Main Article Content
Abstract
Penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan lembar tes kemampuan pemahaman konsep akhir siklus. Aktivitas belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara melakukan tindakan pada setiap tahap model TTW, yaitu tahap Think peserta didik dituntut untuk membaca masalah, menanya dan mengumpulkan data secara mandiri, tahap Talk guru membimbing dan menghampiri peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengasosiasi serta membagi kelompok secara heterogen, tahap Write peserta didik dituntut untuk mengerjakan soal secara mandiri. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dengan rata-rata skor pada lembar observasi peserta didik siklus I sampai siklus II secara berturut-turut: 20,75 (kriteria cukup aktif); 27,87 (kriteria cukup aktif). Kemampuan pemahaman konsep dapat ditingkatkan dengan cara memancing pengetahuan awal, menemukan konsep dan penyelesaian soal. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dapat dilihat dari siklus I sampai siklus II dengan rata-rata persentase yaitu 53,07%; 71,85% dan ketuntasan belajar klasikal yaitu 28,5%; 57,1%.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.