalog 5.0 Sebagai Strategi Digital Marketing Objek Wisata Olahraga dan Rekreasi. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dengan cara ceramah dan tanya jawab serta mengadakan praktek langsung bagi para peserta pelatihan. Kegiatan Pelatihan Pembuatan E-Katalog 5.0 Objek Wisata Olahraga dan Rekreasi Sebagai Strategi Digital Marketing Desa Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara. dan dilaksanakan 2 hari pada hari Kamis, 1 Juni 2023. Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Dan jum’at pada pukul 08,00 sampai dengan  pukul 11.00 WIB Peserta kegiatan ini adalah Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara berjumlah 20 orang Pelatihan ini menghasilkan peningkatan pengetahuan pemuda Karang Taruna Desa Kemumu Bengkulu Utara tentang pembuatan E-Katalog 5.0 Sebagai Sarana Strategi Digital Marketing Objek Wisata Olahraga dan Rekreasi yaitu sebagai berikut: pengetahuan awal sebelum pelatihan Pembuatan E-Katalog 5.0 Untuk Meningkatkan Keterampilan pembuatan E-Katalog 5.0 sebesar 41%, pengetahuan setelah Pembuatan E-Katalog 5.0 Untuk Meningkatkan Keterampilan Digital Maketing Dan Publikasi Pada Guru-Guru sebesar 85,55%

Kata Kunci

E-Katalog 5.0 Ipteks Karang Taruna Publikasi Strategi Digital Marketing E-Katalog 5.0 Ipteks Karang Taruna Publikasi Strategi Digital Marketing

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ilahi, B. R., Wijanarko, A., & Hiasa, F. (2024). Pelatihan E-Katalog 5.0 Objek Wisata Olahraga Sebagai Strategi Digital Marketing Desa Kemumu Bengkulu Utara. DHARMA RAFLESIA, 22(1), 182–194. https://doi.org/10.33369/dr.v22i1.35448

Referensi

  1. Alifyah NFH & Rahman, E. S. (2021). Perancangan E-Katalog Objek Wisata Mamminasata. Jurnal Media Elektrik, 18(2), 6. https://doi.org/10.26858/metrik.v18i2.20748.
  2. Andalas. (2019) Objek Wisata Bengkulu. Andalastourism https://www.andalastourism.com/objek-wisata-bengkulu.
  3. Angelevska-Najdeska, K., & Rakicevik, G. (2012). Planning of Sustainable Tourism Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 44, 210–220. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.022.
  4. Fida, Muh. Rizal Ardiansyah Putra, & Amrin. (2023). PENINGKATAN POTENSI WISATA LA BOLONTIO TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAJUAN PENDAPATAN PEMERINTAH DESA DI SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN. International Journal of Research in Science, Commerce, Arts, Management and Technology, 2(9), 410–421. https://doi.org/10.48175/ijarsct-13062.
  5. Habibi, M. M., & Untari, S. (2012). Efektivitas Pelaksanaan E-Procurement Dalam. 3, 159–168.
  6. Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Destinesia : Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35. https://doi.org/10.31334/jd.v1i1.483.
  7. Ilahi, B. R., Septian Raibowo, & Fina Hiasa. (2023). Pemberdayaan Karang Taruna Desa Kemumu Sadar Potensi Wisata Melalui Aplikasi Filmora Sebagai Sarana Video Marketing Destination Publication Sport Tourism. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 21(1), 36–46. https://doi.org/10.33369/dr.v21i1.25288.
  8. Indraswari, C., Insan, R. N., Maulida, S. W., Fajriyani, M. R., & Arifah, H. (2021). Psikoedukasi Digital Marketing dan Pembuatan E-Katalog di Wisata Jaka Garong. Psyche 165 Journal, 14(3), 290–295. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i3.32.
  9. Khasanah, I. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Objek Wisata Goa Lesung Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Objek Wisata Goa Lesung di Desa Argosari, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen) SKRIPSI.
  10. Kusmana, E., & Garis, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL ) Wilayah Binaan Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Jurnal Moderat, 5(4), 460–473.
  11. Lukiana, N. (2018). Komunikasi Pemasaran Pariwisata: Analisis Strategi Promosi Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Wisata Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang) Ninik. Progress Conference, 1(1), 649–659. http://proceedings.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/progress Komunikasi.
  12. Paludi, S. (2016). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, Dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Panorama Nusantara.
  13. Pradika, A. (2021). Terhadap Pendapatan Pedagang Buah Di Sekitar Museum Tsunami Kota Banda Aceh Tahun 2017-2019 Disusun Oleh : Andri Pradika Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negri Ar-Raniry Banda Aceh 2021 M / 1442 H ii.
  14. Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Jati, A., Wasesa, A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monografi Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. 4–18.
  15. Rosa dan Shalahuddin. (2020). Kelebihan dan Kekurangan Basis Data. Jurnal Inkofar, 1(2), 44–53.
  16. Santoso, M. (2018). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Karang Taruna Dalam Rangka Mengembangkan Pariwisata Masyarakat Tubing ”Keceh Ndesa” Di Desa Kuryo, Wonorejo, Jatiyoso, Karanganyar.
  17. Sidqi, K. Z. T. (2019). Konsep Siaga Bencana Berdasarkan Prinsip –Prinsip Pendidikan Islam. E-Publikasi Ilmiah Unwahas, 15(1), 165–175. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf.
  18. Taufik, C. M., & Suryana, N. (2022). Media, Kebenaran, dan Post-Truth.
  19. Wijaya, Y. (2017). Analisis Penerapan Location Based Service ( Lbs ) Pada Smartphone Analisis Penerapan Location Based Service ( Lbs ) Pada Smartphone.
  20. Yunita, M., Sugandi, W., Edwar, E., Syukur, Y., Citra, F. W., & Silaban, N. (2020). wisata Pengembangan Desa Wisata di Kelurahan Kemumu Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 5(2), 124. https://doi.org/10.32663/georaf.v5i2.1099.