Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan e-modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk melatihkan kemampuan berpikir analisis pada materi gelombang bunyi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dibatasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Tahap define terdiri atas merancang instrumen untuk tahap define,  analisis  RPP, analisis review dokumen modul dan analisis kebutuhan pengembangan. Berdasarkan hasil analisis angket kebutuhan guru di 3 sekolah tersebut didapatkan persentase rata-rata sebesar 94% dengan kategori “sangat setuju”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil yang didapat melalui penyebaran angket kebutuhan siswa dan guru tersebut bahwa e-modul yang dikembangkan sangat dibutuhkan oleh siswa dan guru di 3 sekolah tersebut. Tahap  design  terdiri  atas rancangan e-modul dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi e-modul. Tahap development terdiri atas pengembangan instrumen untuk mengevaluasi e-modul, validasi ahli serta revisi berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap produk akhir E-modul yang dihasilkan diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek kelayakan isi adalah 83,5% dengan kategori sangat layak, aspek penyajian sebesar 98,4% dengan kategori sangat layak, aspek penggunaan bahasa sebesar 89,2% dengan kategori sangat layak, dan aspek media sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak, dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 89,6% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji keterbacaan produk, diperoleh persentase skor rata-rata pada aspek isi adalah 90,9% dengan kategori sangat layak, aspek kebahasaan sebesar 90,2% dengan kategori sangat layak, aspek penyajian sebesar 88,8% dengan kategori sangat layak dan aspek media sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan oleh ahli dapat disimpulkan bahwa E-modul yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan pada uji coba lapangan.

 

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-modul, Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Berpikir Analisis

 

ABSTRACT

 

This research was a research and developement (R&D) that aimed to produce and determine the feasibility of e-modules based on Contextual Teaching and Learning (CTL) to practice analytical thingking skills on sound wave material. The development model which is limited to 3D, namely define, design and developement. The define stage consisted of designing instruments for the define stage, RPP analysis and developement needs analysis. Based on the results of the quesionnaire analysis of teacher needed in the 3 school, an average percentage of 94% was obtained in the “strongly agree” category. So it can be concluded that based on the results obtained throught the distribution of the quesionnaire on the needs og students and teacher in the 3 school. The design stage consisted of the e-module. The developement stage consisted of developing instruments to evaluate e-modules, expert validation and product readability tests. Based on the results of expert validation of the resulting e-module final product, the percentage of the average score on the content feasibility aspect was 83,5% with a very decent category, the presentation aspect is 98,4% with a very decent category, the language  use aspect is 89,2% in the very decent category, and the media aspect of 87,5% in the very decent category, with an overall average score of 89,6% in the very decent category. Based on the results of the product readability test, the percentage of the average score on the content aspect was 90,9% in the very feasible category, the linguistic aspect was 90,2% in the very feasible category, the presentation aspect was 88,8% in the very feasible category and the media by 91,6% with a very decent category. Based on the results validation and readability tests that is carry out by experts, it can be conclude that the developed e-module is a “very feasible“ to be continue for field trials.

 

Keywords: Research and Development, E-modules, Contextual Teaching and Learning (CTL), Analytical Thinking Skills

Article Details

How to Cite
Sitompul, K. G., Sutarno, S., & Hamdani, D. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.33369/diksains.2.1.37-48

References

  1. Yatimah D. Landasan pendidikan. Jakarta: Alumgadan Mandir; 2017.
  2. Shavira T. Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multire Presentasi Pada Materi Gravitasi Newton Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J Pendidik Fis Univ Muhammadiyah Metro. 2019;7(2):143–55.
  3. Pohan JE. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Menulis Resensi Di Kelas IX SMP 7 Padang Bolak. J Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. 2014;2(2):1–11.
  4. Sriwahyuni I. Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. J Kumparan Fis. 2019;2(3):145–52.
  5. Depdiknas. Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional; 2008.
  6. Neneng S. Development of Contextual Based Electronic Global Warming Modules using Flipbook Applications as Physics Learning Media in High Schools. J Educ Sci. 2020;4(3):541–59.
  7. Septian A. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kontekstual Pada Materi Alat-Alat Optik dalam Pembelajaran Di Kelas X SMAN 3 Lumajang. J Pembelajaran Fis. 2017;6(2):154–61.
  8. Wina S. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Pertama. Jakarta: Kencana; 2006.
  9. Suryawati E. Contextual Learning: Innovative Approach Towards The Development Of Students’ Scientific Attitude And Natural Science Performance. Eurasia J Math Sci Technol Educ. 2018;14(1):61–76.
  10. Noer D. Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Unnes J Biol Educ. 2016;5(2):163–70.
  11. Sulastri S. Pengaruh Strategi Pembelajaran Critical Incident terhadap Keterampilan Analisis Siswa. Indones J Biol Educ. 2018;1(2):77–81.
  12. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta; 2010.
  13. Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta; 2017.
  14. Ana P. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar. J Pendidik Tek Elektro. 2013;2(2):537–43.
  15. Anafidah A. Pengembangan Modul Fisika Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Materi Dinamika Partikel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 1 Ngawi. J Inkuiri. 2017;6(3):29–40.