Journal Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) adalah jurnal yang berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di sekolah dasar. Diterbitkan dua kali setahun oleh UNIB Press, Universitas Bengkulu, Indonesia dengan ISSN (online): 2686-5483; dan ISSN (cetak): 2654-2870. Penulis didorong untuk mengirimkan artikel lengkap, belum diterbitkan, asli, dan lengkap yang tidak sedang ditinjau di jurnal lain mana pun. Seluruh naskah yang masuk akan dibahas dan disunting kelayakannya. .

Vol. 7 No. 1 (2024): Mei

Published: 20 May 2024

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Garis Melalui Penggunaan Media Papan Diagram pada Siswa Kelas IV SD

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Garis Melalui Penggunaan Media Papan Diagram pada Siswa Kelas IV SD

Anis Silvia Masithoh (1), Arfilia Wijayanti (2), Darsino (3)
(1) PPG Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(2) PPG Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(3) SD Negeri Plamongansari 02 Semarang, Indonesia
1-7
44

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model PBL Berbantu Media Visual pada Siswa Kelas IV SD

Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model PBL Berbantu Media Visual pada Siswa Kelas IV SD

Ardini Kartika Cahyaningrum (1), Mira Azizah (2), Darsino (3)
(1) PPG Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(2) PPG Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(3) SD Negeri Plamongansari 02, Semarang, Indonesia
8-15
15

Kreativitas Mahasiswa Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Selatan: Studi Eksperimental Penerapan Model Projek Based Learning (PjBL)

kreativitas mahasiswa

Arina Wulandari (1), Wulida Makhtuna (2)
(1) Program Studi PGSD, Universitas PGRI Kalimantan, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, Universitas PGRI Kalimantan, Indonesia
16-21
18

Analisis Prinsip dan Prosedur Penilaian di Kelas V SDN 136 Pekanbaru

Arifah (1), Anggi Yusiana Sari (2), Assyuqia Balqis (3), Phutiatti Lindra Fahlevy (4), Hendri Marhadi (5)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Riau, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Riau, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Riau, Indonesia ,
(4) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Riau, Indonesia ,
(5) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Riau, Indonesia
22-31
82

Studi Deskriptif Kegiatan Kepramukaan dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa di MIN 1 Kota Bengkulu

Erwis Tarmizi (1)
(1) MIN 1 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
32-37
18

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model STAD (Student Teams Achievement Division) pada Kelas V di UPT SDN 35 Ambacang Kamba Kabupaten Pesisir Selatan

Gema Ari Yono (1), Hidayati Azkiya (2)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bung Hatta, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bung Hatta, Indonesia
38-45
7

Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPAS

Ilham Esa Tiffani (1), Agnita Siska Pramasdyahsari (2), Sumarno (3), Mulyani (4)
(1) Pendidikan Profesi Guru, Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(2) Pendidikan Profesi Guru, Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(3) Pendidikan Profesi Guru, Pasca Sarjana, Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(4) SDN Pedurungan Kidul 01, Kota Semarang, Indonesia
46-51
17

Profil Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas II SDN Gajahmungkur 04

Kemandirian Belajar

Kiki Suci Menkasari (1), Veryliana Purnamasari (2), Paryuni (3)
(1) PPG Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(2) PPG Universitas PGRI Semarang, Indonesia ,
(3) SD Negeri Gajahmungkur 04 Semarang, Indonesia
52-57
18

Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Muatan IPA Ditinjau Dari Kompetensi Abad 21 dan Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Mardiana (1)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
58-64
4

Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VI SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur Tahun Ajaran 2019/2020

Miri Yuniarti (1)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
65-71
10

Analisis Penggunaan Sosial Media pada Hasil Belajar Siswa SD Kelas VI

Ririn Damayanti (1), Meli Saputri (2), Nuralipah (3), Yayan Alpian (4)
(1) Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia ,
(4) Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
72-77
73

Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika melalui Penggunaan Aplikasi Android WPS Office berbantuan Wireless Projector

Rofi Sudayat (1)
(1) Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
78-86
12

Pembelajaran Mangaji dan Batamat Anak Usia Sekolah Dasar pada Tradisi Kalangan Masyarakat Banjar Kota Banjarmasin

Betamat Alquran dalam Tradisi Banjar

Muhammad Arifin (1), Sa'adah Erliani (2), Noor Hasanah (3)
(1) Program Studi PGSD, Universitas PGRI Kalimantan, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, Universitas PGRI Kalimantan, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, Universitas PGRI Kalimantan, Indonesia
87-98
29

Studi Deskriptif Pengembangan Perilaku Disiplin dalam Pembelajaran PKN di Kelas V SD Negeri 08 Seberang Musi Kabupaten Kepahiang

Slamet Abdullah (1)
(1) SD Negeri 08 Seberang Musi Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, Indonesia
99-104
26

Pengembangan Media Digital Concept Mapping Berbasis Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA Materi Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya di Kelas VI Sekolah Dasar

Deska Ria Lestari (1)
(1) SD Negeri 25 Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Indonesia
105-112
10
View All Issues