Main Article Content

Abstract

Artikel ini mengkaji optimalisasi literasi digital dan pengetahuan syariah dalam mempersiapkan remaja menghadapi tantangan era digital, dengan fokus pada studi kasus di Institut Tahfiz Bintulu Malaysia. Perkembangan teknologi yang pesat telah memberikan dampak besar pada kehidupan sosial, ekonomi, dan pendidikan, termasuk bagi remaja Muslim. Oleh karena itu, literasi digital menjadi kunci untuk membantu remaja memanfaatkan teknologi secara bijak dan produktif, terutama dalam bisnis dan kewirausahaan berbasis syariah. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui lokakarya, observasi, wawancara, dan studi literatur, dengan santri dari Institut Tahfiz Bintulu, Malaysia, 11-14 Oktober 2024 dengan jumlah peserta 91 santri putra dan putri sebagai subjek. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penguatan literasi digital dan pengetahuan syariah secara sinergis dapat memberdayakan remaja untuk menghadapi tantangan digital, membangun bisnis syariah, dan tetap menjaga etika serta moralitas Islam. Sinergi antara pendidikan agama dan teknologi digital sangat diperlukan dalam membentuk generasi muda yang cerdas, kompeten, dan berakhlak mulia di era modern.

Keywords

: Institute Tahfidz Bintulu Literasi digital Malaysia , Syari'ah Institut Tahfiz Bintulu Literasi Digital Malaysia Syari'ah

Article Details

How to Cite
Puji Purwatiningsih, A., Setiawan, A., Rakhman, I. A., Janah, M., Setyawati, H. A., & Azizah, S. N. (2024). Membangun Jiwa Tindak Lanjut melalui Lokakarya Kewirausahaan Syari’ah dan Pemasaran Digital pada Institut Tahfiz Bintulu Malaysia. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 22(2), 212–229. https://doi.org/10.33369/dr.v22i2.38092

References

  1. Azhar, I. A. (2023). Peran pesantren anwarul huda malang dalam pembentukan jiwa kewirausaahan pada santri. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(1), 114-123. https://doi.org/10.30739/jesdar.v4i1.1898.
  2. Boldureanu, G., Ionescu, A. M., Bercu, A., Bedrule-Grigoruță, M. V., & Boldureanu, D. (2020). Kewirausahaan education through successful entrepreneurial models in higher education institutions. Sustainability, 12(3), 1267. https://doi.org/10.3390/su12031267.
  3. Dalis, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Web. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 19(1), 1-8.
  4. Darojah, Z., Quro’i, M. D., & Dewi, D. K. (2018). Peran kewirausahaan dalam pertumbuhan ekonomi islam di indonesia. Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam, 8(2), 218-253. https://doi.org/10.15642/maliyah.2018.8.2.70-105.
  5. Ganefianti, D. W., Arianti, N. N., Sutrawati, M., Saputra, H. E., Fahrurrozi, F., & Herawati, R. (2019). Superiority test of mixed-cropping models for chili pepper hybrid varieties through participatory plant breeding. International J Agric Technol, 15(6), 879-890.
  6. Hassan, Y. (2021). A decade of research on muslim kewirausahaan. Journal of Islamic Marketing, 13(6), 1288-1311. https://doi.org/10.1108/jima-12-2019-0269.
  7. Hayat, T., Shaheen, D. S. S., Gillani, D. S. A. H., & Masood, H. U. (2023). Kewirausahaan in the light of the qur’an, ḥadīth, and iqbal’s philosophy. International Journal of Islamic Economics and Governance, 4(1), 47-61. https://doi.org/10.58932/muld0023.
  8. Hoedojo, R. and Sungkar, S. (2013). Morfologi, Daur hidup dan Perilaku Nyamuk. In: Sutanto, I., Ismid, I. S., Sjarifuddin, P. K., Sungkar, S. (Ed): Parasitologi Kedokteran. Edisi 4. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Press, Jakarta: 250-265.
  9. Lima, E. P., Paiva, M. H. S., de Araújo, A. P., da Silva, E. V. G., da Silva, U. M., de Oliveira, L. N., et al. (2011). Insecticide Resistance In Aedes aegypti Populations from Ceará, Brazil. Par & Vec., 4: 1-12.
  10. Putra, H. S., Anis, A., Zamil, I., Putri, I. E., Novariza, R., Anggraini, D. F., … & Renggani, R. (2023). Peningkatan kemandirian santri melalui penguatan young kewirausahaan dan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat serta pelatihan dan simulasi alat p3k di panti asuhan cabang aisyiyah matur kabupaten agam. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 36. https://doi.org/10.24036/sb.04390.
  11. Rauf, A., Abubakar, Y. A., Abrar, A., Gohar, M., Slesman, L., & Mitra, J. (2022). Islam, kewirausahaan and economic development. Journal of Kewirausahaan and Innovation in Emerging Economies, 8(2), 270-273. https://doi.org/10.1177/23939575211047022
  12. Rehan, F., Block, J., & Fisch, C. (2019). Kewirausahaan in islamic communities. Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy, 13(5), 557-583. https://doi.org/10.1108/jec-05-2019-0041.
  13. Ridwan, M., Nurrobiyanto, N., Jahari, J., & Erihadiana, M. (2024). Optimalisasi kemandirian dan jiwa interpeunership santri: inovasi manajemen peserta didik di pesantren terpadu. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.62070/kaipi.v2i1.46.
  14. Robe'nur, K. (2022). Upaya pemberdayaan tindak lanjut di pondok pesantren darussalamah desa braja dewa kecamatan way jepara kabupaten lampung timur. Margin: Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 86-90. https://doi.org/10.58561/margin.v1i2.42.
  15. Trisna, T., Zakaria, M., & Saptari, M. A. (2022). Meningkatkan motivasi dan kemampuan santri dayah dalam berwirausaha melalui pelatihan kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming,5(4),740-747.https://doi.org/10.30591/japhb.v5i4.3164.
  16. Yarmani, Y. (2020). Petanque Sports Training and Socialization For Pjok Teachers In Mgmp Sukaraja, Kab. Seluma. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 18(1), 12-14.
  17. Zainol, N., Esa, M. M., Muhamad, N., & Mohamad, S. S. (2022). Factors affecting the success of digital kewirausahaan among suburban women: malacca. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(12). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v12-i12/15426.