Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Big Book sebagai media pendukung pembelajaran ilmu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi rantai makanan kelas V SDN Mojodemak 2, dan Mengetahui validitas pengembangan media pembelajaran Big Book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi rantai makanan kelas V SDN Mojodemak 2. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Hasil penilaian pengembangan media pembelajaran Big Book dinyatakan sah. Uji validasi dilakukan oleh dua validator, yaitu ahli media dan ahli material. Big Book dikatakan praktis dan dapat diterima berdasarkan hasil respon guru dan siswa dalam uji coba lapangan. Hasil penilaian terhadap respon guru adalah 93,75% dengan kategori "sangat layak". Hasil penilaian terhadap respon siswa sebesar 98,25% dengan kategori "sangat layak". Media pembelajaran Big Book dapat dikembangkan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif dengan materi tema lain yang lebih detail dan sesuai dengan capaian dan tujuan pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ainun Nisa, S., Nuvitalia, D., & Januar Saputra , H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Rantai Makanan Kelas V SDN Mojodemak 2. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 7(2), 195–204. https://doi.org/10.33369/dikdas.v7i2.37770