Main Article Content

Abstract

Pengembangan materi ajar merupakan hal yang sangat penting dalam aktivitas pendidikan. Tanpa adanya materi pembelajaran, kegiatan pendidikan tidak akan dapat terjadi. Oleh sebab itu materi ajar perkuliahan wajib diinovasi, karena kebutuhan akan keterbaharuan pengetahuan merupakan hal yang penting, apa lagi dengan pesatnya perkembangan kehidupan masyarakat global pada abad 21, di mana setiap saat terjadi perubahan pola kehidupan dalam hubungan berbangsa dan bernegara sesuai dengan perkembangan zaman, berdampak pada perkembangan ilmu pengetahuan disertai oleh kemajuan bidang informasi dan teknologi dalam pembelajaran, yang begitu pesat. Penelitian pengembangan materi ajar pembelajaran Sekolah Dasar (SD) bidang PKn bertujuan untuk; [a] melakukan pengembangan bahan ajar mata kuliah pengembangan pembelajaran SD bidang PKn berbasis pendidikan nilai, [b] terwujudnya bahan perkuliahan pengembangan pembelajaran PKn berbasis pendidikan nilai dengan konten yang kekinian, tanpa mengurangi esensi konten pembelejaran PKn selama ini, [c] tersedianya referensi pengembangan pembelajaran bidang PKn SD berbasis pendidikan nilai yang dapat digunakan sebagai acuan mahasiswa yang mengambil perkuliahan konsentrasi PKn, dan penyelesaian tugas akhir, [d] tersedianya variasi refrensi bahan ajar pengembangan pembelajaran bidang PKn yang pas bagi mahasiswa pasca sarjana. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Resarch and Development), Teknik pengumpulan data, yaitu; wawancara, dokumentasi. Analisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Analisis dilakukan terhadap data kebutuhan mahasiswa terhadap konten bahan ajar pengembangan pembelajaran PKn SD, dan analisis terhadap pendekatan strategi, dan model penidikan nilai mana yang dapat diintegrasikan sebagai konten dalam bahan ajar pengembangan pembelajaran PKn. Hasil penelitian diperlukan penamabahan materi tentang pendidikan nilai dalam pembelajaran bidang PKn. Implikasi dari tersusunnya bahan ajar bidang PKn SD ini dapat menambah wawasan dan dapat dimanfaatkan maha siswa dalam melaksanakan kuliah konsentrasi PKn, dan menyelasaikan tugas akhir (tesis) bagi yang memilih kajian pembelajaran PKn Simpulan penelitian antara lain; bahan ajar pembelajaran PKn telah dapat disusun dalam bentuk draf yang akan dijadikan buku ajar.

Keywords

pembelajaran PKn berbasis nilai

Article Details

How to Cite
Djuwita, P. D. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Nilai. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 150–156. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14101

References

  1. Ahmad Rieska. 2014. Problems And Developing Materials of Guidance &Counseling Base on Building Character. Artikel. Proceeding 2014 Education International Seminar. Padang : Sukabina
  2. Borg, W. R., Gall, M.D., Joyce, P. 2003. Educational Research An Introduction. Seventh Edition.Boston: Pearson Education, Inc.
  3. Creswell, J. W. 1998. Qualitative Inquiry And Research Design Choosing Among Five Traditions. London: Sage Publications.
  4. Djuwita. Puspa. 2005. Pewarisan Budaya Belagham Melalui Pendidikan Dan Personalisasi Nilai Dalam Keluarga (studi kasus dalam upaya menemukan model pewarisan Budaya belagham suku serawai di Bengkulu Selatan). Disertasi tidak diterbitkan
  5. Gunawan Ansyori. 2014. Pengembangan Model Bahan Ajar Melalui Pendekatan Kreatif Produktif Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Berbasis Karakter.
  6. Artikel. Proceeding 2014 Education International Seminar. Padang : Sukabina Hakam Kama Abdul. (2003). Pendidikan Nilai. Bandung: Value Press
  7. Jasmadi, dkk. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  8. Living Values. 2004. Purpose And Aims. (Online). Tersedia: http://www. Living Values Education. net/Purpose and Aims-Values Education for Children and Young Adult (24 Juni 2004)
  9. Mulyana. Rt. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
  10. Prastomo. Adi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press Siahan, Bistok. 1987. Pengembangan Materi Pengajara Bahasa FPS. Jakarta: PP-LPT.
  11. Siddiq, M. Djauhar dkk (2008) Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS.
  12. Smith, Mark. K. 1988. Developing Youth Work. Open University Press
  13. Sutikno Yadi. 2014. Development Text-Base Learning Of Indonesian Language In
  14. Formation Of Character Students. artikel Proceeding 2014 Education International Seminar. Padang : Sukabina
  15. Widodo. Chomsin S. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Komputer. Jakarta: Media Komputindo
  16. Yaumi Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Dasain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Edisi kedua. Jakarta: Kencana.