Main Article Content
Abstract
Kegiatan ini berjudul Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Interaktif Berbasis EduGame Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Penggerak SD Negeri 149 Seluma di Era Merdeka Belajar. Tujuan pengabdian ini untuk menambah kompetensi mengajar tenaga pendidik di Sekolah Penggerak SD Negeri 149 Seluma dalam membuat alat peraga pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan saat ini yaitu lebih mengedepankan teknologi melalui media pembelajaran berbasis EduGame. Metode yang kami gunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode pelatihan dengan cara ceramah dan tanya jawab serta mengadakan praktek serta pendampingan langsung bagi para peserta pelatihan sehingga tujuan bisa tercapai maksimal. Kegiatan Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Interaktif Berbasis EduGame Untuk Meningkatkan tingkat keterampilan dalam pembuatan bahan ajar pada tenaga pendidik di Sekolah Penggerak SD Negeri 149 Seluma untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan tenaga pendidik dan rencana akan dilaksanakan pada Juni atau Agustus 2024. Peserta kegiatan ini adalah Tenaga Pendidik Sekolah Penggerak SD Negeri 149 Seluma berjumlah 14 orang Dari pelaksanaan kegiatan tersebut bisa menjawab permasalahan yang ada, dimana manfaat yang setelah mengikuti pelatihan adalah; (1) Guru mulai menggunakan Alat Peraga Interaktif Berbasis EduGame yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar mengajar, (2) Meningkatkan pengetahuan guru mengenai pemanfaatan teknologi untuk menunjang pembelajaran yang interaktif dan komunikatif, (3) Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam hal mempersiapkan perangkat pembelajaran yang inovatif, dan (4) Membantu guru untuk menghasilkan media pembelajaran yang berkualitas melalui Alat Peraga Interaktif Berbasis EduGame. Dengan hasil peningkatan sebelum pelatihan dengan setelah pelatihan 45% meningkat menjadi 83,5%.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Fina Hiasa, Emi Agustina, Ngudining Rahayu, Bogy Restu Ilahi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree with the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ananng Fathoni. (2017). Media dan Pendekatan Pembelajaran di Era Digital (Vol. 01).
- Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
- Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Dewi, C. (2018). Implementasi Kebijakan Pemerataan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education and Learning, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.31002/ijel.v1i2.649
- Dewi, S. P., Ardana, I. K., & Sri Asri, I. G. A. A. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 296. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26435
- Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
- Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416.
- Hidayaturrahman, M., Moerod, M., Laily, N., Wisman, Y., Goa, L., Derung, T. N., Sugiantiningsih, A. A. P., Yahya, H. M., Agusrianto, E., & Handayani, E. (2020). TEORI SOSIAL EMPIRIK Untuk Penelitian Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi).
- Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
- Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar [The Role of Learning Media in the Teaching and Learning Process]. Jurnal Diklat Review Komunitas Manajemen Kompetitif, 3(14), 12. doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
- Maghfiroh, W. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), 20–28. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800
- Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
- Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
- Pettalongi, S. S. (2009). Evaluasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Ta’Dieb, 11(6), 1001–1012.
- Pradana, K., Utami, R., & Taqiyuddin, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i2.13
- Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531
- Sholeh, M., Suraya, & Suraya, I. (2016). Meningkatkan Peran Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Pembuatan Bahan Ajar dan Soal Ujian Online. Prosiding Seminar Nasional, 348–355.
- Sidharta, A. (2015). Media Pembelajaran. Journal Academia Accelerating the World’s Research, 1, 1–29.
- Sugiar, L., Megawati, & Asbudi, H. L. (2025). Analisis Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa. WANUA TO CARADDE Journal of Educational Issues, 1(1).
- Trimansyah. (2021). Kecenderungan Media Pembelajaran Interaktif. FITRAH: Jurnal Studi Pendidikan, 11(2), 13–27.
References
Ananng Fathoni. (2017). Media dan Pendekatan Pembelajaran di Era Digital (Vol. 01).
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, C. (2018). Implementasi Kebijakan Pemerataan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education and Learning, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.31002/ijel.v1i2.649
Dewi, S. P., Ardana, I. K., & Sri Asri, I. G. A. A. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 296. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26435
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Hayes, C., Hardian, H., & Sumekar, T. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402–416.
Hidayaturrahman, M., Moerod, M., Laily, N., Wisman, Y., Goa, L., Derung, T. N., Sugiantiningsih, A. A. P., Yahya, H. M., Agusrianto, E., & Handayani, E. (2020). TEORI SOSIAL EMPIRIK Untuk Penelitian Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi).
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar [The Role of Learning Media in the Teaching and Learning Process]. Jurnal Diklat Review Komunitas Manajemen Kompetitif, 3(14), 12. doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Maghfiroh, W. (2022). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), 20–28. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v3i1.1800
Muhasim, M. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Pettalongi, S. S. (2009). Evaluasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Ta’Dieb, 11(6), 1001–1012.
Pradana, K., Utami, R., & Taqiyuddin, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i2.13
Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531
Sholeh, M., Suraya, & Suraya, I. (2016). Meningkatkan Peran Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Pembuatan Bahan Ajar dan Soal Ujian Online. Prosiding Seminar Nasional, 348–355.
Sidharta, A. (2015). Media Pembelajaran. Journal Academia Accelerating the World’s Research, 1, 1–29.
Sugiar, L., Megawati, & Asbudi, H. L. (2025). Analisis Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa. WANUA TO CARADDE Journal of Educational Issues, 1(1).
Trimansyah. (2021). Kecenderungan Media Pembelajaran Interaktif. FITRAH: Jurnal Studi Pendidikan, 11(2), 13–27.