PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

fransiska fransiska(1), Syafdi Maizora(2), Nurul Astuty Yensy(3),
(1) Prodi Pendidikan Matematika, Indonesia
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C SMPN 7 Kota Bengkulu. Pemahaman konsep ditingkatkan dengan peserta didik belajar dengan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), soal latihan yang memuat indikator pemahaman konsep dan diberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKPD dan memahami materi. Persentase pencapaian seluruh peserta didik untuk setiap indikator pemahaman konsep dari pra siklus hingga siklus I secara berturut-turut yaitu 46,09%;61,22% dengan pencapaian tiap indikator yaitu ; (1) menyatakan ulang konsep : 57,14%;69,09%. (2) mengklarifikasi objek atau sifat sesuai konsepnya : 60,71%;85,71%. (3) memberikan contoh dan bukan contoh : 80,95%;88,1%. (4) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis : 53,37%;66,67% (5) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup : 33,33%;70,24%. (6) menggunakan atau memanfaatkan operasi tertentu : 15,47%;17,86%. (7) mengaplikasikan konsep dan algoritma dalam pemecahan masalah 21,43%; 30,85%.


Full Text:

PDF

References


Arikunto S., & Jabbar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Aqib Z, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : Yrama Widya

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media

Djamilah, Soraya., & Zulkarnain, Iskandar. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 03 (01), 105-107.

Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R., (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (2). 141.

Hamzah, A., & Muhlisraini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Hendriana & Soemarno. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Refika Aditama

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Mawaddah, S., & Maryanti, R. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Matematika. 04 (1), 76-85.

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Salsabillah, F.S., Yensy B, N.A., & Maizora, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assisted Individualized) Berbantuan LKPD Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (1). 112.

Setiabudi, A., Susanta, A., & Maulidiya, D. (2019). Efektivitas LKPD dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (2). 229-230.

Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.383-393

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 fransiska ., Syafdi Maizora, Nurul Astuty Yensy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A