Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil postes dan kemampuan pemecahan masalah soal cerita himpunan oleh mahasiswa. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa kelas B semester 1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2019/2020 yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, dan angket terbuka. Alat analisisnya adalah tahapan pemecahan masalah menurut Polya yang terdiri dari: 1) Memahami Masalah; 2) Membuat Rencana; 3) Melakukan Rencana; dan 4) Melihat Kembali. Metode atau alur yang digunakan adalah: melaksanakan postes; memeriksa jawaban menggunakan tahapan pemecahan masalah Polya, menghitung prosentase tiap tahapan. Hasil penelitian menunjukkan: Nilai rata-rata hasil postes = 61,82. 21,21 % jawabannya benar; 6,06 % jawabannya kosong; 72,73 % jawabannya salah. Bentuk kesalahannya adalah: 48,48 % salah isi diagram Vennnya; 72,73% salah operasi himpunannya; dan 36,36 % salah operasi aritmatikanya. Berdasarkan tahapan Polya disimpulkan: 1) Memahami Masalah: ada 66,67 % tidak menuliskan apa yang diketahui; 2) Membuat Rencana: 100 % tidak menuliskan rumus untuk mengisi diagram Venn; 3) Melakukan Rencana; 100 % menjawab pertanyaan berdasarkan gambar diagran Venn tanpa menuliskan rumusnya; 4) Melihat Kembali; 72, 73% tidak melihat kembali jawabannya. Disimpulkan bahwa mahasiswa belum terbiasa menggunakan tahapan Polya dalam menyelesaikan soal cerita.

Keywords

Himpunan Diagram Venn Pemecahan Masalah Polya

Article Details

How to Cite
Hanifah, H. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Himpunan oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unib. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 43–52. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12304

References

  1. Baiduri, 2015. Pengaruh Tahapan Polya Dalam Pemecahan Masalah Terhadap Ketuntasan Belajar Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 1 Januari 2015. Universitas Muhammadiyah Malang.
  2. Dimiyati dan Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta
  3. Martono dan Krisna. 1993. Matematika 1. Untuk Ilmu-ilmu Pertanian, Kehidupan dan Perilaku. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
  4. Polya, G. 1973. How to Solve It (2nd ed.). Princeton, New Jersey: Princeton University Press.
  5. Polya, G. 1957. "How to Solve It", 2nd ed., Princeton University Press, ISBN 0-691-08097-6
  6. Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito. Retrieved from http://onesearch.id/Record/IOS3107.10571
  7. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
  8. Sugiyono. Tt. Matematika: TEORI HIMPUNAN http://staff.uny.ac.id/dosen/dr-ir-sugiyono-mkes
  9. Supriadi, Mardiyana, Subanti. 2015. Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii Smp Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Vol.3, No.2, hal 204-214 http://jurnal.fkip.uns.ac.id
  10. Wikipedia. Tt. https://id.wikipedia.org/wiki/Himpunan_(matematika) diakses tanggal 31 oktober 2019
  11. Yuksinau. 2019. Himpunan Matematika. https://www.yuksinau.id/himpunan-matematika/