Main Article Content

Abstract

Kimia adalah proses ilmiah yang sebaiknya diajarkan melalui aktivitas langsung sebagai salah satu bentuk pendekatan keterampilan proses. Kegiatan praktikum merupakan salah satu kegiatan yang sangat berperan dalam meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar. Laboratorium beberapa sekolah di kecamatan XIII Koto kampar berada pada keadaannya kurang baik, sehingga tidak dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Permainan merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang saat ini telah banyak digunakan pada semua kalangan dalam bidang pendidikan. Pendekatan konsep kimia melalui permainan dianggap akan lebih memudahkan peserta didik dalam menghubungkan konsep kimia yang ada dengan permainan yang telah mereka lakukan. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan menambah inovasi serta kreativitas guru sains di Kecamatan XIII Koto Kampar dengan cara memberikan pelatihan tentang penerapan permainan kimia dalam pembelajaran.

Keywords

Permainan Kimia Pelatihan Guru Pengabdian Masyarakat

Article Details

How to Cite
Abdullah, A., Herdini, H., Erviyenni, E., Copriady, J., Rasmiwetti, R., Susilawati, S., Wulandari, P. A., & Putri, T. S. (2025). Pelatihan Permainan Kimia untuk Guru-Guru di Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 23(1), 79–89. https://doi.org/10.33369/dr.v23i1.40552

References

  1. Anastasiadis, T., Lampropoulos, G., & Siakas, K. (2018). Digital Game-based Learning and Serious Games in Education. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 4(12), 139-144. https://doi.org/10.31695/ijasre.2018.33016.
  2. Andi, A. S. N., Nggaruaka, T., & Kichi Hermansyah, A. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Baca Tulis Hitung (Calistung) bagi Masyarakat di Distrik Ulilin. Sarwahita, 16(02), 105-115. https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.02.
  3. Aras, N. F., Lestari, M., Hidayat, A., Rahayu, S., & Agus, A. (2021). Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Melalui Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 943-951. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.850
  4. Gazali, A., Hidayat, A., & Yuliati, L. (2015). Efektivitas Model Siklus Belajar 5E terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 10–16. https://doi.org/10.17977/jps.v3i0.4833
  5. Gultepe, N. (2016). High school science teachers’ views on science process skills. International Journal of Environmental and Science Education, 11(5), 779-800. https://doi.org/10.12973/ijese.2016.348a
  6. Hapsari, N. D., Pamenang, F. D. N., Cristy, L. V. R., Ferdiansyah, N. N., & Nathasya, P. M. (2024). Pelatihan Praktikum Kelas Kimia Skala Kecil untuk Guru Kimia Dengan Topik Reaksi Netralisasi di Kota Magelang. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 58-61. https://doi.org/10.24071/aa.v7i1.5590
  7. Imelda, I., Refinel, R., Refilda, R., Yefrida, Y., Aziz, H., Yusuf, Y., Suryati, S., Chaidir, Z., Syukur, S., Zein, R., Jamarun, N., Safni, S., Zilfa, Z., Rilda, Y., Ferdinal, N., Hermansyah, T., & Bareno, F. M. (2023). Pelatihan Praktikum Kimia Sederhana di SMAN 16 Padang. Warta Pengabdian Andalas, 30(3), 562-568. https://doi.org/10.25077/jwa.30.3.562-568.2023
  8. Irmawati, A.-. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun*). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 81-98. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.579
  9. Junaidi, E., Hakim, A., Hadisaputra, S., Anwar, Y. A. S., & Sofia, B. F. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia melalui Implementasi Konsep Kimia dalam Bentuk Permainan Sederhana di SMAN 4 Praya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.134
  10. Juwairiah. (2013). Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia. Visipena Journal, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i1.85
  11. Kurniawan, C., Kadarwati, S., & Karnowo, K. (2018). Penyusunan Materi Praktikum Kimia Sederhana bagi Guru. Proceeding SNKPPM 2018, 1(1).
  12. Mahartika, I., Afrianis, N., & Yuhelman, N. (2020). Analisis Kebutuhan Chemistry Games (CGs) pada Pembelajaran Kimia di SMA/MA Kota Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 35. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9347
  13. Mastura, M., Mauliza, M., & Nurhafidhah, N. (2017). Desain Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Bahan Alam. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 203–212. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9695
  14. Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran Practical methods to improve understanding and Learning Outcomes Grade V MI YPPI 1945 Babat on Single Substances and Mate. Jurnal Biology Education, 14(1), 62-68.
  15. Sabina Maraffi, Francesco M. Sacerdoti, & Eleonora Paris. (2017). Learning on Gaming: A New Digital Game Based Learning Approach to Improve Education Outcomes. US-China Education Review A, 7(9). https://doi.org/10.17265/2161-623x/2017.09.003
  16. Saparuddin Nur, A., Puji Rahayu, D., Sumarsono, A., Pendidikan Jasmani, J., & Rekreasi, dan. (2024). Pendampingan Tutor PKBM di Kota Merauke dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Strategi Pembelajaran Efektif dan Menyenangkan. Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 22(02), 241-255. https://doi.org/10.33369/dr.v22i1.36996
  17. Sofia, L, M. H., Edi, R., Sari, D. K., Haryani, M. E., & Ad’hiya, E. (2022). Pelatihan Praktikum Sederhana Berbasis Kimia Hijau untuk Guru-Guru Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal ABDIKARYA, 4(1).
  18. Solihin, A., Danugiri, D., Marlina, R., Ronggo Waluyo, J. H., Karawang, K., & Barat, J. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Program Paket C di PKBM Nurul Islam Desa Pasir Mukti Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Journal of Community Education, 2(2).
  19. Tiak, L., Tani, D., & Caroles, J. D. S. (2019). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Bahan Alam dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks. Oxygenius Journ. Of Chem. Edu, 1(1).
  20. Tukan, M. B., Leba, M. A. U., & Komisia, F. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Kimia melalui Pelatihan Praktikum Kimia Sederhana. Abdimas Galuh, 6(1), 865. https://doi.org/10.25157/ag.v6i1.13751