Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lember Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan TPACK dan Model Konsiderasi untuk menanamkan nilai demokratis peserta didik kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Brog and Gall dengan 10 langkah penelitian. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemic, sehingga pada penelitian dan pengembangan ini hanya dilakukan 6 langkah saja, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan ujicoba terbatas. Data penelitian diperoleh dari wawancara, lembar validasi dan angket. Aspek validasi meliputi kelayakan materi, kelayakan bahasa, dan desain media. Validator yang dilibatkan dalam validasi sebanyak 12 ahli yang terdiri dari dosen dan guru. Data apsek kepraktisan diperoleh dari respon 4 orang guru dan 10 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan TPACK dan model Konsiderasi untuk menanamkan nilai demokratis sangat layak dan sangat praktis digunakan untuk pembelajaran tematik muatan PPKn tema 6 subtema 1 pembelajaran 3.

Keywords

LKPD TPACK Model Konsiderasi Nilai Demokratis

Article Details

How to Cite
srirejeki, ines. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan TPACK dan Model Konsiderasi untuk Menanamkan nilai demokratis Peserta Didik Kelas V. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i1.18004