Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berjudul Kajian Soal-soal dalam Buku Teks Matematika Kelas V Berdasarkan Framework PISA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan soal-soal yang ditinjau dari aspek PISA meliputi aspek konten, konteks, proses, dan level kognitif. Aspek konten meliputi bilangan, ruang & bentuk, perubahan & hubungan, serta pengumpulan & penyajian data. Aspek konteks meliputi konteks pribadi, pekerjaan, sosial, dan ilmiah. Aspek proses meliputi proses merumuskan situasi secara matematis, proses menerapkan konsep, fakta, dan prosedur, serta proses menafsirkan dan mengevaluasi hasil-hasil matematis. Aspek level kognitif yang terdiri dari 6 tingkatan yakni mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, menilai, dan menciptakan.
Fokus kajian dalam penelitian ini adalah soal-soal uji kompetensi yang terdapat dalam buku teks Matematika kelas V Kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian dikembangkan berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan PISA. Instrumen penelitian berupa lembar pedoman analisis yang terdiri dari aspek konten, konteks, proses, dan level kognitif soal. Lembar pedoman analisis aspek konten, konteks, proses, dan level kognitif memuat indikator dan deskriptor untuk masing-masing komponen. Teknik analisa data menggunakan langkah-langkah analisis yang disarankan oleh Kolovou, Bakker, dan Panhuizen (2009). Validitas data penelitian menggunakan validitas expert judgement. Reliabilitas data menggunakan reliabilitas interrater (interrater reliability).

Berdasarkan hasil pengkategorian, diperoleh 65 butir soal atau 56,5% yang menggunakan framework PISA dari 115 soal yang dianalisis. Nilai validitas data aspek konten yakni 3,44 kategori sangat baik, aspek konteks yakni 3,82 kategori sangat baik, aspek proses 3, 86 kategori sangat baik, dan aspek level kognitif 3, 96 kategori sangat baik. Nilai reliabilitas antar rater aspek konten mendapat persentase sebesar 70% kategori kuat, aspek konteks 86% dengan kategori kuat, aspek proses 87% dengan kategori kuat, dan aspek level kognitif sebesar 96% kategori kuat.
Hasil analisis data menunjukkan konten yang dominan adalah Ruang & Bentuk. Aspek konteks yang digunakan dalam soal didominasi dengan konteks Ilmiah. Aspek proses didominasi dengan proses Merumuskan situasi secara matematis (formulate), sedangakan level kognitif didominasi dengan level kognitif Memahami.

 

Article Details

How to Cite
Cahya, D. (2021). Kajian Soal-soal dalam Buku Teks Matematika Kelas V Berdasarkan Framework PISA. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(1), 134–145. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i1.15214