Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesadaran lingkungan siswa pada kegiatan green chemistry dalam kondisi new normal pandemic covid 19. Instrument pengumpulan data menggunakan angket online yakni google form. Sampel penelitian yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bengkulu Tengah sebanyak 76 responden yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan respon positif siswa terhadap kesadaran lingkungan sebesar 53,94%. Sedangkan mengenai kategori pengetahuan lingkungan persentase respon positifnya sebesar 53,62%. Frekuensi mengenai kategori perilaku atau sikap lingkungan siswa terletak diskor 49,54%. Kendala yang dihadapi siswa dalam melestarikan dan kepedulian lingkungan sekolah adalah kurangnya kekompakan, tanggung jawab, komitmen dan malas antar teman sekelas, walaupun begitu sebagian besar siswa sadar bahwa lingkungan yang kurang baik dapat mengganggu aktifitas belajar.

 

Kata kunci: Kesadaran lingkungan, green chemistry, new normal

 

ABSTRACT

 

This research is a quantitative descriptive that aimed to analyzing the environmental awareness of students on green chemistry activities in the new normal conditions for the COVID-19 pandemic. The data collection instrument used an online questionnaire, namely google form. The sample of the research was 76 students of class VIII SMP Negeri 3 Bengkulu Tengah who were selected by simple random sampling technique. The results showed that students' positive responses to environmental awareness were 53.94%. While regarding the category of environmental knowledge the percentage of positive response was 53.62%. The frequency regarding the category of behavior or attitudes of the students' environment lies with a score of 49.54%. The obstacles faced by students in preserving and caring for the school environment are the lack of cohesiveness, responsibility, commitment and laziness between classmates, even so most students are aware that a bad environment can interfere with learning activities.

                                                                   

Keywords: environmental awareness, green chemistry, new normal

Article Details

How to Cite
Jumirah, J., Sari, P. A., Kusnadi, E., & Oktaviani, A. D. (2021). ANALISIS KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH PADA KEGIATAN GREEN-CHEMISTRY DALAM KONDISI NEW NORMAL PANDEMI COVID-19. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(1), 31–36. https://doi.org/10.33369/diksains.2.1.31-36

References

  1. Creswell, J. W. (2012). Educational research: planning conduction, and evaluating quantitative and qualitative research. educational research, Vol.4.
  2. Husen. 2007. Pengaruh Tempat Tinggal (DesaKota) dan Status Sosial ekonomi terhadap Paradigma Masyarakat dalam Memandang Lingkungan. Disertasi. Jakarta
  3. Izzaty, A. M. 2014. The Effect of Students’ Knowledge about Environmental Pollution (High Knowledge Vs Low Knowledge) to Critical Thinking. BIOSFER, VII(2), 1–3.
  4. Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLH). 2006. Garis-garis Besar Isi Materi Pendidikan Lingkungan Hidup. KLH. Jakarta
  5. Sari, Poppy Antika, Jumirah, dan Oktaviani, Anggita. 2021. Analisis pembelajaran daring dan penggunaan quizizz selama pandemic covid-19 mata pelajaran IPA. Jurnal Karakter, Vol 2(1) 1-9
  6. Siregar, Evelin dan Hartini, Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia
  7. Thapa, B., 1999. Environmentalism: A Study of Undergraduate Students. Proceedings Symposium. April 11-14. 1999, Bolton
  8. Vivanti, D. S., Ernawati, & Qibtiah, M. 2017. Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan pada Siswa SMAN 6 Tanggerang. BIOSFER, 10(2), 1–6.