Pengaruh Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP

Riska Malini(1), Hanifah Hanifah(2), Ringki Agustinsa(3),
(1) Prodi Pendidikan Matematika, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dengan peserta didik kelas VIII C berjumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t independen dan perhitungan nilai N-Gain. Pada uji-t independen untuk hasil posttest kedua kelas sampel dengan taraf signifikan (? =  0,05) didapat angka sig.(2-tailed) = 0,000 <taraf signifikan (?) = 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Pada perhitungan nilai N-Gain didapat rata-rata angka N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,6423 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,3802 dengan kategori sedang juga, sehingga didapatkan bahwa angka kenaikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari angka kenaikan pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi REACT terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Strategi REACT


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.363-373

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Riska Malini, Hanifah Hanifah, Ringki Agustinsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A