Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeksripsikan proses pelaksanaan pembelajaran PKn yang terintegrasi dengan materi ajar lainnya berbasis penumbuhan karakter dalam K13, kegunaan bahan ajar PKn yang terintegrasikan dengan pembelajaran lain berbasis penumbuhan karakter nasionalisme dan mengetahui cara guru menilai pertumbuhan karakter nasionalisme. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah pengawas, kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui peningkatan ketekunan, perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, siswa menunjukkan penumbuhan karakter nasionalisme dalam kegiatan pembiasaan siswa, kegiatan tersebut meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Bahan ajar PKn dalam menumbuhkan karakter nasionalis pada siswa dengan memilih dan memilah materi yang sesuai dengan karakter tersebut. Guru menilai karakter nasionalisme dalam diri siswa dengan mengunakan jurnal pengembangan sikap dan lembar observasi sikap siswa pada proses pembelajaran.

Keywords

PKn Kurikulum 2013 Karakter Nasionalisme

Article Details

How to Cite
Tugiyem, T., Djuwita, P., & Susanta, A. (2019). STUDI DESKRIPTIF KEGIATAN PEMBELAJARAN PKN BERBASIS KURIKULUM 2013 DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA SDN 03 KOTA BENGKULU. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 169–176. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.10616

References

  1. Affan, M. Husin. 2016. Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi. Vol. 3 No.4. ISSN: 2337-9227 hal 65 – 72
  2. Alfaqi, Mifdal Zusron. 2016. Melihat Sejarah Nasionalisme Indonesia Untuk Memupuk Sikap Kebangsaan Generasi Muda. Jurnal Civics Volume 13 Nomor 2. Hal. 209-216
  3. Anugraheny, Novyana Dwi. 2016. Pendidikan Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Di Kelas Iii Sd Negeri Mejing Kalibawang. Edisi 35 Tahun ke-5 Hal. 3307-3315
  4. Damayanti, Deni. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta : Araska, 2014.
  5. Hamid Edy Suandi. 2012. Peran Pendidikan Untuk Mengukuhkan Nasionalisme Dan Membangun Karakter Bangsa. UNISIA, Vol. 34 No. 76. Hal. 41-46
  6. Kartiningsih, Sri dan Sumaryati. 2014. Sikap Nasionalisme Siswa Terhadap Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Citizenship, Vol. 3 No. 2 Hal.115-126
  7. Kurniasih Imah, & Berlin Sani. 2017. Pendidikan Karakter Intenalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Kata Pena
  8. Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group
  9. Mutjahidin. 2015. Analisis Integrasi Nilai- Nilai Karakter Dalam Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar.
  10. Widyagogik, Vol. 3 No. 1. ISSN : 2303-307X hal 43-65
  11. Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
  12. Sukmadinata, Nana Syaodih.2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya