Isi Artikel Utama

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pembentukan karakter siswa melalui penerapan budaya 5S (Senyum, Sopan, Santun, Sapa, dan Sapa) di kelas VI SDN 1 Sinar Rejeki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan budaya 5S (Senyum, Sopan, Sopan, Menyapa, dan Menyapa) terhadap pembentukan karakter siswa kelas VI SDN 1 Sinar Rejeki. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan intervensi langsung berupa observasi, pelaksanaan, supervisi, dan wawancara terhadap penerapan budaya 5S (Senyum, Sopan, Sopan, Menyapa, dan Menyapa) di sekolah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI sebanyak 28 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya 5S (Senyum, Sopan, Sopan, Menyapa, dan Menyapa) secara konsisten dapat mempengaruhi perilaku dan karakter positif siswa serta dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih harmonis di kelas VI SD 1 Sinar Rejeki.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Penerapan Budaya 5S Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 1 Sinar Rejeki. (2024). Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 7(2), 178–184. https://doi.org/10.33369/dikdas.v7i2.37369