Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat proses kognitif soal uji kompetensi pokok bahasan lingkaran pada buku kemendikbud matematika SMP kelas VIII semester II berdasarkan Takksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal pada Buku Kemendikbud Matematika SMP/MTs kelas VIII revisi 2017 oleh Abdur Rahman Dkk. Analisis butir soal yang dilakukan menggunakan Taksonomi Bloom Revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi, dan lembar observasi kesesuaian soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkatan proses kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi, Soal Uji Kompetensi Matematika SMP Kelas VIII Semester II pada pokok bahasan lingkaran pada kategori Level kognitif  C2 (Memahami) sebanyak 5,88% (2 butir soal), C3 (Mengimplementasikan) sebanyak 50% (17 butir soal), C4 (Menganalisis sebanyak 41,18% (14 butir soal), C5 (Mengevaluasi) sebanyak 2,94% (1 butir soal).

Kata Kunci : Analisis Soal, Dimensi Kognitif, Taksonomi Bloom.

Article Details

How to Cite
arli, muharis hamdi, rusdi, rusdi rusdi, & yensy, nurul astuty. (2021). Analisis Uji Kompetensi Materi Lingkaran Pada Buku Kemendikbud Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 81–89. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.81-89