Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal-soal pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2017 yang ditinjau berdasarkan 6 tingkat kognitif taksonomi bloom revisi. Tingkat kognitif taksonomi bloom revisi mencakup mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh soal materi bentuk aljabar pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2017, yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda dan 61 soal essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal pilihan ganda 0% C1 (mengingat), 5% C2 (memahami), 90% C3 (menerapkan), 5% C4 (menganalisis), 0% untuk C5(mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Dari 61 soal essay terdapat 0% C1 (mengingat), 6,55% C2 (memahami), 80,32% C3 (menerapkan), 8,19% C4 (menganalisis), 4,91% C5 (mengevaluasi) dan 0% untuk C6 (mencipta). Berdasarkan hasil analisis, tingkat kognitif soal materi bentuk aljabar belum memenuhi kriteria perbandingan soal yang baik.

Kata kunci : Buku Teks, Taksonomi Bloom Revisi, Tingkat Kognitif

Article Details

How to Cite
Sentosa, R. D., Maizora, S., & Agustinsa, R. (2020). ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KEMENDIKBUD REVISI 2017 KELAS VII MATERI BENTUK ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 315–326. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.315-326

References

  1. A’yun, N. Q. (2017). Kesesuaian Tingkat Berpikir Soal Ujian Dengan Tujuan Pembelajaran Pada Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan. Bangunan, 22(2).
  2. Binethara, P. (2017). Identifikasi Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Dan Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Universitas Lampung.
  3. Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis soal dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 kelas VIII semester I berdasarkan dimensi kognitif dari TIMSS. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 86-98.
  4. Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 140–150.
  5. Gueudet, G., Pepin, B., Restrepo, A., Sabra, H., & Trouche, L. (2018). E-textbooks and connectivity: proposing an analytical framework. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(3), 539–558.
  6. Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta : Bumi Aksara.
  7. Herawati, A., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Mengunakan Pembelajaran Example Non Example Di SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 58–65.
  8. Hua Lan, W., & Lan Chern, C. (2010). No Title. Using Revised Bloom’s Taxonomy to Analyze Reading Comprehension QUestions on the SAET and the DRET, 18 N0 3, 11.
  9. Lestari, E. K., & Yudhanegara, M. . . (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
  10. Ling, G. C. L., Shahrill, M., & Tan, A. (2016). Common misconceptions of algebraic problems: Identifying trends and proposing possible remedial measures. Advanced Science Letters, 22(5–6), 1547–1550.
  11. Lubis, S. S., Syarifuddin, S., & Dongoran, H. (n.d.). Analisis Butir Soal Dan Kemampuan Siswa Menjawab Tes Un Dan Uas Ganjil Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sman/Man Di Kota Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3).
  12. Nurandari, D. A., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis Deskriptif Soal Matematika Pada Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru Sma/Smk Tahun Ajaran 2012/2013 Dan 2013/2014 Kabupaten Jember. KadikmA, 6(2).
  13. O’brien, A., & Ní Ríordáin, M. (2017). Examining difficulties in initial algebra: Pre-requisite and algebra content areas for Irish post-primary students. 10th Congress of European Research in Mathematics Education, 1–8.
  14. Purwanti, D. W. (2015). Tingkat Kognitif Revisi Taksonomi Bloom Pada Soal-Soal Dalam Buku Teks Matematika SMP. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 13(1).
  15. Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  16. Sari, Y. P., Amilda, A., & Syutaridho, S. (2017). Identifikasi kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 146–164.
  17. Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif. Bandung : Graha Ilmu.
  18. Septiyani, D. Y., Yensy, N. A., & Maizora, S. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 127–136.
  19. Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  20. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
  21. Suyatno, E., Kom, B. M. M., & Maryadi, M. A. (2016). Tingkat Kognitif Soal Latihan Berdasarkan Taksonomi Timss Pada Buku Teks Matematika SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013. Thesis tidak diterbitkan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta