Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan paket pembelajaran pada materi fluida terintegrasi mitigasi banjir menggunakan model problem based learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan metode penelitian 3D (define, design, develop). Pada penelitian ini peneliti membatasi hanya sampai tahap define. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket analisis kebutuhan guru dan siswa kelas XI MIPA dan 6 orang guru fisika dari 3 SMA Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa peserta didik membutuhkan paket pembelajaran pada materi fluida terintegrasi mitigasi banjir menggunakan model problem based learning. Hal ini di dasarkan data yang diperoleh bahwa 93,7% peserta didik menjawab sangat setuju dan 100% guru menjawab sangat setuju diperlukannyapengembangan paket pembelajaran pada materi fluida terintegrasi mitigasi banjir menggunakan model problem based learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.
Kata Kunci: Paket Pembelajaran, Mitigasi Bencana, Model Problem Based Learning (PBL), Penguasaan Konsep, Fluida.
ABSTRACT
The purpose of this study is to describe the analysis of the need for the development of learning packages on integrated fluid material for flood mitigation using a problem-based learning model to improve students' mastery of concepts. This type of research is a research and development (R&D) research using the 3D research method (define, design, develop). In this study, the researcher limits it only to the define stage. The instrument used in this study was a questionnaire to analyze the needs of teachers and students of class XI MIPA and 6 physics teachers from 3 SMA Bengkulu CIty. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that students need a learning package on integrated fluid material for flood mitigation using a problem-based learning model. This is based on the data obtained that 93.7% of students answered strongly agree and 100% of the teachers answered strongly agreed the need for developing learning packages on integrated fluid flood mitigation materials using a problem-based learning model to improve students' mastery of concepts.
Keywords: Learning Packages, Disaster Mitigation, Problem Based Learning Model, Mastery Of Concepts, Fluid.
Rincian Artikel
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
DIKSAINS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- BNPB. (2015). Indeks Risiko Bencana. In Bnpb. http://inarisk.bnpb.go.id/irbi
- Handrian, A. D., Sutarto, & Astutik, S. (2014). Model Problem Based Learning dengan Analisis Wacana Isu dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 266–271.
- Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
- Pirnades, L. (2020). Analisis Potensi Bencana Likuifaksi Terintegrasi Pada Paket Pembelajaran Gelombang Berbasis Digital Untuk Siswa Sma Di Kepahiang.
- Purwoko, A., Sunarko, & Putro, S. (2015). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Tentang Resiko Bencana Banjir Terhadap Kesiapsiagaan Remaja Usia 15 18 Tahun Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Pedurungan Kidul Kota Semarang. Jurnal Geografi : Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 12(2), 214–221. https://doi.org/10.15294/jg.v12i2.8036
- Rezeki, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. 3, 29–34.
- Winarni., Suparmi., & S. (2012). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret.
Referensi
BNPB. (2015). Indeks Risiko Bencana. In Bnpb. http://inarisk.bnpb.go.id/irbi
Handrian, A. D., Sutarto, & Astutik, S. (2014). Model Problem Based Learning dengan Analisis Wacana Isu dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 266–271.
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Pirnades, L. (2020). Analisis Potensi Bencana Likuifaksi Terintegrasi Pada Paket Pembelajaran Gelombang Berbasis Digital Untuk Siswa Sma Di Kepahiang.
Purwoko, A., Sunarko, & Putro, S. (2015). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Tentang Resiko Bencana Banjir Terhadap Kesiapsiagaan Remaja Usia 15 18 Tahun Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Kelurahan Pedurungan Kidul Kota Semarang. Jurnal Geografi : Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 12(2), 214–221. https://doi.org/10.15294/jg.v12i2.8036
Rezeki, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. 3, 29–34.
Winarni., Suparmi., & S. (2012). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor Untuk SMA/MA Kelas X”. Jurnal Program Studi Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret.