Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis PjBL terintegrasi STEAM untuk memfasilitasi kemampuan literasi sains siswa khususnya pada aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, sains sebagai jalan penyelidikan, sains sebagai cara berpikir, dan interaksi sains, teknologi, masyarakat, dan lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Karena penelitian dilakukan pada masa pandemi covid-19, tahap penelitian dan pengembangan dilakukan dengan 3 tahapan tanpa melaksanakan tahap Implementation dan Evaluation. Data penelitian diperoleh melalui angket, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Aspek yang divalidasi meliputi kelayakan materi, bahasa, dan kegrafikan. Validator (raters) yang dilibatkan untuk memvalidasi berjumlah 8 orang yang terdiri dari pakar dan praktisi. Data aspek kepraktisan bahan ajar diperoleh dari respon 28 siswa kelas VI dan 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis PjBL terintegrasi STEAM sangat layak dan praktis digunakan untuk pembelajaran muatan IPA pada tema 8 “Bumiku” subtema 3 siswa kelas VI sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Izzania, R. D. S. M. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEAM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(1), 146–157. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i1.15914