Main Article Content

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu tentang Massage Cedera Olahraga (MCO) menggunakan infrared. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dengan cara ceramah dan tanya jawab serta mengadakan praktek langsung disertai pendampingan bagi para peserta pelatihan. Kegiatan pelatihan penggunaan infrared merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik dalam penanganan cedera olahraga. Peserta kegiatan ini adalah tenaga pendidik Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu yang berjumlah 20 orang. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan tenaga pendidik tentang tentang Massage Cedera Olahraga menggunakan infrared sebesar 38,5%, dan berhasil menambah keterampilan tenaga pendidik dalam penggunaan infrared untuk massage cedera olahraga.

Keywords

Cedera Olahraga Infrared Massage SKO Tenaga Pendidik Cedera Olahraga Infrared Massage SKO Tenaga Pendidik

Article Details

Author Biography

Yarmani Yarmani, (SCOPUS ID : 57259505100) Universitas Bengkulu, Bengkulu

1. SCOPUS ID :  57259505100

2. SINTA ID : 6036644

How to Cite
Yarmani, Y., & Ilahi, B. R. (2024). Pelatihan Massage Cedera Olahraga (MCO) Menggunakan Infrared pada Tenaga Pendidik Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 22(1), 131–138. https://doi.org/10.33369/dr.v22i1.35449

References

  1. Astuti, H. T. (2018). PENGARUH MASSAGE EFFLEURAGE PRE ANESTESI TERHADAP NYERI TUSUK JARUM SPINAL ANESTESI PADA PASIEN SECTIO CAESAREA DI RSUD SLEMAN (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).
  2. C. Hausswirth et al., “Effects of whole-body cryotherapy vs. far-infrared vs. passive modalities on recovery from exerciseinduced muscle damage in highly-trained runners,” PLoS One, vol. 6, no. 12, 2011, doi: 10.1371/journal.pone.0027749.
  3. Kamadi, L., Bachtiar, I., & Mappaompo, A. (2019). Sosialisasi Massage pada Atlet Petanque Sulawesi Selatan. Jurnal Dedikasi UNIMED, 20 No. 1.
  4. Khadavi, M. R., & Ulfah, W. A. (2019). Workshop Pelatihan Pencegahan Dan Perawatan Cidera (PPC) Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Kecamatan Gerunggung Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 1–25.
  5. Mediatati, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pelatihan Partisipatif Dengan Pendampingan Intensif. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 148. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p148-163
  6. Purnomo, A. M. I. (2016). Manfaat Swedish Massage Untuk Pemulihan Kelelahan Pada Atlet. Efektor, 3(1), 1–11.
  7. Ranintya Meikahani, E. S. K. (2013). Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan Dan Perawatan Cedera Olahraga Untuk Siswa Sekolah Menengah P. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1), 15–22.
  8. S. R. Tsai and M. R. Hamblin, “Biological effects and medical applications of infrared radiation,” J. Photochem. Photobiol. B Biol., vol. 170, no. April, pp. 197–207, 2017, doi: 10.1016/j.jphotobiol.2017.04.014.
  9. Simatupang, N. (2016). Pengetahuan Cedera Olahraga Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahrgaan UNIMED. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 02(01), 31–42.
  10. Supriyadi, H. (2016). Analisis Cedera Olahraga Dalam Aktivitas Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMA Negeri 1 Nalumsari Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Lib.Unnes.Ac.Id, 21.