Main Article Content

Abstract

Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) menjadi solusi alternatif bagi anak-anak putus sekolah di Kota Merauke agar tetap belajar. Salah satunya adalah PKBM Weda Agletok Say (WAS). Namun, proses pembelajaran yang digunakan masih bersifat tradisional dan belum terdapat penggunaan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar tutor PKBM-WAS. Metode yang digunakan adalah pelatihan melalui presentasi, diskusi, demonstrasi, dan pendampingan. Strategi pendampingan menggunakan metode ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, dan Extension) dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman tutor tentang pembelajaran efektif dan menyenangkan, dari skor rata-rata pre-test sebesar 30,94 menjadi 75,94 saat post-test. Keterampilan mengajar tutor menunjukkan peningkatan kualitas dari aspek pemanfaatan media pembelajaran, penggunaan ice breaking, dan penguasaan konsep materi ajar.

Keywords

PKBM Tutor Strategi Pembelajaran Model ICARE PKBM Tutor Strategi Pembelajaran Model ICARE

Article Details

How to Cite
Nur, A. S., Dewi Puji Rahayu, & Sumarsono, A. (2024). Pendampingan Tutor PKBM di Kota Merauke dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Strategi Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 22(2), 241–255. https://doi.org/10.33369/dr.v22i2.36996

References

  1. Hakim, F.D & Al-Ghifary, D. (2021). Optimalisasi program pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam menurunkan angka putus sekolah di Kelurahan Kopo. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 68 (Desember). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1282/1162
  2. Hari, S. (2017). Peningkatan keterampilan mengungkapkan monolog descriptive untuk materi personal description menggunakan technique icare pada peserta didik kelas VII J semester genap SMP Negeri 1 Karangtengah tahun pelajaran 2014 / 2015. Orbith, 13(2), 114–123.
  3. Hidayati, N. (2023). Peningkatan keterampilan mengungkapkan monolog descriptive lisan sederhana yang berterima siswa kelas VII menggunakan sistem ICARE. Journal of Education Research, 4(1), 372–389.
  4. Irmawati, A. (2017). Peran pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dalam mengurangi buta aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 81–98. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.579
  5. Musri. (2020). Penggunaan model pembelajaran ICARE di materi termodinamika dalam upaya mendukung pengenalan teknologi hijau : studi kasus di SMA Negeri 2 pulau punjung Kota Dharmasraya. The Indonesian Green Technology Journal, 33–41. https://doi.org/10.21776/ub.igtj.2020.009.02.02
  6. Nugroho, R., Mardliyah, S., Widodo, W., & Yusuf, A. (2022). Kesiapan warga belajar pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) hidayah Kota Probolinggo pada literasi digital. Transformasi dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–66. https://doi.org/10.26740/jpm.v1n2.p61-66
  7. Nur, A. S., & Dadi, O. (2018). The development of curved side constructions learning media involving problem solving capability and local culture wisdom. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 120–129.
  8. Nur, A. S., Nggaruaka, T., & Hermansyah, A. K. (2019). Pembuatan media pembelajaran baca tulis hitung (Calistung) bagi masyarakat di Distrik Ulilin. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 16(2), 105–115.
  9. Rahayu, D., Aprilia, S., & Nur, L. (2024). Media membaca permulaan berbasis busy book dengan metode silabel bagi peserta didik sd: a narative literatur review. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 886–898.
  10. Rahma, R. A., Zulkarnain, Wahyuni, S., Desyanty, E. S., & Widya, S. (2019). Pelatihan dan pendampingan manajerial pengembangan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) berbasis kewirausahaan di Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 225–234.
  11. Solihin, A., Danugiri, D., & Marlina, R. (2021). Pelaksanaan pembelajaran program Paket C di PKBM nurul islam desa pasir mukti Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Journal of Community Education, 2(2), 6–10.
  12. Suartama, I. K., Simamora, A. H., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2022). Pelatihan dan pendampingan pembuatan modul online berorientasi model pembelajaran ICARE di SKB Kabupaten Buleleng. Proceeding Senadimas Undiksha, Query date: 2023-01-24 11:19:28, 255–265.
  13. Sumarsono, A., Widarko, Y., & Septarini, D. F. (2021). Pemberantasan buta aksara dan bekal hidup mandiri masyarakat Onggaya Distrik Naukenjerai Kabupaten Merauke Papua. Warta LPM, 24(2), 207–216. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.12187
  14. Suminar, T., Arbarini, M., Shofwan, I., & Setyawan, N. (2020). Buku panduan pendampingan yang efektif bagi tutor dengan model pembelajaran Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE). Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP Unnes.
  15. Suminar, T., Arbarini, M., Shofwan, I., & Setyawan, N. (2021). Pendampingan tutor dengan model ICARE untuk peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Abdimas, 25(2), 163–168. https://doi.org/10.15294/abdimas.v25i2.33310