Main Article Content

Abstract

Abstrak: Pelaku usaha ultra mikro seringkali menghadapi berbagai kendala. Termasuk keterbatasan akses terhadap pembiayaan, kurangnya pengetahuan tentang manajemen bisnis, dan minimnya dukungan dalam aspek legalitas serta pemasaran produk. Program inkubasi bisnis oleh Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Bengkulu (IBT Unib) yang berkolaborasi dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Kementerian Keuangan RI bertujuan untuk memberdayakan debitur atau calon debitur Pembiayaan UMi melalui serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas. Subyek pengabdian pada program ini yakni Pelaku Usaha Ultra Mikro (UMi) Kota Bengkulu yang menerima pembiayaan usaha oleh PIP KemenKeu RI berjumlah 200 orang. Metode kegiatan dilakukan dengan rangkaian tutorial “Youth IBT agent (YIA)”, kick off meeting, Workshop Financial Smart, Pelatihan Pengelola Keuangan dan Pemasaran, dan Pelatihan Pendampingan Legalitas Usaha. Hasil kegiatan pertama yakni dosen dan mahasiswa telah mampu untuk menjalankan pendampingan dari serangkaian kegiatan. Kedua, kick of meeting menghasilkan kesepakatan kerjasama program antar IBT dan PIP. Ketiga, kapasitas pelaku ultra mikro di Kota Bengkulu mengalami peningkatan terkait financial smart, pengelolaan keuangan dan pemasaran, dan legalitas usaha.

Keywords

Inkubasi Bisnis Usaha Ultra Mikro IBT UNIB PIP

Article Details

How to Cite
Windirah, N., Novanda, R. R., Barchia, F., Rahman, R., Komalasari, D., Anis, U., Husna, M., Agwil, M. W., Saputra, I., Yusuf, M., Hendrawan, F. R., Arif, P., & Sopian, M. (2025). Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Ultra Mikro (UMi) Kota Bengkulu melalui Program Inkubasi Bisnis. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 23(1), 90–103. https://doi.org/10.33369/dr.v23i1.38782

References

  1. Alharthey, B. (2019). The Role of Online Trust in Forming Online Shopping Intentions. International Journal of Online Marketing, 10(1), 32-57. https://doi.org/10.4018/ijom.2020010103
  2. Ambarita, P. R. L., Hanafi, A., & Y. (2022). The Influence of Self-Efficacy and Work Environment on Employee Performance: Empirical Study on PT Sarana Indoguna Lestari Surabaya. Open Journal of Business and Management, 10(01), 263-280. https://doi.org/10.4236/ojbm.2022.101016
  3. Anastasya, A. (2023). Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. UKMIndonesia.Id. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia
  4. Celeste, S.-P. N. (2013). Intention to purchase on social commerce websites across cultures: A cross-regional study. Information & Management, 50(8), 609-620. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378720613000876
  5. Chhabra, M., Hassan, R., & Shamim, A. (2021). Entrepreneurship and Big Data. In Entrepreneurship and Big Data (Issue September). https://doi.org/10.1201/9781003097945
  6. Du Plessis, C. (2017). The role of content marketing in social media content communities. SA Journal of Information Management, 19(1), 1-7. https://doi.org/10.4102/sajim.v19i1.866
  7. Effendi, B. (2024). Peningkatan Daya Saing Pelaku UMKM Melalui Pelatihan Digitalisasi Akuntansi. Jurnal KARINOV, 7(2), 87. https://doi.org/10.17977/um045v7i2p087
  8. Khusnaini ; Liyana, N. F. (2022). Efektivitas Pembiayaan Modal Usaha Ultra Mikro (UMi) Pada Para. Balance Vacation Accounting Journal, 6(2), 146-159.
  9. Kumar, V., & Shah, D. (2009). Expanding the role of marketing: From customer equity to market capitalization. Journal of Marketing, 73(6), 119-136. https://doi.org/10.1509/jmkg.73.6.119
  10. Lie, B. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Pada Umkm Di Wisata Kuliner Kebon Ayu Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Sederhana. Jurnal Wicara Desa, 1(4), 556-564. https://doi.org/10.29303/wicara.v1i4.3368
  11. Listiyanto, E. (2021). Tantangan Pembiayaan dan Urgensi Membangun Ekosistem Ultra Mikro.
  12. Manurung, M., Putri, J. (2024). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Akses Pemasaran Umkm Di Indonesia. Ab-Joice : Al-Bahjah Journal Of Islamic Economics
  13. , 2(2), 74-81.
  14. Ma’rifah, I., W, B. R. I., Rizqi, E. I., & Kustiningsih, N. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada Umkm D’Elixir. Jurnal Revenue : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 349-356. https://doi.org/10.46306/rev.v2i2.78
  15. Nabil, N., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2547-2562. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i10.3383
  16. Reni, F. (2018). Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanaru. Sembadha: Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 225229. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/376
  17. SAPUTRI, S. A., BERLIANA, I., BERLIANA, I., & NASRIDA, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199
  18. Suras, M., Semaun, S., & Darwis. (2023). Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Pada Usaha Bumbung Indah Kota Parepare (Analisis Manajemen Keuangan Syariah). Moneta : Jurnal Manajemen Dan Keungan Syariah, 01(02), 2. https://doi.org/10.35905/moneta.v2i2.9003
  19. Sutanto, J., Phang, C. W., & Zhang, C. (2013). The influence of user interaction and participation in social media on the consumption intention of niche products. Information & Management, 50(8), 661–672. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378720613000736
  20. Viana, E. D., Febrianti, F., & Dewi, F. R. (2022). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(3), 252–264. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i3.34207
  21. Wardhana, A. (2024). Marketplace Management (A. S. Egim (ed.); Issue July). CV. Eureka Media Aksara.